Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Terhindar dari Penipuan Pesan Singkat Berhadiah

Konten [Tampil]

cara terhindar dari pesan singkat berhadiah

Pernahkah anda mendapatkan tawaran hadiah dari nomor yang tidak dikenal, atau sesekali mendapatkan tawaran yang menarik melalui pesan singkat atau sms di ponsel android anda,kemungkinan besar sebagian orang sudah mendapatkannya.

Pesan singkat yang berisikan tawaran dan ajakan yang mencurigakan biasanya berasal dari nomer-nomer telepon yang tidak kita kenali, mereka sengaja meneror dan mengirimkan berbagai macam tawaran yang menarik ke ponsel kita.

Biasanya Jenis provider yang mengirimkan pesan singkat ke ponsel kita begitu beragam, Kadang kita memakai provider A, si pengirim menggunakan provider B. Hal yang seperti ini sering sekali terjadi.

Dan uniknya isi dari pesannya beragam sekali, kadang isinya anda mendapatkan undian, anda telah mendapatkan hadiah, atau ada lagi yang unik, selamat anda diterima di perusahaan bla..bla...bla.

Isi dari pesan singkat seperti itu seharusnya perlu di perhatikan baik-baik. Karena bisa jadi hal tersebut merupakan modus penipuan dari orang - orang tertentu. Yang tujuannya agar para target tertarik dan berusaha menghubungi si pihak pengirim pesan.

Target Penipu SMS Berhadiah

Mendapatkan sms hadiah dari shoppe

Biasanya Ada target tersendiri dari pengiriman pesan singkat ke beberapa nomor handphone tersebut. bisa jadi si pengirim pesan  menginginkan Target bisa tergiur dengan tawaran pesan singkat yang telah dikirimkan ke ponsel korban.

Jika target tergiur maka akan menelpon balik dan menanyakan perihal hadiah yang didapatkan nya melalui pesan singkat tersebut, Biasanya orang yang usianya sudah tua akan mudah tergiur dengan pesan singkat berhadiah ini.

Melalui sambungan telepon atau sambungan sosial media, maka si korban akan terlena. kadang sampai pada akhir memberikan nomor rekening kepada pelaku. Bahkan sampai bisa memberikan pin rekening kepada pelaku.

Hipnotis Via Sambungan Telepon

Kebanyakan para pelaku penipuan berkedok pesan berhadiah akan menjalankan aksinya apabila korban bisa di hubungi, atau merasa tertarik dengan hadiah yang ditawarkan melalui pesan singkat tersebut.

Ketahuilah, Kemampuan pelaku dalam menjalankan misinya tidak hanya bermodal sms palsu saja, namun kemampuan dalam menawarkan hadiah, membujuk korban untuk memberikan nomor rekening hingga dapat mengetahui alamat lengkap korbannya.

Kemampuan berbicara manis kadang keahlian lain yang mereka miliki adalah mampu menghipnotis orang melalui sambungan Telepon, jadi si korban akan selalu menaati perkataan si pelaku.

Jika sudah sampai ke tahap ini, biasanya korban akan mengalami ketidak seimbangan pikiran, merasa yakin dengan hadiah yang didapat sampai ia rela ngasih tau kode rekening dan pin nya kepada pelaku.

Korban akan sadar jika sambungan telepon terputus atau diputus, maka ia akan sadar jika uang di dalam atm, raib dibobol pelaku, sampai ada kejadian korban rela mentransfer uang kepada pelaku dengan dalih biaya kirim atau pajak hadiah. Hal ini yang di rasa janggal.

Cara Menghindari Penipuan SMS

Untuk menghindari penipuan berkedok sms yang menjanjikan hadiah kepada korbannya, maka anda perlu memperhatikan nomor si pengirim. Apakah bisa dipercaya atau tidak, jika perlu melacak nomornya menggunakan aplikasi pelacak nomor handphone.

Karena banyak sekali para penipu yang akan memanfaatkan nomer kita untuk dijadikan target berikutnya, untuk dikuras atmnya. Makanya kita perlu berhati-hati agar penipu kapok. Lantas anda harus berhati-hati, karena kejahatan dunia maya banyak sekali terjadi.

Untuk menghindari penipu maka langkah yang perlu anda lakukan adalah :

Abaikan Pesan Singkat Penawaran Hadiah Yang Tidak jelas

jika ada pesan singkat yang masuk ke ponsel anda, yang mengatasnamakan brand tertentu, maka abaikan saja, jika perlu blokir nomornya. Atau tracking nomer nya dengan aplikasi pelacak nomor hp.

Biasanya si pelaku mengirimkan pesan singkat  kepada anda berupa kejutan, selamat anda beruntung, hadiah dari shopee, atau anda dapat undian dari lazada bisa juga kejutan dari tokopedia dll. Yang tujuannya agar korban tergiur.

Anehnya nomor pengirim tidak menunjukkan keabsahan sama sekali, kadang hadiahnya dari shopee namun nomor si pengirim undian provider Three, atau bisa juga hadiahnya dari Indosat si pengirim pesan hadiah dari telkomsel, pun begitu sebaliknya.

Dilihat saja tidak etis sama sekali, jika anda menemukan hal demikian langsung saja hapus pesannya atau Blokir nomernya, karena mereka tak akan bosan untuk mengirimkan pesan tersebut ke ponsel anda.

Jangan Obral Nomer di Pinjaman Online

Jika meminjam UANG, Maka carilah pinjaman yang benar - benar terdaftar di OJK Indonesia, Karena data diri , nomor handphone dan data lain biasanya lebih aman ketimbag Pinjol yang sifatnya abal abal atau yang memakai sertifikat OJK Palsu.

Nomor yang berada di pinjaman offline maupun Online, biasa akan disebarluaskan kepada pelaku penawaran pinjaman lain, Oleh karena itu siap siap jika nomor anda masuk ke lingkungan Pinjaman Online, maka penawaran dalam bentuk apapun akan masuk.

Syukur - syukur cuma penawaran pinjaman, jika nomor anda di obral dan banyak sekali pesan singkat tidak jelas hingga ke penipuan,jadi ribet deh, makanya setiap ada pesan yang masuk abaikan saja.

Atau anda bisa menggunakan nomor cadangan apabila mengurus sesuatu, baik itu perihal pinjaman, asuransi dan lain-lain. Karena cara ini bakal aman dan data utama anda masih bisa di rahasiakan. 

Rahasiakan Kode Rekening Anda

Sengotot apapun orang yang pengen minta nomor rekening anda pada saat di sambungan telepon, Tolong rahasiakan dan tetap jaga nomor rekening dan pin anda, kecuali anda mengenali suara dan orang yang anda telephone ( Suami, ayah ibu dan Orang Terdekat ) saja.

Karena para penipu bisa melacak dan membobol nomor rekening anda dengan berbagai macam keahlian mereka, Oleh karena itu apabila ada penawaran apapun apalagi menyangkut nomor rekening maka jangan langsung percaya dan teliti dulu Orangnya.

Langsung putus Sambungan Telepon Jika Merasa Aneh

Kadang ada beberapa penipu yang langsung menelpon seseorang korbannya demi memberitahukan iming - iming hadiah kepada para korbannya, Jika anda merasa aneh dan tidak ikut apapun maka langsung putuskan saja sambungan teleponnya.

Dengan memutus sambungan telepon, maka anda tidak akan terkena hipnotis, rayuan maut dan tawaran - tawaran yang tidak jelas lain kepada anda, yang pasti anda akan aman dan rekening anda pun aman dari penipuan.

Sebenarnya banyak sekali penipuan yang terjadi di era digital ini, hanya saja pelakunya masih bisa berkeliaran karena lemahnya pelaporan dan sulit melacak si penipu. Kita sebagai orang awam selalu berhati-hati,baik dalam memberikan data kita kepada orang lain maupun mengangkat telepon dari orang yang tidak dikenal.

Semoga saja artikel ini memberikan manfaat buat kalian semua, dan semoga kita selalu terhindar dari penipuan online maupun offline, jaga selalu diri kita dengan baik dengan pengetahuan dunia maya maupun dunia nyata.

Post a Comment for "Cara Terhindar dari Penipuan Pesan Singkat Berhadiah"