4th Anniv Female Blogger BJM

Konten [Tampil]



 

Di masa pandemi-new normal seperti sekarang, banyak hal yang berubah. Termasuk, acara ulang tahun yang darinya bisa offline berkumpul bersama, menjadi sebatas via zoom. Tapi, bukan berarti ulang tahun Komunitas Blogger Perempuan via zoom tidak meriah bukan?

Tidak terasa, Female Blogger of Banjarmasin, sebuah komunitas blogger perempuan di Banjarmasin, telah menginjak usia yang ke empat tahun di tanggal 6 oktober kemarin. 

Meskipun ulang tahun dilaksanakan via zoom karena acara offline tidak memungkinkan, acaranya sendiri tetap berlangsung meriah. 4th Anniversary Female Blogger Banjarmasin kali ini bertemakan Unstoppable Creation yang bermakna:

walaupun dalam masa pandemi, Female Blogger of Banjarmasin tetap berkreasi dalam memberikan informasi sebagai bentuk dukungan melawan pandemi

Ada Apa Saja?

Bertabur Hadiah dari Berbagai Pihak

Acara ulang tahun female blogger of Banjarmasin ini begitu bertabur hadiah plus di sponspori oleh berbagai pihak loh. Yaitu Mirabella Cosmetics, Gloskin Banjarmasin, Fave Hotel Banjarmasin, Clean Well Banjarmasin, Tupperware Palma Tika Raya, Kebabblasan, Bed and Breakfast, Ambeer.Le Hijab, 57 Kitchen, serta Media Partner My Radio Banjarmasin.

Hadiah nya?

Female Blogger of Banjarmasin kali ini menabur hadiah nya tidak main-main. Ada lomba blog berhadiah jutaan rupiah, lomba caption terbaik dengan hadiah yang menarik, beberapa produk dari sponsor plus voucher seperti menginap di hotel dan perawatan di klinik kecantikan juga diberikan oleh mereka. Total hadiah nya sendiri 14 juta rupiah. Kurang keren apalagi ini :D

Pemateri nya Siapa Aja?

Acara ulang tahun via zoom ini diselenggarakan pada hari minggu, tanggal 11 Oktober 2020, dari jam 09.30 WITA sampai 13.00 WITA. Kenapa diselenggarakan hari minggu, bukan tepat pada tanggal ulang tahunnya Female Blogger of Banjarmasin? Karena menyesuaikan jadwal sama beberapa member yang mempunyai kesibukan dari senin sampai sabtu. Contohnya aku yang kerja dari senin-sampai sabtu, jadi cuma punya waktu di hari minggu :D

Karena ini acara ulang tahun Komunitas Blogger Perempuan, tidak lengkap kalau tidak diisi dengan materi yang mendukung para blogger untuk menambah skill. Untuk pemateri acara sendiri diisi oleh dua orang yang kompeten di bidangnya nih. 

Ada mas Irwin Ardiyanto (masirwin.com) sebagai Founder & Owner Tangerang Digital. Beliau sendiri mengisi materi tentang pelatihan fundamental Seo On Page. 


Mas Irwin Ardiyanto (source: WAG FBB)


Kemudian ada mas Niko Julius sebagai Founder dari nikojulius.com, pengusaha muda sekaligus online entrepreneur. Beliau mengisi materi tentang pelatihan optimalisasi instagram untuk influencer/blogger/reviewer.

Mas Niko Julius (source: WAG FBB)


(izin bernafas dulu)

Jujur, pas kemarin live zoom banyak banget kendala nya pada diriku. Kamera nya enggak mau nyala lah, sampai aplikasi zoom nya "keluar" sendiri (maklum lah handphone aku masih kentang sih hehe). Untungnya semuanya bisa teratasi dengan sesegera mungkin. Masalahnya kalau kelamaan “menghilang sementara” selama zoom class, yang ada aku ketinggalan ilmu yang mahal ini 😁

Pemateri Pertama: Mas Irwin

                                               
Diawali dengan pertanyaan tersebut, mas Irwin seperti ingin menguji seberapa kita faham tentang tujuan nge blogger. Salah satunya, siapa sih yang tidak ingin tulisannya dibaca oleh banyak orang? Apalagi kalau tulisan kita menduduki posisi Page One pencarian di google. Siapa yang tidak ingin? 

Ternyata, untuk mencapai semua itu termasuk menjadi terkenal di dunia maya -canda-, diperlukan pemahaman tentang SEO. Menurut aku, memahami SEO itu lebih rumit daripada memahami karakter orang. Tapi kalau sudah faham, peluang web kita dikunjungi banyak orang, bahkan artikel kita menduduki posisi page one akan lebih mudah diraih.

Memang ya, obrolan dari pakar SEO ini tidak bisa dilawan karena materi nya sekecil apapun, isi nya tetap daging semua. Aku pun sadar diri kalau web aku ini spam score nya masih berisi (ya kayak orangnya juga sih yang badannya berisi –heh apaan-) masih menjadi PR banget buat aku untuk mengempeskan spam score nya si manyasahilmu.com ini.
 
Terus beliau juga bilang kalau misalkan nih ada postingan lama yang kurang bagus, diperbaiki aja karena itu bisa membantu menaikkan rating web kita. Nah, kebetulan aku dulu tuh menulis blog masih suka ngasal ya, tidak memakai tatakrama SEO. 
Alhasil yaa begitu, PR aku untuk memperbaiki weh ku ini banyak banget mau membuat judul saja ada 
aturannya. Lah apakabar diriku yang dulu nulis dengan judul sepanjang rel kereta api. Tulung PR ku banyak banget :’D

Setidaknya, aku akan menerapkan ilmu-ilmu mas Irwin selain di web ini (heh, PR untuk manyasahilmu banyak sekali wkwk), aku akan menerapkan semaksimal mungkin di second web aku yunieah.com yang kebetulan fokus nya disana satu niche. Karena web ku yang ini sudah terlalu random sekali isinya  :D

Habis kelasnya mas Irwin, ada sesi tanya jawab dan kuis nih. Untuk sesi kuisnya sendiri hadiah nya keren banget, karena hadiahnya dapat kelas optimasi SEO dari mas Irwin. 
Sayang sekali aku tidak memenangkannya. Tapi tidak apa-apa, semoga nanti aku bisa masuk ke kelas SEO beliau nanti ^^

Pemateri Kedua: Mas Niko

                                                       

Lanjut ke pemateri kedua yang dibawakan oleh mas Niko Julius. Ternyata masih banyak sih ilmu yang belum aku ketahui tentang optimasi IG ini. Bagaimana cara menjaga algoritmanya, kalau bisa posting foto di instagram sekali sehari, serta membangun komitmen serta konsistensi “apa sih yang ingin kamu tonjolkan di instagram pribadi kamu?” pokoknya kalau ingin tahu lebih banyak, kalian bisa kepoin instagramnya @bynikojulius deh ^^

--------------

Kesimpulannya sih menurut aku, kalau kita bisa mengoptimalkan serta mengkolaborasikan SEO dengan Optimasi IG, bukan mustahil konten kita akan mendapatkan jangkauan yang lebih luas :)

Pokoknya big thank untuk Female Blogger of Banjarmasin sebagai Komunitas Blogger Perempuan di Banjarmasin yang sudah memfasilitasi dengan menghadirkan pemateri yang hebat, dan kesan yang mendalam di hatiku dan semua memberi Female Blogger of Banjarmasin ^^




0 Response to "4th Anniv Female Blogger BJM"

Post a Comment

Salam perkenalan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel