Cara Cek BPJS Kesehatan Secara Online

Konten [Tampil]
cek bpjs kesehatan Online

BPJS Kesehatan
Merupakan salah satu layanan yang didirikan oleh Pemerintah dengan tujuan untuk menyetarakan pelayanan Kesehatan Kepada Masyarakat di Seluruh Indonesia. BPJS Kesehatan menganut sistem Gotong Royong.

Sistem Gotong Royong ini diklaim bisa membantu masyarakat luas dalam melakukan pengobatan, Iuran yang kita setorkan setiap bulan, dianggap sebagai salah satu cara untuk membantu masyarakat dalam mengatasi masalah kesehatan.

Permasalahan Ketidak tahuan informasi  yang dihadapi Para Peserta BPJS Kesehatan baik secara mandiri atau BPJS Ketenagakerjaan. Oleh karena tidak tahu informasi, berapa tagihan yang harus dibayarkan dan berapa Denda telat bayar BPJS Kesehatan.

Sehingga anda tidak perlu lagi ke kantor BPJS untuk melakukan pengecekan tagihan, dengan cara cek BPJS kesehatan secara Online, maka semua informasi mengenai BPJS pun akan muncul di layar Monitor anda.

Jenis-Jenis BPJS Kesehatan


BPJS Kesehatan Sebenarnya memiliki Beberapa Jenis Pengelompokan, jenis Kepesertaan BPJS Kesehatan diKategorikan dalam dua ( 2 ) jenis, Yaitu Jenis Kepesertaan BPJS Kesehatan dan BPJS Kesehatan jenis Ketenagakerjaan.

BPJS Kesehatan Yang Jenis Kepesertaan BPJS, atau BPJS umum memiliki Kelompok sebagai Berikut ". BPJS- PBI ( Penerima Bantuan Iuran ), (BPJS-Non-PBI, atau bukan penerima Bantuan Iuran ).

Selanjutnya jenis BPJS Non PBI diBagi menjadi 3 Kelompok Lagi di antaranya adalah, Pekerja Penerima Upah ( PPU ) dan Anggota Keluarganya, PBPU ( Pekerja bukan Penerima upah) dan Anggota keluarganya, Bukan Pekerja ( BP ) dan Anggota Keluarganya.

Jenis BPJS Ketenagakerjaan Pun memiliki Kelompok yang berbeda - Beda pula, di antaranya adalah sebagai Berikut ; Pekerja jasa Konstruksi, Pekerja Migran Indonesia, Pekerja bukan Penerima Upah dan Pekerja Penerima Upah.

Selain itu BPJS Ketenagakerjaan memiliki Tunjangan dan jaminan sebagai Berikut;Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, Jaminan Hari Tua, dan Jaminan Pensiun. Sehingga orang yang memiliki BPJS Ketenagakerjaan bisa mengambil uang BPJS nya di kantor.

Cek BPJS Kesehatan Online


Untuk Melakukan cek, atau pengecekan Tagihan denda dan status BPJS Kesehatan anda, maka perlu di Ikuti Langkah - Langkah sebagai berikut :

  1. Pertama silahkan anda Masuk ke Cek BPJS Kesehatan Online

  2. Siapkan Kartu BPJS Kesehatan anda di depan layar Monitor
  3. Masukkan Nomor kartu yang bisa anda Temukan di Kartu BPJS Kesehatannya
  4. Masukkan Tanggal Lahir, Ingat jangan sampai Salah.
  5. Lalu Masukkan angka validasi
    cara cek bpjs secara online mudah

  6. Kemudian Klik Cek.

Disana nanti kelihatan atau kebaca data - data peserta BPJS Kesehatan dan berapa tagihan perbulannya, sehingga anda tidak perlu datang langsung ke BPJS Kesehatan buat cek Iuran Tiap bulan.

Cek Saldo BPJS Kesehatan Ketenagakerjaan Online

BPJS Kesehatan Ketenagakerjaan sebenarnya memiliki saldo, dan kita bisa mengambil saldo itu kapan saja, cara cek nya sebagai Berikut ;

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan SMS  

Anda Keberatan dan Ingin melakukan pengecekan saldo BPJS Ketenagakerjaan, coba lakukan Via sms saja maka lebih mudah dan lebih simple caranya sebagai Berikut ;

  1. Kirim pesan berformat: DAFTAR<spasi>SALDO#Nomor KTP#NAMA# Tanggal Lahir (DD-MM-YYYY)#Nomor Peserta. Lalu kirimkan ke 2725
  2. Pastikan kamu menggunakan format tanggal lahir (dd-mm-yy). Contoh: 16 Januari tahun 1996 berarti harus diketik 16-01-1996
  3. Contoh: DAFTAR SALDO#3174036596033008#Renita Sari#16-01-1996#234567473 kirim ke 2757
  4. Setelah itu anda akan mendapatkan balasan SMS yang berisi No ID/ Nomor Peserta.
  5. Anda bisa langsung cek saldo dengan membalas SMS tersebut dengan ketik SALDO(spasi)NOMOR PESERTA, kirim ke 2757. Tunggu beberapa saat. hingga anda bisa  menerima balasan berisi saldo kamu.
  6. Layanan SMS 2757 dapat digunakan oleh peserta dengan nomor operator Telkomsel, Indosat, dan XL. Jadi jika nomor HP kamu diluar layanan ini, Anda tidak bisa cek saldo dengan mengirim SMS seperti Tadi.

Jika nomor HP sudah ganti?  atau Hilang.

Tenang! Anda cuma perlu memberitahu pihak BPJS jika nomor HP Anda sudah diganti. Caranya seperti di bawah:

Kirim SMS berupa Ketik: DAFTAR(spasi)GANTI(spasi)HP#Nomor Handphone lama#Nomor KTP, kirim ke 2757.

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui Website

Jika melalui SMS Ribet, maka anda bisa melakukan pengecekan BPJS Ketenagakerjaan melalui Website dan nyatanya Lebih simple serta Praktis banget dunk.

Coba anda perhatikan langkah Berikut ini ;

  1. Coba anda Buka website resmi BPJS Ketenagakerjaan di www.bpjsketenagakerjaan.go.id
  2. Klik kategori “Layanan Peserta” yang ada di sebelah atas kanan, lalu klik “Tenaga kerja”
  3. Setelah halaman pop-up “BPJSTKU” dan “Antrian Online” muncul, klik “BPJSTKU”
  4. Anda akan masuk ke halaman “Login”
  5. Login dengan memasukan alamat email dan kata sandi akun BPJSTKU yang sudah terdaftar punya anda.
  6. Anda akan masuk ke halaman dengan Suguhan beragam menu, pilih menu “Lihat Saldo” untuk mengetahui saldo BPJSTKU kamu.

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Via Aplikasi mobile BPJSTKU

Saat ini BPJS Ketenagakerjaan juga sudah punya aplikasi resmi yang bisa kamu download di Google Playstore bernama BPJSTKU.

Aplikasi ini dapat diunduh melalui Handphone berbasis Android, dan IOS.

Anda bisa dengan mudah Melihat Saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui aplikasi BPJSTKU dengan cara berikut:

  1. Download aplikasi BPJSTKU Mobile di Playstore atau Appstore.
  2. Jika Anda belum punya akun, daftarkan diri Anda lebih dulu. Syarat untuk mendaftarkan diri di aplikasi BPJSTK adalah:
  3. Nomor KPJ (ada di kantu BPJS Ketenagakerjaan
  4. NIK e-KTP
  5. Tanggal Lahir
  6. Nama
  7. Isi data diri sesuai panduan registrasi aplikasi
  8. Setelah Anda terdaftar/ memiliki akun, Anda bisa langsung login dengan alamat email Anda. Lalu Klik “Lihat Saldo” untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda.

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan VIA ATM 

Anda juga bisa cek saldo BPJS TK melalui ATM BNI. Caranya sangat mudah:

  1. Datangi ATM BNI terdekat
  2. Masukkan kartu ATM dan pin
  3. Pilih menu “Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan” klik “Cek Saldo”
  4. Informasi saldo BPJS Anda akan ditampilkan
  5. Jangan lupa untuk mengambil kembali kartu ATM Anda.


Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan di Kantor BPJS TK

Anda bisa cek saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan mendatangi langsung kantor BPJS TK terdekat dari tempat tinggal Anda.

Jangan lupa untuk membawa persyaratan seperti kartu peserta dan KTP Asli serta FC milik Anda. Jumpai petugas lalu minta untuk cetak laporan saldo BPJSTK Anda.

Cara ini terbilang tidak praktis dibandingkan cara digital namun tetap bisa menjadi alternatif bagi Anda yang tidak bisa mengakses cara-cara digital.

Sekian Pembahasan Mengenai Cara Cek BPJS Kesehatan Secara Online, semoga Informasi ini mengandung manfaat buat anda, dan kita tidak perlu repot lagi buat melakukan pengecekan BPJS Kesehatan di kantor nya.

0 Response to "Cara Cek BPJS Kesehatan Secara Online"

Post a Comment

Salam perkenalan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel