Cara Mudah Menggunakan Google Classroom Buat Belajar Online

Konten [Tampil]
cara membuat Google classhroom android
Pada masa masa pandemi sekarang ini banyak sekali orang yang sedang terdampak baik itu dari segi kesehatan, pekerjaan, dan pembelajaran di sekolah

Salah satu yang paling mendominasi pada saat pandemi Corona ini adalah tidak lain bertambahnya pasien-pasien yang sakit dan penuhnya rumah sakit.

Sementara vaksin belum ditemukan, korban-korban pun semakin hari semakin berjatuhan, salah satunya mereka yang sudah mempunyai daya tahan tubuh lemah apabila terjangkit virus ini maka ia akan menjadi semakin lemah.

Oleh karena itu coronavirus atau yang disebut dengan virus Corona tidak boleh diabaikan begitu saja apalagi sudah banyak korban yang berjatuhan, baik itu dari tenaga kesehatan orang biasa bahkan dokter-dokter senior yang merawat cofid19 ikut menjadi korban karenanya.

Salah satu yang membuat orang tua resah di rumah bukan karena masalah kesehatan anaknya namun mereka juga sah karena pendidikan anaknya yang seharusnya sekolah bertatap muka harus dihentikan karena adanya wabah virus ini.

berbagai macam cara dilakukan pemerintah untuk mengurangi dampak virus ini termasuk dengan bekerja di rumah dan belajar di rumah. Kendati demikian belajar di rumah pun memiliki risiko plus dan minus baik itu untuk siswa maupun orang tua.

Terlebih bagi mereka yang mempunyai gadget ataupun smartphone Android belajar di rumah menjadi tidak masalah mereka bisa mengakses semuanya melalui ponsel pintar karena didalamnya sudah terdapat banyak sekali pelajaran-pelajaran yang berharga.

Namun sayang sekali belajar di rumah ini tidak bisa dinikmati oleh semua siswa ataupun semua pelajar di nusantara, mereka yang ekonominya pas-pasan atau bisa dikatakan sebagai orang yang yang kurang mampu membeli beras saja tidak cukup uangnya apalagi untuk membeli smartphone yang berbasis Android.

Mereka yang memerlukan pendidikan di tengah pandemi covid 19 ini terpaksa harus mengurungkan niatnya untuk belajar menggunakan Smartphone Android.

Mereka yang tidak mempunyai gawai handphone Android seharusnya mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah maupun instansi terkait di tengah pandemi covid 19 ini. Walau bagaimanapun anak-anak di masa sekarang ini merupakan salah satu tabungan untuk pemimpin-pemimpin di masa akan datang.

Apa jadinya apabila pada masa pandemi Covid 19 ini mereka tidak bisa mendapatkan pembelajaran yang layak ilmu yang mereka pelajari tidak ada,  dan lontang lanting di jalanan, potensi untuk menjadi anak jalanan pun semakin besar karena mereka tidak bisa menjangkau pendidikan.

Di samping itu pemerintah harus benar-benar bekerjasama dengan dinas pendidikan terkait untuk menuntaskan semua masalah ini. Salah satunya cara yang dilakukan oleh pemerintah adalah dengan membagikan kuota gratis kepada siswa siswa dan guru untuk belajar di rumah.

Terlebih lagi ada beberapa dinas pendidikan terkait memberikan ponsel kepada siswa yang tidak mampu.dengan catatan mereka mau belajar hingga mengikuti pelajaran dengan cara online yang yang dipandu oleh guru masing-masing siswa.

Oleh karena itu karena semuanya dianggap oleh pemerintah sudah belanja online maka ataupun para pendidik harus bersikap kreatif untuk memanfaatkan semua media online untuk melancarkan proses pembelajaran.

Salah satunya adalah menggunakan aplikasi Google classroom yang memiliki kemampuan untuk berdiskusi langsung bertatap muka langsung secara online.

Untuk berdiskusi menggunakan Google classroom pun sangat mudah karena menggunakan Android dan menggunakan gawai handphone yang canggih itu sudah pasti didukung oleh Google classroom.

Cara penggunaannya pun kalian tidak harus menginstal aplikasi Google classroom langsung di handphone Android, bahkan Google classroom sudah bisa anda gunakan dengan mudah di Android dan laptop.

Cukup mudah sekali Anda tinggal mengunduh Google classroom di ponsel Android, setelah itu terdapat beberapa fitur yang dikhususkan untuk melakukan pembelajaran baik siswa maupun guru.

Cara membuat akun Google classroom bagi pengajar atau pendidik



  1. Pastikan anda telah menggunakan atau memakai akun Google Gmail untuk masuk ke Google classroom.
  2. Silakan masuk dan unduh Google classroom di Google play store dan install di Android kesayangan anda selanjutnya langkah
    buat kelas di Googleclassroom
  3. Selanjutnya buka Google classroom kemudian pilih tab mulai pilih akun Gmail dan pilih ok
  4. Sebagai seorang guru maka anda bisa memilih tanda tambah ( + )  atau dikurang ( - ) untuk menambah ruang kelas dan pembelajaran
    buat kelas di Googleclassroom dengan mudah
  5. Selanjutnya, kamu diminta untuk mengisi Nama kelas (wajib), Bagian (optional) Sekolah , Ruang (Optional), Mata Pelajaran (wajib) Lalu Tap Buat. Setelah itu kelas online sudah siap untuk dipakai Belajar.
    buat kelas di Googleclassroom kelas utama
  6. Kemudian, cara mudah menggunakan google classroom sebagai pengajar Silahkan Lakukan Tap Anggota untuk menambahkan siswa kedalam kelas online.menu ini berguna untuk menambahkan siswa-siswa yang ada di kelas Anda sehingga mereka akan masuk ke Google classroom yang anda miliki
    buat kelas di Googleclassroom kelas tugas
  7. Untuk memudahkan dalam mengundang siswa  Tap Bagikan/Salin link. Kemudian kirim/ copy paste link ke grup whatsapp kelas.


(Contoh link : https://classroom.google.com/c/MTUyNDc2OTI*OTkz?cjc=n6gt56n.)

Cara masuk dan menggunakan Google Classroom Bagi Siswa



  1. Siswa bisa anda minta untuk download Google classroom di Google Play menggunakan Handphone Android siswa.
  2. Setelah pengajar mengirimkan link untuk masuk kelas online, kamu cukup Tap Link tersebut. Lalu kamu akan diarahkan untuk masuk ke akun gmail Siswi, Tap Join Class. Secara Otomatis kamu akan masuk ke Kelas yang telah dibuat pengajar. Maka siswa Pun bisa belajar di Google Classroom.


Cara Membuat Tugas Siswa di Google Classroom

undangan Google classroom siswa

1. Untuk pengajar, jika kamu ingin membuat tugas kelas, Tap (+) “ Selanjutnya pilih salah satu (Tugas, Pertanyaan, Materi, atau Topik). Jika Pilih Tugas ( isi judul) , deskripsi sesuai kebutuhan. Kamu juga bisa mengatur total poin yang di dapat jika mampu menyelesaikan dengan sempurna. Selain itu kamu bisa menambahkan waktu pengerjaan tugas tersebut. Jika sudah semua lalu  Tap send Ke dalam kelas siswa.

Cara Mengirimkan Jawaban Siswa di Google Classroom


1. Pada halaman utama, siswa bisa memilih Tugas, setelah itu pilih tugas itu dikerjakan, perhatikan baik-baik, maka apabila siswa mengerjakan dan selesai mengerjakan, langsung saja kirim pekerjaanya di Google classroom tersebut, sehingga Pengajar atau pendidik akan mengoreksi jawaban dari siswa.

Google Classroom sendiri merupakan salah satu aplikasi yang memberikan kemudahan kepada pendidik untuk memberikan pengajaran kepada siswa, hanya saja aplikasi ini memang memerlukan sebuah Android beserta Aplikasinya, Bahkan Google classroom merupakan salah satu aplikasi Favorite di tengah masa pandemi sekarang ini, selain biaya nya murah dan aplikasinya Gampang diGunakan. Siswa pun bisa dihimpun dalam satu kelas Online.

0 Response to "Cara Mudah Menggunakan Google Classroom Buat Belajar Online"

Post a Comment

Salam perkenalan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel