Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Daftar Akulaku dan BPJSTKU

Konten [Tampil]
kartu akulaku
Sekarang ini alat pembayaran online berbasis aplikasi kian marak saja digaungkan di dunia Internet.
Banyak sekali pembiayaan,dan pembayaran tidak lagi menggunakan atm yang diterbitkan oleh bank. Namun sekarang hanya menggunakan aplikasi pembayaran online yang dapat di isi saldonya.

Misalnya saja seperti aplikasi akulaku,merupakan sebuah aplikasi yang dapat di instal di android. Memiliki kemampuan untuk membayar belanjaan anda, mengisi voucher pulsa, mentransfer uang ke rekening dan pinjam uang.

Namun untuk membuka aplikasi akulaku ini banyak dari mereka yang terkendala syarat pendaftaran, sehingga tidak bisa membuat akun akulaku secara mandiri.

Namun pada tahun 2020 ini pendaftaran akun akulaku tidak akan dipersulit lagi, anda bisa mendaftarkan akun anda walaupun tidak mempunyai npwp dan hanya memiliki KTP, bagaimana caranya.

Cara daftar Akulaku Tanpa Npwp

Akun akulaku diprioritaskan, bagi orang yang sudah bekerja dan memiliki Npwp. Namun di sistem pendaftaran akulaku tahun 2020 yang tidak memiliki Npwp dan slip gaji bisa mendaftar di akulaku dan mengajukan pinjaman.

Sebenarnya pendaftaran akulaku sama halnya dengan pendaftaran pinjaman Online lainnya, hanya saja jika anda sekedar daftar dna tidak mengikuti panduan yang ada, semua orang pun bakal bisa, akan tetapi bisa menunjukkan jalan buntu pendaftaran.

Untuk mendaftar akun Akulaku diperlukan nomor ponsel, smartphone dan KTP. Tidak memerlukan NPWP ataupun slip gaji. Namun harus dipastikan bahwa KTP yang akan digunakan mendaftar haruslah EKTP, dan harus jelas tidak mengalami kerusakan, karena akan sulit terbaca yang memungkinkan pendaftaran jadi gagal.

Cara Daftar akun akulaku Untuk Pemula


  1. Install terlebih dahulu aplikasi AkuLaku dari Play Store.
  2. Kemudian jalankan seperti biasanya , berikan permintaan izin akses ke GPS dan panggilan. Tanpa melakukan cara ini  ,  Anda tidak bisa melanjutkan ke proses lebih lanjut.
  3. Setelah aplikasi berjalan dengan sempurna, tap menu Personal kemudian tap Masuk/daftar
  4. Lalu step selanjutnya dengan mengklik tombol Membuat Akun.
  5. Silahkan anda Masukkan nomor ponsel aktif Anda, kemudian tap Kirim.
  6. Tunggu Hingga pesan singkat dari AkuLaku, kemudian masukkan lima digit angka verifikasi ke layar dan tap Selanjutnya
  7. Jika verifikasi akun berhasil, proses selanjutnya adalah menetapkan kata sandi untuk masuk ke dalam aplikasi. Pastikan kedua kolom terisi dengan benar dan sama.
  8. Selesai, akun AkuLaku Anda sudah berhasil didaftarkan.
  9. Selanjutnya anda bisa mengajukan pinjaman dengan proses peminjaman yang panjang.
Disamping akulaku ada lagi alat pembayaran atau aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan pembayaran online, namun yang satu ini bisa anda gunakan untuk membayar kredit kesehatan atau yang disebut pembayaran jaminan kesehatan. Nama aplikasinya adalah BPJSTKU.

Cara Daftar Akun BPJSTKU

bpjstku
Sebelum mendaftar akun BPJSTKU maka anda harus mengetahui dahulu apa itu BPJSTKU, dan bagaimana cara kerjanya, yang mungkin akan kami jelaskan di bawah ini, yang mana penjelasannya mungkin akan sedikit membantu kalian.

Pengertian BPJSTKU

Pelayananan Bpjstku merupakan salah satu pelayanan bpjs kesehatan ketenagakerjaan berbasis aplikasi, sehingga memiliki pengertian kurang lebih seperti ini ."BPJSTKU adalah aplikasi resmi dari BPJS Ketenagakerjaan yang diperkenalkan pada 2018.Aplikasi yang dikhususkan bagi pelayanan BPJS ketenagakerjaan, dan sebagai salah satu media pelaporan pengaduan atas ketidaksesuaian status kepesertaan, jumlah upah dan jumlah karyawan yang dapat di akses di manapun dan kapanpun".

Aplikasi bpjs kesehatan ini bisa anda instal di Handphone android anda, dan pelayanannya pun bisa dinikmati dalam genggaman anda saja, sehingga anda tidak perlu lagi repot repot ke call center cabang di daerah jika hanya sekedar menanyakan masalah mengenai masalah bpjs kesehatan, cukup menggunakan aplikasi BPJSTKU pun sudah bisa melakukan hubungan langsung admin bpjs yang siap setia melayani anda kapanpun dan dimanapun.

Mengenai fitur di BPJSTKU memiliki kemampuan sebagai berikut ;



  1. Pendaftaran menggunakan Data kependudukan
  2. Cek Saldo Jaminan Hari Tua (JHT) secara Online cepat dan akurat
  3. Simulasi Perhitungan Jaminan Hari Tua (JHT)
  4. Informasi Program
  5. Informasi Kantor Cabang
  6. Informasi Pusat layanan dan Sosial Media
  7. Layanan Pelaporan dan Pengaduan
  8. Pelaporan Kecelakaan Kerja secara realtime
  9. Kartu Digital

Cara mendaftar Akun BPJSTKU


Nah adapun cara pendaftaran akun BPJSTKU Maka anda harus memperhatikan hal-hal berikut ini , sehingga tidak terjadi kekeliruan.

Dilansir dari  tirto.id Inilah Cara Pendaftaran Pengguna BPJSTKU 


  1. Download aplikasi BPJSTKU lalu instal di ponsel anda. Aplikasi telah tersedia untuk perangkat Android dan IOS
  2. Buka aplikasi BPJSTKU dan pilih menu "PENDAFTARAN PENGGUNA BPJSTKU"
  3. Masukkan alamat email aktif
  4. Pendaftar akan menerima nomor PIN aktivasi melalui email, lalu masukkan nomor PIN di kolom yang disediakan dan tap "VERIFIKASI"
  5. Berikutnya, pilih jenis kepesertaan, misalnya PENERIMA UPAH (PU)
  6. Masukkan data yang diminta, seperti nama, nomor KTP, dan lainnya
  7. Masukkan nomor KJP atau Nomor Kepesertaan yang tertera di kartu BPJS Ketenagakerjaan
  8. Masukkan nomor hp aktif untuk keperluan aktivasi melalui ponsel
  9. Terakhir, masukkan kode verifikasi yang dikirim melalui SMS

Terus Jika anda ingin melakukan pengecekan Saldo BPJS Kesehatan anda maka lakukan hal yang demikian ini :


  1. SIlahkan Login ke aplikasi BPJSTKU
  2. Lalu Masukkan alamat email dan kata sandi yang telah anda daftarkan di BPJSTKU
  3. Setelah login berhasil, di halaman depan aplikasi BPJSTKU pilih menu "LIHAT SALDO"
  4. Kemudian akan muncul jumlah saldo yang anda miliki
  5. Pilih jumlah saldo tersebut untuk melihat rinciannya

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai akulaku dan BPJSTKU, karena keduanya sama sama merupakan aplikasi seperti kredit online, yang satu alat kredit atau pinjaman untuk mendapatkan barang dan uang, yang satu lagi aplikasi pinjaman jaminan kesehatan, yang memungkinkan kita untuk membayar tagihan tiap Bulan. Jadi tidak ada salahnya jika akun  akulaku dan BPJSTK bisa anda miliki keduanya.

Post a Comment for "Cara Mudah Daftar Akulaku dan BPJSTKU"