5 Peluang Kerja Sampingan Bagi Guru Honorer #MoneySmartMenginspirasi

Riset Kerja Sampingan via Pexels 

Seperti yang anda ketahui, penghasilan guru honorer ataupun tenaga honorer sebagian besar masih jauh dari angka upah minimum yang ditetapkan oleh pemerintah setempat. Untuk itu biasanya mereka-mereka ini mengakali penghasilan yang belum mencukupi dengan mencari pekerjaan sampingan. Kali ini ada beberapa ide pekerjaan sampingan yang modalnya relatif terjangkau bahkan ada yang hanya memerlukan modal pulsa dan kuota internet saja.

1. Jasa Pengisian Pulsa dan Bayar Tagihan
Jasa Pengisian Pulsa via kudo 

Percayalah, usaha seperti ini seakan tiada matinya. Semua orang yang mempunyai handphone pasti memerlukan pulsa dan kuota internet. Apalagi sekarang mau bayar tagihan apapun seperti tagihan BPJS dan token PLN bisa dilakukan secara online. Peluangnya akan semakin besar dari waktu ke waktu. Modalnya juga relatif kecil, tergantung anda ingin fokus menyediakan jasa apa, apakah ingin menjual pulsa dan kuota internet saja, atau ingin yang lebih komplek seperti membayar tagihan BPJS dan token PLN.

2. Reseller Makanan

Reseller makanan ringan via tokopedia

Usaha yang satu ini juga bisa dilakukan oleh guru honorer. Namun, untuk meminimalisir resiko kerugian, alangkah baiknya anda menjadi reseller makanan kering ataupun frozen food. Karena usaha makanan terus berkembang dari waktu ke waktu, anda tinggal jeli saja dalam memilih makanan apa yang nantinya akan booming ataupun makanan yang sedang menjadi trend saat ini.

3. Reseller Barang-barang Fashion

Reseller Fashion via google
Usaha yang satu ini juga peminatnya pasti selalu ada, terutama di kalangan wanita. Barang-barang fashion seperti baju, tas, maupun sepatu terus berkembang. Trend fashion selalu berganti dari waktu ke waktu. Sehingga, secara tidak langsung orang ingin terus menambah koleksi fashion nya
Sekali lagi, anda hanya perlu jeli dalam menentukan koleksi fashion apa yang akan anda jual, serta tentukan target pemasaran yang cocok di lingkungan anda. Karena, selera individu yang muda tentu saja berbeda jauh dengan individu yang lebih berumur.

4. Les Privat

Les Privat via Pixabay

Pasti ada saja siswa yang bermasalah dalam belajar, seperti baca tulis berhitung (calistung) maupun kesulitan memahami pelajaran matematika. Anda bisa menawarkan diri untuk menjadi guru les privat untuk membantu siswa yang bersangkutan dapat memahami dan mempelajari suatu pelajaran secara perlahan tapi pasti. Les privat ini penghasilannya lumayan untuk menambah biaya kebutuhan sehari-hari anda, maupun sebagai tambahan modal usaha anda yang sudah berjalan.

5. Menjadi Penulis Lepas

Menjadi Penulis Lepas via Pexels 

Kalau anda jeli, sebenarnya banyak loker penulis lepas di koran daerah maupun koran berskala nasional. Kalian tinggal tulis artikel, opini, atau apapun sesuai dengan permintaan mereka. Honor hasil menulis di sebuah koran biaya nya lumayan jumlah nya Intinya anda harus sabar, dan terus melatih skill menulis anda agar hasil tulisan anda semakin berkualitas.
Ingat, menulis lah dengan Hati. Honor adalah bonus dari sebuah karya tulis yang anda hasilkan.

Sebenarnya, kunci keberhasilan menjalankan pekerjaan sampingan yang disebutkan diatas tadi ada tiga, pertama, perluas relasi, kedua, jeli dalam melihat peluang yang Ada di sekitar anda, dan jangan lupa berdoa agar apa yang anda lakukan mendapatkan hasil yang memuaskan.

0 Response to "5 Peluang Kerja Sampingan Bagi Guru Honorer #MoneySmartMenginspirasi"

Post a Comment

Salam perkenalan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel