Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membatasi Bandwidth Wifi Router dengan Mudah

Konten [Tampil]
Cara Membatasi Bandwidth Wifi
Jika anda mempunyai wifi router di rumah mungkin saja banyak orang yang memakainya secara bersamaan, sehingga ketika ada seseorang yang memakainya melebihi batas kecepatan yang ada maka yang akan terjadi adalah pengguna Internet yang lain akan mengalami Lag atau Koneksi tidak tersambungkan karena tidak kebagian.

Dalam dunia internet ada banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan oleh seorang operator network ( biasanya admin router wifi ) untuk mengatur jaringan yang dikendalikan sendiri baik di rumah, di sekolah di tempat umum lainnya. Salah satunya aktivitas yang dilakukannya adalah mengatur bandwith management.

Seorang manajemen bandwidth adalah sebuah aktivitas yang memberikan pengaturan seberapa banyak bandwidth yang dapat diakses oleh komputer-komputer yang terkoneksi dengan jaringan yang dikendalikan di dalamnya. Mereka dapat mengatur batas bandwith per komputer yang terkoneksi dengan jaringan yang dikendalikan.

Asal mereka tahu Ip address atau bisa pula menggunakan pengaturan Global, yaitu untuk semua Komputer di luar komputernya sendiri harus mendapatkan bandwith sekian, dan seterusnya. membagikan bandwidth wifi router akan sangat bermanfaat bagi anda yang ingin melakukannya.

Apabila kamu mengakses Wifi di rumah dan sering dipakai banyak orang, maka hal tersebut akan dapat membantu untuk membatasi kecepatan download pada tiap komputer, sehingga sekalipun ada orang yang mendownload film dengan ukuran bergiga-giga. Tetapi ada orang lain yang tetap mengakses internet di rumah tersebut maka dia akan tetap bisa mengakses Internet dengan Nyaman.

Anda bisa juga membantu temanmu yang kerepotan mengatur jaringan Internet mereka, dan bisa juga anda sebagai salah satu orang yang memiliki peran penting dalam melakukan pengaturan Internet.

Secara umum cara membagi bandwidth wifi router tidak memiliki perbedaan yang esensial, walaupun tetap akan berbeda ketika mengatur pada Router bermerek A dengan Router yang memiliki merk B. Dengan kata lain, anda juga harus memahami karakteristik pengaturan yang dimiliki oleh wifi router yang sedang kamu atur tersebut sehingga anda bisa memahami pembagian bandwith wifi secara keseluruhan.

Berikut ini cara mengatur bandwith wifi dengan mudah :

1.Mengidentifikasi Alamat IP Wifi Router Anda


Cara Membatasi Bandwidth Wifi
Jika anda ingin membagi bandwidth wifi maka ada baiknya segera identifikasi alamat ip Router yang anda miliki, Anda harus memastikan alamat IP-address Router yang anda Miliki, Alamat Ip-adress ini merupakan alamat yang kita gunakan untuk mengakses pengaturan wifi router yang kamu Miliki. Biasanya Ip yang dimiliki Routermu adalah 192.168.1.1 atau 192.168.0.1 atau bisa pula memiliki ip yang lain. namun kebanyakannya Ip yang dimiliki sama persis dengan Ip tersebut di atas.

Setiap perusahaan atau setiap produk wifi router memang memiliki Kebebasan untuk menentukan alamat IP address wifi mereka, Oleh karena itu sebaiknya cek terlebih dahulu alamat Ip address yang dimiliki oleh router kamu tersebut.

Jika anda ingin menemukan Ip address router wifi anda, caranya cukup mudah, yaitu dengan cara mengetik dan mencari keyword dengan mengetikkan merk wifi Router kemudian ditambah dengan kata-kata "Ip address". atau bila kamu tidak ingin mengakses internet, coba anda lihat di keterangan wifi router, adakah label yang menunjukkan alamat ip wifi router yang anda miliki untuk mengakses Konfigurasinya. dan bisa di cek dengan cara internet Connection Properties apabila anda menggunakan windows, atau menggunakan Command Ifconfig apabila kamu menggunakan sistem operasi debian-based.

2.Masuk ke Pengaturan Wifi Router


Jika anda mengetahui alamat ip wifi router anda misalnya wifi router Indihome maka anda dianjurkan untuk memasuki wifi router tersebut dan masuk ke pengaturan wifi yang ada di dalam Router anda.

caranya sangat mudah, anda tinggal membuka aplikasi web yang ada di browsermu ada banyak aplikasi web yang bisa anda buka di browser, baik itu google chrome,mozilla firefox, opera dan lain-lain. Ketikkan Ip address yang kamu miliki di bar web browser anda Lalu kemudian pencet enter pada keyboard, maka anda akan dihadapkan pada halaman awal yang biasanya berisi Instruksi atau syarat mengakses halaman Wifi.

Jika di Indihome maka anda Bisa melihat cara masuk ke halaman admin dengan memperhatikan password dan username yang ada, disediakan oleh Penyedia layanan wifi indihome itu sendiri.

Biasanya username dan password di sediakan di wifi router tersebut, yang paling familiar pas : admin dan username : admin adalah salah satu user dan password wifi router indihome di awal pemasangan, jika belum anda ubah maka anda bisa masuk dengan username dan password tersebut.

3.langkah Selanjutnya  Masuk ke Halaman Bandwith


Selanjutnya anda diminta Untuk mencari halaman bandwith yang ada pada menu pengaturan wifi router yang anda miliki, Lokasi pengaturan ini biasanya ada pada menu utama. Apabila tidak terlihat pada menu utama, maka silahkan anda bisa melihatnya pada sub-sub menu yang lain untuk menemukan pengaturan bandwith ini.

Selama anda tidak mengutak-atik pengaturan yang tidak diperlukan, wifi router anda akan baik - baik saja, apabila anda sudah menemukan pengaturan bandwith yang biasanya ada menu tambahan " bandwidth control" maka kliklah menu tersebut dan cobalah untuk mencari menu yang lain untuk melakukan konfigurasi bandwidth nya.

4.Mengatur Bandwith Wifi Router


Langkah selanjutnya silahkan anda masuk ke pengaturan bandwith, anda bisa mencari-cari pengaturan bandwidth di setiap router karena wouter indihome sudah jelas berbeda dengan router yang lain misalnya. anda bisa menambahkan pengaturan yang baru di alamat ip yang berbeda-beda.

Apabila kamu punya banyak komputer atau perangkat yang digunakan untuk mengakses internet melalui wifi router, ada baiknya kamu menerapkan range IP untuk mengatur alokasi bandwidth pada semua device yang mengakses internet lewat wifi router.

Anda bisa menggunakan Range seperti 192.168.100-192.168.1.225 dan semacamnya, tergantung dari range Ip address yang sudah di register oleh wifi router pada tiap perangkat yang sudah terkoneksi pada jaringan wifi.

Pada Tahap ini anda bisa mengatur berapa maksimal kecepatan download atau kecepatan Upload yang diperbolehkan pada masing - masing IP address, mungkin akan sangat beragam, ada yang langsung menyebutnya dengan " download Bandwith" ada pula yang menyebutnya dengan sebutan " Ingress Bandwidth" Downstream " upstream" dan lain sebagainya setelah anda selesai melakukan konfigurasi maka anda hanya tinggal menekan tombol apply atau enable Untuk mengaktifkan Pengaturan manajemen bandwidth yang telah anda terapkan.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatur koneksi router yang ada di rumah, sekolah dan tempat kerja kamu, asalkan anda bisa masuk ke area admin, maka anda bisa dengan mudahnya mengatur bandwidth router wifi. anda bahkan bisa mengatur kecepatan bandwidth membatasi dan memberikan batasan pada setiap Ip laptop yang konek terhadap kecepatan download dan Upload. Sehingga semua pengguna akses wifi router akan mendapatkan kebahagiaan sinyal kecepatan dan nyaman dalam menggunakan wifi tersebut.

Post a Comment for "Cara Membatasi Bandwidth Wifi Router dengan Mudah"