Cegah Laptop Lemot dengan Cara Ini

Konten [Tampil]
cegah laptop lemot
Semua orang sekarang ini hampir mempunyai laptop, dan laptop merupakan salah satu alat yang diperlukan di zaman sekarang ini, seperti keperluan untuk memudahkan berbagai pekerjaan. anak kuliahan dengan tugas makalahnya, para ayah yang bekerja menggunakan laptop di kantor, dan para dosen yang menggunakan laptop untuk memberikan presentasi materi kepada para mahasiswanya.
Oleh karena itu begitu pentingnya laptop dimiliki seseorang sudah menjadi alasan dan bukan hal yang langka lagi sekarang ini, namun ketika laptop mengalami masalah pada saat kita asik-asiknya bekerja, kemudian barang yang dikatakan canggih tersebut mengalami masalah lemot, ga bisa jalan dan cuma mentok di beranda layar saja maka hal yang demikian itu menjadi masalah bagi mereka yang sangat membutuhkan laptop untuk melancarkan pekerjaan mereka
Alih alih melancarkan pekerjaan, ketika laptop menjadi lemot maka yang akan terjadi adalah kita timbul perasaan kesal dan perasaan gelisah kadang pun mulai muncul, pada saat laptop mengalami masalah demikian,karena pekerjaan di hadapan mata dan waktu semakin jalan berputar, maka keperluan untuk membuat laptop tidak menjadi lemot pun sangat diharapkan.
Beberapa teknik agar mengatasi laptop menjadi lancar kembali akan kita ulas di sini, semoga beberapa informasi mengenai cara mengatasi laptop menjadi lemot dapat memberikan manfaat yang besar bagi siapa saja yang membaca ulasan ini.
Kenapa laptop menjadi lemot, karena laptop merupakan barang elektronik sama halnya seperti barang elektronik lainnya, yang bisa rusak kapan saja dan di mana saja berada, maka laptop pun begitu juga, semakin tua laptop maka kemampuannya untuk sistem operasi nya pun juga akan semakin menua, sehingga kadang laptop menjadi lemot ketika sudah terlalu tua.
Penyebab lainnya pun karena banyaknya file yang ada di dalam laptop sehingga, file - file tersebut membuat sistem yang di laptop tidak mampu menahan dan menampung file yang ada, karena full memory, inilah yang bisa menjadi penyebab laptop menjadi lemot. Bahkan serangan malware pun bisa saja kapan saja menyerang laptop anda sehingga laptop anda akan berkurang performanya dalam sistem pengoperasiannya.
Umur hardisk yang sudah terlalu lama pun bisa menjadi akar masalah laptop anda menjadi sangat lemot, dimana proses read dan write berjalan sangat lama dari biasanya, bahkan akan memberikan efek secara keseluruhan kepada laptop kesayangan anda, oleh karena itu cek berkala hardisk laptop yang anda miliki.
Kapasitas hardisk dan memori laptop menjadi sasaran utama penyebab laptop menjadi lemot, selai itu ada beberapa penyebab laptop menjadi lambat, sehingga anda harus segera mengatasi masalah ini dengan cara yang tepat, agar pekerjaan anda menjadi tidak terganggu lagi dan bisa menggunakan laptop dengan nyaman.

Cara Mengatasi Laptop Lambat

Copot aplikasi tidak terpakai

laptop lemot copot aplikasinya
Untuk Mengatasi laptop lambat maka yang perlu anda lakukan adalah melakukan uninstal aplikasi yang bisa menyebabkan laptop menjadi lemot, aplikasi yang tidak terpakai misalnya atau beberapa aplikasi yang sudah sangat berat di laptop maka uninstall saja.
Memiliki laptop memang membutuhkan banyak aplikasi, namun aplikasi yang tidak dipakai terkadang menumpuk dan mengendap begitu saja di laptop anda, sehingga lama-kelamaan aplikasi tersebut akan mengakibatkan sistem operasi pada laptop berjalan sangat lambat.
Penurunan kinerja laptop akan berdampak pada segenap pekerjaan anda yang berhubungan dengan laptop, sehingga perlu anda lakukan pengurangan dan melakukan uninstall beberapa aplikasi yang sudah tidak dipakai lagi, guna mengurangi memori dan penggunaan aplikasi secara berlebihan.

Pakai antivirus andalan




Jika anda sayang dengan laptop anda dan tidak ingin laptop anda mengalami lemot, atau mengalami perlambatan kinerja, maka segera cari antivirus yang dapat menyelamatkan laptop anda.
Terkadang laptop mengalami masalah yang sering kali terjadi karena di serang malware, atau virus yang di sebar melalui internet dan jaringan aplikasi yang lain, kebanyakan membuka internet tanpa pengaman dan dilapisi anti virus dapat menyebabkan laptop anda akan terserang virus atau malware, untuk menghadapi semua ini maka anda harus menginstal antivirus yang bagus dan cocok buat laptop anda.
Selalu update antivirus, agar dapat melakukan scanner malware yang ada di laptop anda, sehingga laptop anda bebas dari virus dan kinerjanya dapat berjalan dengan lancar.

Cek prosesor dan ram laptop anda

Ram dan prosesor dapat mempengaruhi kinerja sebuah laptop, semakin kecil ram maka daya tampung aplikasi yang berjalan di laptop juga sangat terbatas, oleh karena itu apabila laptop semakin berat maka lakukan pengurangan ram, dengan cara menutup aplikasi yang berjalan di layar belakang ataupun aplikasi yang berjalan di tab lainnya.
Anda bisa menggunakan aplikasi task manager untuk mengetahui dan mengatur ram laptop anda, dengan adanya aplikasi ini maka anda bisa memantau aplikasi mana yang berjalan di laptop anda, apakah aplikasi itu penting atau tidak penting sama sekali, coba tutup beberapa aplikasi yang tidak dipakai.

Pakai aplikasi pihak ketiga

Baidu pc faster adalah salah satu aplikasi yang bisa anda andalkan untuk mengatasi laptop lemot, dengan aplikasi ini sudah banyak tersedia beberapa fitur yang dapat membantu anda dalam mengatasi kinerja laptop yang semakin menurun.

Jangan memaksakan kinerja ram

Jika anda memaksakan kinerja ram maka yang akan terjadi adalah melambatnya sistem operasi kinerja laptop anda, oleh karena itu, saya menyarankan anda untuk tidak memaksa membuka beberapa aplikasi sekaligus dalam kinerja anda, karena biasanya batas laptop anda ada, dan kemampuan dalam membuka beberapa aplikasi juga ada.
Contohnya ketika anda memainkan sebuah game di laptop, anda sering membuka dan menjalankan pemutar musik secara bersamaan, hal ini akan mengurangi kinerja ram, sehingga ram akan semakin sempit, maka yang akan terjadi adalah laptop akan menjadi sangat lemot sekali, belum lagi ditambah dengan video live streaming di laptop anda maka semakin lemot lah kinerja laptop anda, semakin leletnya bahkan bisa menyebabkan laptop menjadi hang atau blank.
saya menyarankan anda untuk menyesuaikan penggunaan aplikasi di laptop, buka aplikasi yang anda perlukan dan lihat berapa kapasitas ram laptop anda, lihat di spesifikasi laptop yang sudah ada di my computer, atau my pc.
anda dapat menghapus beberapa cache laptop menggunakan Baidu , disamping itu anda bisa menggunakan Baidu untuk mereset memori dan prosesor laptop anda, sehingga ketika melakukan riset maka laptop anda akan kembali seperti semula, fitur yang paling saya suka di baidu pc faster adalah penghapus sampah secara massal, yang bisa memelihara kinerja laptop anda selama seharian penuh.
selebihnya anda dilarang memaksakan kemampuan laptop yang ada, jika anda memiliki ram dan prosesor yang tidak memadai, maka silahkan untuk tidak menginstal aplikasi dan game yang berat - berat. pemilihan aplikasi itu sangat penting di samping laptop anda bisa berjalan dengan baik dan awet laptopnya.

Jika memungkinkan tambah kapasitas Ram

JIka laptop anda belum mampu melakukan kinerja secara lancar dan menyeluruh maka saya akan menyarankan anda untuk menambah kapasitas ram di laptop anda, kapasitas ram yang ditambahkan pun tidak sembarang ram, lakukan konsultasi dengan mekanik yang mengatasi ram laptop.
Anda harus memperhatikan spesifikasi RAM, ( RAM DDR3 atau RAM DDR3L, dan bisa juga RAM DDR4) semuanya memiliki jenis yang masing masing.jadi anda bisa memilih ram mana yang cocok untuk di aplikasikan di laptop anda, sehingga ketika melakukan kinerja beberapa aplikasi masih bisa dibuka dan lancar jaya.

Lakukan riset laptop

Jika anda mengalami masalah yang membuat laptop anda masih lemot, maka lakukanlah reset laptop, layaknya manusia, laptop juga memerlukan riset dalam sehari usahakan untuk melakukan reset atau restart windows anda selama satu kali.
Hal ini menjadi solusi agar kinerja laptop anda bisa berjalan stabil, karena system yang telah di gunakan anda lakukan peresetan ulang, oleh karena itu rajin – rajinlah melakukan riset terhadap windows anda semasa laptop tersebut sering digunakan setiap harinya.

Melakukan pembersihan drive C

Ketika laptop anda merasakan mengalami gangguan pada saat melakukan kinerja, maka kemungkinan besar drive c anda sedang penuh, laptop yang sudah tua biasanya di atas 3 tahunan kinerja ya pasti sangat menurun, untuk itu maka solusinya adalah dengan membersihkan drive C. lakukan uninstall dan aplikasi yang tidak terpakai yang menurut kamu dianggap sebagai aplikasi yang menimbulkan spam dan memberikan kinerja laptop semakin buruk.
Melakukan pembersihan pada drive c bisa anda lakukan apakah banyaknya file download yang tidak dipakai, apakah banyaknya program yang menumpuk, anda bisa melakukan pengecekan melalui drive c tersebut, sehingga anda dapat mengantisipasi penggunaan memori C agar tidak berlebihan dan laptop anda pun menjadi ramah lingkungan tidak terjadi keterlambatan kinerja.

Memakai Thermal Paste pada Prosesor

Alat ini berguna untuk mendinginkan dan menjaga suhu prosesor anda, agar tidak cepat panas, dengan suhu prosesor yang relatif stabil,maka akan membantu kinerja laptop semakin ringan dan anti panas sehingga laptop anda kemungkinan tidak akan mengalami keterlambatan kinerja.

Pakai kipas laptop atau Cooling Pad

Kipas laptop, yang di letakkan di bawah laptop akan sangat berguna ketika anda menggunakan laptop pada saat melakukan kinerja, kipas ini akan menjaga suhu di area laptop menjadi tetap stabil dan tidak terlalu panas. Dengan adanya cooling pad. Maka, kemungkinan besar suhu laptop tetap dingin dan kinerja laptop akan berjalan dengan lancar.

Ganti memori HDD menjadi SSD

Salah satu penyebab kinerja laptop melambat adalah karena masih menggunakan memori HDD, yang memiliki kecepatan relatif lebih lambat daripada memori penyimpanan SSD, oleh karena itu untuk mengatasi hal ini maka, sebaiknya anda mengganti penyimpanan Hdd menjadi Penyimpanan SSD.
Cara ini lebih akurat, karena membantu proses booting jauh lebih cepat dan membuat laptop anda menjadi responsive, harga memory SSD memang relatif lebih mahal, akan tetapi kemampuannya dalam menjalankan system lebih baik daripada memori HDD. Jika tidak keberatan maka anda bisa menggantinya sewaktu waktu.

Aplikasi membantu atasi laptop lemot

Disk defragment Tools

Adalah sebuah aplikasi bawaan windows dan anda bisa mengatasi masalah kinerja laptop yang lambat menggunakan aplikasi yang satu ini, mungkin cara ini jarang sekali diketahui oleh banyak orang, semakin banyak aplikasi yang ada di pc dan laptop anda maka akan semakin lemot kinerjanya, oleh karena itu anda bisa memanfaatkan tool disk defragmenter yang terdapat di dalam program control panel.
Melalui tahapan analyze dan juga optimize file, maka beberapa file anda akan di tata sedemikian rupa, anda bisa mengetahui banyaknya file rusak, bahkan file sampah sekalipun bisa anda ketahui, sehingga pc anda akan terlihat lincah kembali setelah di analyze melalui disk diafragma ini.

Gunakan aplikasi CCleaner

Aplikasi yang mampu mengoptimalkan kinerja laptop, anda tinggal mengunduh dan memasang aplikasi ini di pc dan laptop kesayangan anda, sehingga laptop anda tidak mengalami masalah keterlambatan dalam melakukan kinerjanya.
Anda bisa merefresh halaman secara cepat hanya dengan menggunakan aplikasi ini, selain itu aplikasi ini berfungsi sebagai penghapus beberapa file sampah yang sudah tidak terpakai di laptop anda.padahal banyak aplikasi lainnya seperti baidu fc faster dan lain lain anda tinggal memilih mana aplikasi yang cocok untuk mengoptimalkan kinerja laptop anda dengan baik.
Itulah beberapa cara anda untuk mengatasi laptop yang lemot atau kinerjanya berkurang, dengan adanya cara cara mengatasi lapto lemot di harapkan anda bisa mempraktekkannya sehingga, laptop anda tidak menjadi lemot lagi.

0 Response to "Cegah Laptop Lemot dengan Cara Ini"

Post a Comment

Salam perkenalan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel