Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Wisata Klenteng Sam Poo Kong Semarang

Konten [Tampil]
gambar sam po kong semarang
Masih dengan pembahasan mengenai kota semarang, banyak sekali wisata yang ada di kota ini, beragam budaya dan destinasi wisata yang lain masih ada di kota semarang, mulai dari kulinernya, kerajinannya hingga sampai pada kebudayaan dan situs budaya yang ada di semarang.
Tahun baru Imlek baru saja terlewatkan, di semarang ada namanya salah satu objek wisata yang mengajak anda untuk mempelajari budaya orang tionghoa di semarang, namanya adalah sampokong semarang, atau klenteng yang ada di semarang.
Jika anda berkunjung ke semarang jangan lupa untuk mempelajari cagar budaya orang tionghoa ini, sehingga wawasan dan pengetahuan anda semakin bertambah, di samping itu klenteng Sampokong semarang ini memiliki berbagai macam acara dan budaya pada saat perayaan tahun baru imlek, seperti kesenian barongsai dan pembagian angpao secara massal kepada warga yang datang.

Sejarah Sam Poo Kong semarang

sejarah gambar sam po kong semarang
Di lansir dari sampookong.co.id “Klenteng agung sampoo Kong yang ada di semarang mempunyai sejarah yang panjang, pada saat itu laksamana Zheng He ( Cheng Ho ) terlahir dengan nama Ma San Bao. jadi itulah mengapa Klenteng / tempat petilasan untuk Zheng He merupakan nama sam poo kong”.
Katanya konon dalam dialek Hokkian, sam poo kong mempunyai arti sebagai Gua san Bao. Asal muasal klenteng ii adalah pada saat armada zheng he merapat di pantai simongan, di semarang karena juru muridnya, Wang Zing Sakit keras maka sebuah batu di jadikan tempat istirahat zheng he untuk mengobat wan jing Hong.
Zhen he pun kemudian melanjutkan pelayaran ke Timur untuk menuntaskan misi perdamaian dan misi perdagangan keramik dan rempah - rempah. Selama di simongan wang memimpin anak - anak buahnya untuk menggarap lahan, membangun rumah dan memilih untuk bergaul dengan penduduk setempat.
kehidupan pun semakin berubah karena aktivitas dagang maupun pertanian. Demi menghormati para pimpinannya wang mendirikan patung zheng he di Gua batu tersebut agar bisa dikenang dan di hormati di masyarakat sekitar.Inilah asal muasal terjadinya bangunan klenteng Sam Poo Kong di semarang.
wang pun meninggal dalam usia 87 Tahun dan dimakamkan di sekitar sana, Dalam perjalannya klenteng agung sam poo kong sudah beberapa kali menjadi pemugaran, selain karena situasi politik yang tidak menentu pasca kemerdekaan, klenteng ini pun bisa merasakan kebanjiran, Revitalisasi besar-besaran pun dilakukan pada klenteng ini, yang langsung dikelola oleh yayasan sam poo kong pada januari 2002, lanjutnya pemugaran pun selesai pada tahun 2005, bersamaan dengan perayaan 600 tahun kedatangan laksamana zheng he di pulau jawa ini diresmikan dan dihadiri oleh beberapa menteri perdagangan indonesia.
Sam Poo Kong semarang memiliki sejarah yang luar biasa, di zaman dahulu klenteng ini menjadi tempat peradaban bangsa tionghoa dalam beribadah dan melakukan pertemuan sehingga sangat kental dengan budaya yang ada di zaman dahulu di semarang.

Letak Sam poo kong semarang

gambar sam po kong semarang
Sam Poo Kong semarang terletak di Jl. Simongan No.129, Bongsari, Kec. Semarang Bar., Kota Semarang, Jawa Tengah 50148, lebih tepatnya, Kuil Sam Poo Kong adalah sebuah kuil Tionghoa yang terletak di daerah Simongan, Semarang, Negara Indonesia. Tempat ini konon dulunya adalah tempat persinggahan Laksamana Cheng Ho, seorang penjelajah asal Tiongkok yang beragama Islam.Sumber ( Wikipedia.com)
Jika anda ingin berkunjung ke sam poo kong semarang maka anda harus membayar biaya masuk, karena sam poo kong ini merupakan klenteng yang ada sejak jaman dahulu, sehingga menjadi cagar budaya masyarakat di daerah semarang. Berkunjunglah di pagi hari agar bisa menikmati klenteng sam poo kong semarang lebih lama.

Tiket Sampokong Semarang

Jika anda ingin mengunjungi klenteng sam poo kong anda bisa menyimak harga tiket masuk dan perhatikan rute menuju sam poo kong semarang berikut beberapa harga tiket masuk kawasan klenteng sam poo kong semarang

Weekdays

  • Dewasa : Rp. 7000 ( Masuk area wisata ) dan Rp. 27.000 ( masuk area sembahyang )
  • Anak-anak : Rp. 5000 ( Masuk area Wisata ) dan Rp. 15.000 ( masuk area sembahyang )
  • Wis.Asing : Rp. 10.000 ( Masuk area Wisata )dan Rp. 40.000 (masuk area sembahyang)
  • Wis.Asing anak-anak : Rp. 7000 ( Masuk area Wisata )dan Rp. 25.000 (masuk area sembahyang)

Weekend

  • Dewasa : Rp. 10.000 ( masuk area wisata ) dan Rp. 28.000 ( masuk area sembahyang)
  • Anak-anak : Rp. 8000 ( Masuk area wisata ) dan Rp. 15.000 ( masuk area sembahyang)
  • Wisatawan asing: Rp 15.000 (masuk area wisata) dan Rp 45.000 (masuk area sembahyang ).
  • Wisatawan asing anak-anak: Rp 8.000 (masuk area wisata) dan Rp 28.000 (masuk area sembahyang).
Jika ada pengunjung yang datang untuk berdoa (sembahyang), uang tiket masuk akan dikembalikan sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku di sana. jam buka Sam Poo Kong buka mulai pukul 08.00 - 21.00 WIB. Jadi usahakan datang pada saat orang masih sepi pengunjung agar lebih puas di sana.
Akses jalan menuju sam poo kong ini terbilang sangat mudah sekali, karena lokasinya tidak jauh dari pusat kota di semarang, anda bisa menuju arah simpang lima di semarang dan mengambil arah melewati jalan pahlawan sehingga anda akan sampai di perempatan dengan polda jateng.
Jika anda sampai di perempatan lalu belok kanan melewati jalan veteran sehingga sampai di RSUP Dr . Kariadi, tepat di sana silahkan anda menuju jalan jembatan.maka anda akan menemukan klenteng sam poo kong di tempat ini.

Tips Mengunjungi Sampokong Semarang

gambar sam po kong semarang
JIka anda ingin mengunjungi sam poo kong semarang ada baiknya ikuti beberapa tips mengunjungi tempat wisata klenteng di semarang berikut ini :

a.Kunjungi Semua Klenteng

Jika anda masuk ke klenteng sam poo kong di semarang maka jangan lupa untuk mengunjungi semua bagian klenteng yang ada di semarang, ada 6 bagian klenteng di sam poo kong semarang ini. Yakni, tempat pemujaan Klenteng besar, tempat pemujaan Dewa Bumi, Tempat pemujaan Makam kyai Juru masak, Tempat Pemujaan Mbah Kyai Jangkar dan Pohon rantai serta Gambar Relief.
Anda bisa mengunjungi spot-spot tersebut dan masing masing memiliki karakteristik tersendiri, bahkan anda bisa belajar sejarah di klenteng tersebut.

b.Usahakan Perbanyak Foto

Wisata Klenteng sam poo kong merupakan salah satu destinasi wisata di semarang dan merupakan wisata yang Populer di semarang, dengan arsitektur khas china, dan warna merah yang sangat mendominasi menjadikan sam poo kong terkenal sangat instagramable sekali.
Di setiap tempat dan sudut klenteng anda akan menemukan spot-spot foto yang menarik yang sayang untuk dilewatkan,bagi anda yang pengen liburan ke sini siapkan gadget dan kamera yang diisi dengan baterai penuh sehingga anda puas memotret di sini.

c.Ada Pakaian khas china Sewa aja

Bagi anda yang ingin mengabadikan momen di sam poo kong menjadi lebih berkesan, anda bisa menyewa pakaian khas china di sini. anda bisa menemukan pakaian khas cina di beberapa sudut sam poo kong yang sudah tersedia di dekat loket utama.
Terdapat banyak pilihan pakaian mulai dari anak-anak hingga dewasa untuk menyewa pakaian ini maka anda bisa membayar Rp. 100.000 saja dan dapatkan bonus seorang fotografer handal yang bisa mengabadikan momen anda.

d.Kunjungi saat malam hari

gambar sam po kong semarang malam hari
Wisata ini akan semakin hidup ketika sudah malam hari, jika anda berkenan maka ada asiknya mengunjungi tempat ini di malam hari, lampu-lampu bangunan akan terlihat sangat cantik sekali dan anda bisa berfoto dengan riang gembira.

e.Sewa Guide

Menyewa Guide adalah salah satu cara apabila anda ingin tahu lebih banyak tentang sejarah sam poo kong, hal-hal mendetail tentang bangunan sam poo kong dan lainnya, pemandu akan menjelaskan sedetail mungkin bangunan klenteng sam poo kong ini.

Penginapan Dekat Sam Poo Kong

Jika anda ingin menginap maka saya sarankan anda untuk memesan hotel yang dikelola oleh Reddoorz dekat Semarang dan dekat klenteng Sampokong Pula, Hotel Reddoorz sam poo kong bisa anda cari di aplikasi Reddoorz sendiri, karena dengan menggunakan fasilitas aplikasi Reddoorz kamar atau hotel yang anda pesan bisa sangat terjangkau harganya.
Itulah beberapa ulasan mengenai Klenteng Sampokong Semarang dimana kebudayaan china masuk ke semarang sudah lama sekali, sehingga adanya sam poo kong semarang ini menjadikan keragaman di Indonesia dan khusus Kota semarang semakin nyata, kita sebagai rakyat indonesia harus menjaga kebersihan dan budaya klenteng sam poo kong tersebut, karena disana ada sejarah orang – orang terdahulu sebelum kita yang kental akan budaya.

Post a Comment for "Mengenal Wisata Klenteng Sam Poo Kong Semarang"