Taman Pandanaran Menjadi Tempat Santai Baru di Kota Semarang.

Konten [Tampil]
Taman pandananaran
Kota semarang merupakan salah satu ibukota di Jawa tengah, yang sekarang ini banyak mengalami perkembangan dari masa ke masa, kota semarang memiliki banyak sekali destinasi wisata, mulai dari kulinernya yang dikenal enak-enak sampai destinasi wisata keindahan kota semarang dan wilayahnya.

Kota semarang sekarang ini tengah menjadi tujuan wisatawan untuk berlibur, selain banyak bangunan yang bersejarah di kota semarang anda bisa menemukan berbagai macam jenis wisata yang masih asri dan penduduknya yang masih alami, bahkan bangunan bersejarah di semarang masih banyak yang terawat dijadikan ikon wisata kota semarang.

Sekarang ini di semarang banyak sekali taman cantik yang cocok bersantai di tengah kota, sambil menikmati layanan free wifi yang disediakan pemkot semarang anda tidak perlu khawatir lagi kehabisan kuota ketika berkunjung ketempat-tempat yang ada di semarang.

Salah satu tempat wisata dan dijadikan anak muda berkumpul di sana adalah taman pandanaran, taman ini berada di kota semarang dan letaknya di Jl pandanaran, margasari kecamatan semarang, kota semarang jawa tengah kode pos 50249.

Taman pandanaran merupakan sebuah taman yang bisa dikunjungi oleh semua orang, baik anak-anak, orang dewasa bahkan orang tua. Taman ini menjadi destinasi baru kota semarang, bahkan banyak orang yang menilai taman pandanaran, sebagai salah satu taman yang dapat membantu masyarakat dalam melakukan wisata dan berantai ria.

Uniknya Taman pandanaran

taman pandanaran info
Taman pandanaran cukup mencuri perhatian publik, salah satunya adalah warga dan kota semarang, taman ini sekarang ini sudah  menjadi sebuah ikon kota semarang, tepatnya berada hampir berdekatan dengan simpang lima semarang, semakin membuat kawasan ini sering dijadikan pilihan wisata di daerah lain.

Taman pandanaran yang memiliki ciri khas patung naganya memiliki ciri khas tersendiri seperti mempunyai ikon tersendiri di kota semarang, bahkan jika anda berencana mengadakan liburan ke kota lawang sewu , maka jangan sampai melewatkan untuk mampir ke taman pangandaran di kota semarang.

Taman pangandaran asalnya bekas spbu yang dibentuk menjadi sebuah taman, dulu di taman ini ada sebuah SPBU yang di rombak total menjadi sebuah taman yang sangat indah, taman yang menelan dana sekitar Rp. 1.8 M tersebut dibuat oleh pemerintah kota semarang sebagai salah satu taman yang memiliki keindahan untuk masyarakat semarang.

Tempat makan minum anak muda taman Pandanaran

Taman Pandanaran merupakan salah satu taman yang memiliki tempat makan dan minum dan bersantai ria bagi anak - anak muda, taman pandanaran ini dekat banget dengan pertigaan antara jalan pandanaran dan jl MH Thamrin.

Jadi ketika anda berkunjung ketaman ini jangan lupa untuk membuang sampah ke tempat yang disediakan di area taman, karena sering kali banyak orang yang tidak peduli terhadap kebersihan lingkungan sehingga membuang sampah sembarangan di taman Pandanaran, sehingga akan mengganggu keindahan taman tersebut.

Kurangnya lahan parkir di Taman Pandanaran

Sayangnya untuk mendapatkan area parkir disini sangat susah bahkan untuk mengunjungi taman ini saja ada saja orang yang harus memarkirkan sepeda motornya di sekitaran warung di dekat taman. Diharapkan pemerintah kota semarang untuk menyediakan lahan parkir di area tersebut sehingga tanaman ini memiliki lebih banyak lagi pengunjung di setiap harinya, dan lahan parkir itu untuk mencegah dan memberikan pengamanan kepada para pengunjung yang membawa motornya.

Patung unik di taman Pandanaran

Taman ini memiliki daya tarik tersendiri, terutama dengan adanya patung yang disebut sebagai patung warak ngendog, patung naga yang dijuluki sebagai salah satu patung warak ngendog ini merupakan makhluk rekaan yang bisa menyatukan tiga etnis di kawasan semarang, yaitu tionghoa, jawa dan etnis Arab. namun untuk asal muasal dari makhluk tersebut belum diketahui sejarahnya,  masih menjadi misteri hingga saat ini.

Patung ini juga merupakan salah satu patung yang dianggap sebagai patung perunggu warak ngendog ia adalah salah satu binatang imajinatif yang menjadi ikon kota semarang, kepala naga, leher unta atau buraq dan badannya kambing yang merupakan salah satu symbol akulturasi jawa, arab dan china. Warak ngendog menjadi salah satu simbol kekompakan, persatuan dan toleransi yang berkembang sekaligus di kota lumpia semarang.

Biasanya warak ngendog akan diarak di festival dugderan saat tradisi menyambut bulan ramadhan mau datang. Makhluk perpaduan naga, kambing dan buraq tersebut akan di arak dan dipertonton kan kepada para warga masyarakat sekitar.dengan adanya ornamen ini maka area taman akan semakin menarik minat pengunjung jadi ciri khas taman pangandanaran adalah patung ini dan anda bisa ber swe wa foto di hadapan atau area taman tersebut dengan riang  gembira.

Masih bicara patung Tengah taman konon katanya bentuknya menjadi perwakilan dari etnis di Semarang. Naga mewakili etnis Tionghoa burung Burak untuk arab, dan kambing untuk mewakili adat Jawa atau etnis Jawa. Selain patung di taman ini juga memiliki banyak properti yang bisa anda gunakan untuk swafoto. Berselfie dan spot spot foto yang Instagram banget.

Gambaran Taman Pandanaran

Lokasi taman pandanaran
Di beberapa sudut terdapatnya air keran minum yang ditawarkan secara gratis bahkan fasilitas toilet juga tersedia di taman ini, adanya tempat duduk yang nyaman di bawah pepohonan yang rindang jika anda berkunjung pada hari Minggu maka usahakan untuk membawa bekal yang cukup dan membawa uang yang cukup, Sehingga anda tidak terlalu jajan diluar taman.

Fasilitas yang ada di Taman Pandanaran

Toilet , usahakan anda bisa menjaga toilet agar tetap bersih, karena ada beberapa pengunjung yang mengeluhkan kurang bersihnya toilet taman, sehingga selain kita yang sadar akan kebersihan kepada siapa lagi kita berharap, maka cintailah kebersihan itu sendiri.

Pohon rindang, jika siang hari maka cuaca akan terasa terik,pohon rindang yang ada di taman ini sedikit oleh karena itu pinter pinter memilih jam berkunjung ke sini Patung Wercak gendong, patung yang memiliki nilai karya seni tinggi dengan perpaduan tiga etnis yang berbeda – beda.

Air minum keran, di sediakan di sudut taman, jangan membuang-buang air usahakan untuk minum secukupnya, karena air itu adalah sumber daya yang disediakan pemerintah dan berbagilah dengan pengunjung yang lain sehingga pada kebagian semuanya.

Tempat duduk di Taman pandanaran

Jika Anda penasaran dengan taman dan taman Pandanaran, ketika pergi ke kota Semarang Maka sempatkan untuk singgah ke taman ini, Tugu Muda dan Lawang Sewu, dijamin liburan kalian tidak bakal membosankan bahkan makin menyenangkan.walaupun taman ini aga terik pada saat siang hairi maka diharapkan kepada pengunjung untuk datang ke taman ini di pagi hari, matahari masih belum terlalu panas usahakan juga jaga kebersihan.

itulah beberapa ulasan mengenai taman pandanaran, yang ada di semarang,taman ini sejak lama sudah berdiri dan menjadi destinasi wisata yang ada di kota semarang, selamat menikmati berwisata ke semarang dan jangan lupa untuk singgah ke taman pandanaran tersebut.

0 Response to "Taman Pandanaran Menjadi Tempat Santai Baru di Kota Semarang."

Post a Comment

Salam perkenalan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel