Makanan Khas Semarang yang lagi Hits Saat Ini

Konten [Tampil]
makanan khas semarang
Jika anda berwisata ke Jawa tengah rasanya masih ada yang kurang jika tidak mampir ke kota semarang, kota yang begitu indah dengan segenap ciri khas dan keindahan  yang diberi nama julukan Venetie van Java ( Venesia di pulau jawa ). di kota ini tidak hanya menawarkan keragaman destinasi wisata yang menarik, akan tetapi disini akan membuat kamu bisa menikmati berbagai macam makanan khas semarang, tidak heran jika semarang menjadi kota dengan segenap keunggulan tersendiri jika berurusan dengan makanan.

Kota ini pernah dinobatkan sebagai salah satu destinasi wisata unggulan Kuliner oleh kementerian pariwisata. Makanan semarang diolah berbagai macam olahan, ada dari ayam, sapi, dan ikan semuanya diolah dengan cita rasa yang bisa membuat anda ketagihan, bahkan setiap makanan mempunyai cita rasa yang berbeda dengan yang lainnya. anda bisa menemukan wisata kuliner ini di setiap sudut kota semarang, bahkan ada warung dan makanan yang sudah tua sekali, berdiri mulai tahun 1940 an, dan masih eksis hingga sekarang.

Beberapa makanan semarang bisa anda nikmati dengan perlahan-lahan, di samping itu ada beberapa varian mengenai jenis - jenis makanan semarang, berikut ini akan dijelaskan makanan apa saja yang sudah anda makan, mengenai makanan semarang apakah anda sudah pernah mencicipi makanan bernuansa semarang ini, berikut

Daftar menu masakan semarang yang sudah kami rangkum.


Nasi goreng babat dan babat Bongso

Babad merupakan makanan yang mempunyai ciri khas berbahan dasar daging salah satunya adalah jeroan sapi, di indonesia jeroan sapi dapat dijadikan makanan. Salah satu makanan yang ada di Semarang adalah nasi goreng babat dan babat Bongso.

Jika anda di Semarang maka bisa mengunjungi beberapa warung makan yang menyediakan nasi goreng babat Misalnya saja warung babat Pak Sukarmin, yang merupakan salah satu warung tertua di Semarang dibuka pada tahun 1971 dan eksis hingga sekarang,. Pengolahan nasi goreng babat di bawah ini menggunakan teknik yang sangat luar biasa.

Warung ini sangat laris oleh pengunjung sehingga banyak orang yang datang bahkan luar daerah Semarang warung babat Pak Karmin memiliki rasa yang enak karena diolah dengan racikan bumbu yang diturunkan oleh orang tuanya. Bahkan babat yang diolah di sini dapat dirasakan dengan sangat empuk dan bumbunya sangat terasa.  Warung pak Karmin buka mulai jam 8 hingga larut malam.

Nasi goreng babat Hengky nasi goreng ini menyediakan makanan dan olahan khas babat ala Semarang letaknya jalan puri Anjasmoro blok k Tidak kalah dengan Warung Pak karmin, di sini menyediakan nasi goreng babat buka mulai pukul hingga pukul 17 malam.Banyak sekali olahan Babat yang ada di Semarang sehingga Anda bisa memilih warung makan mana yang anda sukai maka anda bisa merasakan nikmatnya makanan khas Semarang.

Nasi ayam Semarang

Jika di Yogyakarta ada gudeg di Banjarmasin ada soto banjar, tak kalah dengan nasi liwet yang ada di Solo, makanan di Semarang pun mempunyai ciri khas yang sama yaitu adanya masakan nasi ayam, nasi ayam ini mempunyai cita rasa yang khas di olah dengan kuning Opor yang dilengkapi dengan sayur labu manis. Ada suwiran ayam kampung serta telur. Tahu dan krecek berbumbu khas Ala semarang.

Anda pun bisa memilih tambahan lauk seperti sate telur usus dan bagian lainnya dari ayam seperti dada paha dan sayap. Makanan ini memiliki bumbu santan dan rempahnya yang membuat nasi ayam menjadi gurih Dan tak terkalahkan kelezatannya.

Untuk menikmati hidangan istimewa ini maka anda harus menuju kena Depot Rumah Makan nasi ayam Bu Wido yang buka mulai pukul 17 hingga pukul 23 WIB setiap harinya.

Selain rumah makan depot bu wido masih banyak kok rumah makan di semarang yang menyediakan berbagai makanan termasuk nasi ayam, semarang memang memiliki ciri khas yang melimpah makanan nya pun juga sangat melimpah sekali.

Tahu Gimbal ala semarang

Tahu gimbal ala semarang
Tahu Gimbal merupakan salah satu makanan ala semarang  yang terkenal sangat gurih sekali, tahu gimbal memiliki cita bumbu petis yang khas ala-ala semarang, karena jika di surabaya, lamongan dan tuban ada kok makanan berbumbu petis, di semarang pun dikenal dengan tahu Gimbal.

Jika anda pernah merasakan potongan lontong, maka lain halnya dengan tahu gimbal, potongan lontong dan bakwan udang ( gimbal ) merupakan salah satu makanan yang banyak diminati di semarang, perpaduan antara manis dan gurih serta asin menambah rasa kenikmatan hidangan kuliner ini, jika anda ingin mengunjungi tempat makan tahu gimbal ini maka bisa mampir ke warung makan tahu gimbal pak edi, kali aja cocok sama lidah anda.

Lokasi: Jl Menteri Supeno, Mugassari, Semarang (samping kantor Gubernur)
Harga:  14,000 IDR per porsi

Burung Belibis

belibis ala semarang
Burung belibis dikenal sebagai salah satu makanan khas semarang, olahan ayam atau bebek memang sudah banyak ditemui dan sudah lazim di temukan di mana - mana, namun olahan burung belibis merupakan olahan yang hanya dapat ditemukan di semarang, jika anda berkunjung ke semarang maka tidak salahnya untuk memakan berbagai macam olahan burung. salah satunya adalah olahan burung belibis.

Burung belibis memiliki cita rasa yang sangat enak sekali, secara tekstur burung belibis tidak jauh beda dengan ayam, namun rasanya lebih empuk karena dimasak menggunakan api kecil dalam waktu yang sangat lama sekali, bumbu yang digunakan pun sangat bervariasi dan dipilih sesuai selera yang kamu inginkan.

Anda  bisa menikmati hidangan burung belibis di Warung pak No yang berlokasi di : Jl Sawojajar I no. 44 Semarang, harganya Mulai dari 25000 IDR per Porsinya, atau per ekor burung belibis maka anda akan sepuasnya menikmati masakan burung belibis ala semarang, dengan penuh rasa dan cita rasa bumbu yang enak.

Sate buntel dan pepes Opor

Apakah anda para pecinta kambing, maka anda wajib mampir ke rumah makan olahan kambing, dan pernahkah anda makan sate kambing, di salah satu warung makan atau rumah makan dekat anda, sate kambing sangat dikenal di semarang, namanya adalah sate buntel atau pepes Olor, sate buntel merupakan sajian daging kambing cacah yang dibalut dengan gajih tipis lalu di bakar layaknya sate pada umumnya.

jika anda ingin merasakan masakan sate ini maka anda bisa mengunjungi sate dan gule kambing 29, di sana banyak sekali menu variatif yang bisa anda temui salah salah satunya adalah sate buntel dan pepes olor yang di kenal di semarang. Rasakan satenya bila anda berkunjung di semarang maka rasa lelah dan berwisata kuliner anda akan terasa semakin lengkap ketika mengunjungi beberapa rumah makan di semarang.

Wedang Tahu ala semarang

makanan wedang tahu semarang
Jika di daerah jawa biasa dengan wedang - wedangan, seperti wedang jahe dan lain-lain, jika di semarang maka minuman yang terkenal adalah wedang tahu, Kuliner yang memiliki keunikan  tersendiri ini berasal dari sari kedelai, rasa dari wedang tahu sendiri cenderung sangat manis, dan bersifat menghangatkan sekali anda minum langsung ketagihan.

Selain itu wedang tahu ini dipercaya bisa memberikan manfaat bagi kesehatan seperti bisa melancarkan asi, menurunkan tekanan darah tinggi, bisa memperbaiki metabolisme tubuh, dan menurunkan kolesterol serta bisa juga bikin badan anda terasa hangat dan meningkatkan stamina yang ada di dalam tubuh, wedang Tahu ini sendiri menjangkau harga yang sangat murah sekali, sehingga kantong anda tidak akan merasa terbebani, oleh karena itu tunggu apalagi cus langsung menuju dan mencari tempat wedang tahu di semarang.

Nasi Gandul Makanan enak Khas semarang

Nasi gandul merupakan salah satu makanan semarang yang enak untuk dinikmati bersama keluarga besar anda atau teman - teman seperjalanan anda,nasi ini pada dasarnya berasal dari kota pati, namun karena rasanya yang enak dan popularitasnya mendunia ke penjuru seluruh negri, makan nasi ini pun bisa berada di semarang, secara penampilan, nasi gandul ini mirip sekali dengan nasi yang diberi kuah gulai sapi, Namun rasanya sangat berbeda sekali guys.

Kuah gulai yang disebut juga dengan kuah gandul ini akan disiramkan ke nasi panas dan disajikan dengan lauk pilihan anda. biasanya lauknya bisa memilih sendiri, seperti babat, ati,paru, lidah dan lainnya. Anda akan merasakan masakan yang luar biasa dari nasi gandul ini di semarang, memiliki cita rasa yang gurih dan mudah sekali mengikat lidah anda sehingga nasi gandul ini pantas anda beli apabila anda berada di semarang.

Mangut Welut

makanan khas semarang mangut welut
Belut hewan air tawar yang memiliki kandungan protein cukup tinggi siapa pun yang akan memakannya maka ia akan senantiasa mendapatkan protein di dalam tubuhnya, olahan makanan belut banyak ditemukan dimana-mana Selain itu belut juga terkenal dengan rasanya yang sangat gurih apalagi jika digoreng ataupun dibakar.

Pernahkah anda merasakan mangut belut, bikin mangut ikan air tawar sudah sering anda jumpai di mana-mana namun apabila bahan dasarnya belut Apa yang disebut dengan mangut welut memiliki ciri khas tersendiri di Semarang, bahkan mangut ini tidak bisa kita jumpai di sembarang tempat, anda berkunjung ke Semarang Tidak ada salahnya untuk merasakan mangut welut. WM Belut Bu Nasimah  merupakans salah satu warung makan yang menyediakan panganan welut atau mangut belut, jika anda ingin makan belut dan mangut belut maka silahkan anda berkunjung kesana.

Sate kalak ala semarang

Ketika kamu merasakan sate maka pasti yang terdengar adalah bahan dasarnya itu ayam ataupun daging. Sate kalak Salah satu kuliner yang baru di Semarang. Sate kalak merupakan sate yang berbahan dasar ayam seperti halnya ayam biasa sate kalak memiliki cita rasa dan ciri khas tersendiri, sate kalak memiliki sampah yang unik dan bisa menjadi kuliner Ketika anda berkunjung ke Semarang.

Jika Anda menyukai sate kalak atau anda ingin merasakan sate kalak maka anda harus datang ke salah satu toko di Semarang yang menyediakan makanan ini kena sate kalau mempunyai bumbu khusus yang hanya ada satu di Indonesia.

Mie Kopyok

Ketika anda merasakan mie goreng apa yang telah ada di benak anda, pasti yang ada hanya mi ataupun campuran bumbu yang terasa sedemikian rupa. Namun Pernahkah Anda mendengar mie kopyok, merupakan salah satu makanan yang ada di Semarang Mi ini dibuat tanpa sama sekali menggunakan olahan daging, gua Mie kopyok Dari kaldu rempah-rempah yang sudah dihaluskan. Sedangkan isinya berupa potongan lontong irisan tahu pong, daun seledri, tauge dan kerupuk remah dari kerak.

Sajian sederhana inilah yang menjadi ciri khas mie kopyok, 100% Mi ini  merupakan salah satu mie vegetarian. Meskipun sederhana namun mie kopyok tetap halus di lidah apalagi minyak sangat lembut sekali serta memiliki kekenyalan yang alami. Harganya pun berkisar antara Rp10.000 kamu sudah mendapatkan seporsi mie kopyok di Semarang.

Soto Bangkong

Ketika anda merasakan soto ayam sudah merupakan hal yang biasa namun di Semarang Anda bisa merasakan soto bangkong, bangkong merupakan nama lain dari katak, di sini Kamu tidak akan menemukan katak di dalamnya soto bangkong  diberinam demikian karena lokasinya yang berdekatan dengan kantor pos bangkong, di dalam soto bangkong disajikan berbagai macam bahan dan pelengkap seperti perkedel sate telur burung puyuh tempe dan sate kerang.

Kuahnya yang segar dan sering panas membuat selera makan menjadi semakin tak tertahankan. Soto bangkong ini bisa anda temui di semarang, oleh karena itu jika anda berkunjung di semarang maka jangan lupa untuk mencoba masakan bangkong ini rasanya yang sangat gurih akan selalu membuat lidah anda merasa ketagihan untuk memakannya.

Itulah beberapa masakan khas semarang yang saat ini memang terbilang masih hits di kalangan pencinta kuliner, jika anda rekreasi ke kota semarang maka jangan lupa untuk mencicipi makanan tersebut.

0 Response to "Makanan Khas Semarang yang lagi Hits Saat Ini"

Post a Comment

Salam perkenalan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel