Inilah Contoh Sambutan Penyerahan Pengantin Pria

Konten [Tampil]
pernikahan pengantin pria
Seorang pengantin pria akan menyerahkan segenap maharnya kepada pengantin wanita apabila saatnya telah tiba, namun seserahan ini memerlukan upacara-upacara penting, termasuk  berpidato tentang seserahan itu sendiri, pidatonya di pihak mempelai pria.

Banyak orang yang bingung pidato seserahan itu apa, bagi seorang pengantin agar seserahannya lebih bermakna dan romantis maka pidato seserahan itu sangatlah penting, makanya pidato seserahan sangat di cari di kalangan mempelai pria,  buat mengantar seserahan kepada mempelai wanita.
Berikut ini contoh pidato seserahan yang sudah dirangkum dari berbagai sumber :
 
 
Assalamu’alaikum Wr.Wb.
  • Yth. Bapak dan Ibu Orang Tua …………………..( Calon Mempelai Wanita )
  • Yth. Para Tokoh Masyarakat, Alim Ulama dan Pinisepuh…
  • Hadirin dan hadirat yang berbahagia ….! 
Terlebih dahulu marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT.
Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah melimpahkan segala rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua. Dan hanya arena rahmat hidayah-Nyalah pada hari ini kita dapat berkumpul bersatu padu, bercengkrama beratap muka dalam suatu acara yang Insya Allah akan kita saksikan bersama yakni Acara Walimatunnikah antara Saudara …………………… dengan ……………………………..

Sholawat serta salam semoga selamanya terlimpuhcurahkan kepada Nabi terakhir yang terpilih, Rasul penutup yang termasyhur yakni Habibana Wanabiyyana Wa maulana Muhamad SAWA. beserta para shohabatnya, kerabatnya, serta kepada seluruh umat yang selamanya taat kepada ajarannya sampai akhir zaman…

Bapak, Ibu, serta hadirin yang berbahagia…
Pada kesempatan ini saya atas nama keluarga Bapak……………….. yang merupakan orang tua dari saudara ………………………………. terlebih dahulu menyampai kan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada Bapak, Ibu, serta hadirin dan keluarga besar dari Bapak ………………………. apabila kedatangan kami beserta rombongan dari …………………………., dapat mengganggu dan kurang berkenan di hati Bapak, Ibu serta hadirin selaku pribumi di sini Apabila ada perilaku kami yang kurang sesuai dengan adat istiadat di sini mohon dimaafkan.
Bapak, Ibu, serta hadirin yang saya hormati…
 
Selanjutnya saya selaku juru bicara dari rombongan Calon Mempelai Pria akan menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan kami kesini sebagai berikut :
 
1. Ijinkanlah pada kesempatan ini saya menyampaikan salam silaturahim dari keluarga Bapak …………………..selaku orang tua dari …………………… kepada keluarga besar Bapak ……………………….. selaku orang tua dari………………………….., dan semoga pertemuan ini menjadi sebuah wasilah untuk menjalin silaturahmi yang lebih erat antara kedua belah pihak keluarga dan handai tolan semuanya.

2. Kami ini semuanya dipinta untuk mengantarkan seseorang yang tidak mau berangkat sendirian yaitu saudara …………………………, Dia ini yang awalnya merupakan seorang pemuda yang tangguh, pemberani dan penuh percaya diri,  tapi kini dia mendadak menjadi orang yang penakut dan pemalu dan rendah diri. Hal ini tentu saja menjadi sangat membingungkan Bapak dan Ibunya. Tapi ketika ditanya hal yang menjadi penyebabnya, oh …ternyata Ananda ………………………… sedang dilanda penyakit asmara, karena ia telah tergoda oleh seorang gadis cantik jelita  asal…………………......... yang bernama …………………………. dan konon kabarnya tempat tinggalnya di sini. 

Oleh karena itu, pada kesempatan ini, mungpung disaksikan oleh para Pinisepuh dan handaitolan semua, saya atas nama Bapak ………………………… akan menyerahkan sepenuhnya ananda saudara ……………………. Sebagai Calon Mempelai Pria untuk segera dinikahkan dengan saudari ………………… yang merupakan putri Bapak ………………….. selaku Calon Mempelai Wanita. 

Di samping itu saya atas nama Bapak ……………………… selaku orang tua dari saudara ……..………………… menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada keluarga besar Bapak …………………………………….. karena kedatangan kami beserta rombongan ini tidak disertai bingkisan atau hadiah seperti yang diharapkan. Tapi kalaupun ada hanya semata-mata tanda kasih sayang dari orang tua terhadap anaknya yang akan membina rumah tangga. 

Walaupun itu pasti masih jauh dari cukup. Sekali lagi saya atas nama Bapak ………………………………. menyerahkan sepenuhnya ananda saudara ………………………. dari ujung rambut sampai ke ujung kaki, dari segala kekurangan dan kelebihannya  kepada Bapak  selaku orang tua dari ……………………………… untuk segera dinikahkan……………………….
Bapak, Ibu serta hadirin yang berbahagia…..
Demikianlah kiranya ungkapan penyerahan dari saya atas nama Bapak………………………, dan akhirnya saya selaku peribadi dan rombongan menyampai kan ucapan terima kasih atas segala kebaikan dalam penerimaan kami beserta rombongan, dan mohon maaf apabila ada kekurangan dan kesalahan dari kami.

Terima kasih, Billahittaufiq wal hidayah,
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
 
t
Contoh pidato tersebut menggambarkan jika anda ingin menikah maka harus melalui beberapa proses upacara adat istiadat terlebih dahulu, di samping itu seserahan yang anda bawa sambil diiringi pidato tanda sopan santun kepada mempelai wanita jika si mempelai pria ingin menikahinya dengan kesungguhan hati.

Contoh lain sebagai Berikut :

Contoh Naskah Pidato Pernikahan Wakil Pengantin Pria

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Selamat pagi/siang/malam, salam sejahtera juga saya sampaikan kepada hadirin yang beragama lain selain islam.
Ibu-ibu, Bapak-bapak, yang kami hormati,
serta hadirin hadrat yang kami muliakan.
 
Pada kesempatan malam resepsi yang berbahagia ini, kami atas nama sohibul hajat, mengajak hadirin dan hadrat untuk bersama-sama kita bersyukur kepada Allah SET, Tuhan yang Maha Kuasa, atas semua nikmat yang telah diberikan kepada kita semua, sehingga pada malam yang berbahgia ini kita bisa bersama-sama menghadiri acara resepsi pernikahan ini, kepada Bapak/ibu ... sekeluarga khususnya dalam rangka melaksana kan resepsi atas nikahnya Puteri tercinta ………………………………… dengan nanda menantu ………………………………..
Yang kedua, sudah sepantasnya kiranya kita memanjat kan puja dan puji kepada Allah, sekaligus memanjat kan doa semoga junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW mendapat tmpat yang paling mulia disisi-Nya. Amien...
Hadirin yang mulia, sebagaimana telah saya sebutkan tadi, bahwa pada saat yang berbahagia ini adalah malam resepsi pernikahan putri kami ………………………………. dengan putra …………………………… maka Alhamdulillah pernikahan tersebut secara resmi dilaksanakan pada hari ... dengan selamat.
Hadirin yang berbahagia atas nama keluarga pengantin pria, mewakili ayahanda Putra …………….. kami mengucapkan terima kasih atas sambutan yang diberikan kepada rombongan kami, yang dengan ringan kaki penuh dengan keikhlasan ikut mengantarkan Putra ………………………………. guna memenuhi itikad baik untuk adat yang berbahagia ini bersanding bak raja sehari dengan putri Bapak ………………………………) sekeluarga yakni pengantin putri …………………………….. yang sudah barang tentu saja pada saat ini bersanding dengan putra (nama mempelai pria) bak ratu sehari.

Sebagai orang tua, sekaligus atas nama ayahanda (nama mempelai pria) sekeluarga, sesuai dengan amanat yang kami bawa, maka kami pada malam ini menyerahkan putra anda (nama mempelai pria) kepada bapak (nama ayah mempelai wanita) sekeluarga, untuk diakui sebagaimana layaknya putra sendiri. Untuk itu sepenuhnya kami persilahkan Bapak dengan ikhlas menerimanya, sekaligus menerima kami sebagai keluarga besar Bapak, sebagaimana kami juga menerima keluarga Besar Bapak ... sebagai keluarga besar kami sendiri.

Sebagai orang tua, kepada pengantin berdua kami hanya berpesan, berbahagialah kalian, namun ingatlah bahawa masih banyak amalan lain sebagai seorang suami dan seorang isteri yang harus dihadapi dalam kehidupan sehari-hari kelak nanti. Oleh sebab itu hendaknya rasa syukur pada saat yang berbahagia ini hendaknya kalian jadikan sebagai pedoman bukan justeru membuat kalian menjadi lupa diri, namun sebaliknya untuk mawas diri.

Semoga bahtera hidup kalian senantiasa terbentuk di jalan Allah, senantiasa dalam lindungan Allah, dan senantiasa dalam rahmat dan ridla Allah S.W.T. Amin !
Bapak ... sekeluarga yang kami hormati, kiranya ini saja dulu amanat dari ayahanda putra (nama mempelai pria) yang merupakan amanat, telah kami sampaikan dengan penuh rasa ikhlas. Semoga Bapak (nama ayah mempelai wanita) berkenan.

Hadirin yang kami mulakan, akhirnya marilah kita doa kan kedua mempelai, semoga apa yang diinginkannya senantiasa tercapai di atas ridla Allah S.W.T. Amin !
 
Billahitaufiq Walhidayah, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
 
Itulah contoh naskah beberapa pidato pengantin pria untuk seserahan kepada pengantin wanita, jika kalian ada pidato yang lain, boleh kita share di sini, untuk menambah referensi di dunia kepenulisan, sehingga koleksi artikel semakin berkembanh dan semakin banyak.

0 Response to "Inilah Contoh Sambutan Penyerahan Pengantin Pria"

Post a Comment

Salam perkenalan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel