Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fitur Lock Chat Mengunci Pesan di aplikasi Whatsapp

Konten [Tampil]
fitur chat lock wa

Whatsapp saat ini melakukan update fitur terbaru yang memungkinkan anda untuk melakukan privasi pesan lebih mendalam. Sebelumnya aplikasi whatsapp memiliki fitur sembunyikan chat dari layar beranda, atau layar depan.

Belakangan ini di adakan lagi fitur baru lagi, yaitu fitur Kunci chat. Aplikasi whatsapp yang sekarang ini sudah banyak digunakan oleh pengguna di seluruh dunia memiliki fitur kunci chat.

Jadi dengan anda mengaktifkan fitur chat ini maka ruang chat baik pribadi maupun di grup hanya dilihat oleh individu itu sendiri yang mana ia yang memiliki akun kunci dari sidik jarinya sendiri, hingga ada juga yang memanfaatkan pemindai wajah untuk mengaktifkan dan membuka kuncinya tersebut.

Pada aplikasi whatsapp yang telah dikunci pesannya pun tidak akan menampilkan pemberitahuan pesan apa yang masuk, namun hanya akan bertajuk berupa pemberitahuan ada " Pesan baru " yang baru masuk, namun isi pesannya tidak tahu kecuali anda buka menggunakan sidik jari / kunci wajah.

Chat lock sendiri hanya berlaku pada ponsel android yang memiliki spek diatas saja, tidak berlaku pada ponsel android yang memiliki spek rendahan, Whatsapp juga menjelaskan fitur ini tidak berlaku untuk layanan telepon jadi layanan telepon tetap saja tidak bisa di kunci dengan phone lock.

Pihak platform juga menjelaskan bahwa fitur ini hanya bisa di gunakan di satu perangkat saja, jadi jika anda membuka aplikasi whatsapp menggunakan desktop maka tanda ruang chat terkunci bakal tidak akan ditemukan.

Cara Menggunakan fitur kunci chat whatsapp


Untuk menggunakan fitur kunci pesan di whatsapp maka terlebih dahulu anda mengupdate fitur terbaru dari aplikasi whatsapp tersebut, karena apabila whatsapp nya tidak di update secara otomatis fitur kunci pesan khusus di whatsapp tidak akan bisa anda gunakan.

Cara Mengaktifkan  fitur lock chat pada aplikasi whatsapp


Sebelum mengaktifkan Lock Chat, pastikan lebih dulu sudah mengatur autentikasi pada perangkat yakni password, sidik jari atau Face ID ( Pemindai wajah ) . Bagian ini bisa dilakukan pada Pengaturan atau Settingan perangkat.

Cara Menggunakan Chat Lock di Ponsel Android


Untuk Menyalakan Lock Chat caranya adalah :


  1. Ketuk chat info ( masuk ke kolom beranda chat )  > Chat Lock
  2. Klik Lock this chat with fingerprint dan konfirmasi dengan memindai sidik jari.
  3. Tekan View untuk melihat folder chat yang dikunci.

Melihat Chat yang telah anda kunci


  • Masuk ke tab Chat dan geser layar ke bawah
  • Klik folder chat lock
  • Pemindai sidik jari pada sensor untuk membukanya
  • Tekan chat untuk melihat atau mengirim pesan

Cara menggunakan Chat Lock pada ponsel iPhone


Untuk Menyalakan Lock Chat


Klik chat info ( beranda chat di aplikasi whatsapp )  > Chat Lock
Tekan Lock this chat with fingerprint dan konfirmasi dengan Face ID ( pemindai wajah )
Tekan View untuk melihat chat dalam folder chat yang telah dikunci

Melihat Chat yang dikunci


  • Masuk ke tab Chat dan geser layar ke bawah
  • Klik folder Chat Lock
  • Kemudian Pindah wajah dengan Face ID
  • Klik chat untuk melihat atau mengirim pesan

WhatsApp sudah merilis fitur Chat Lock dan sudah bisa di gunakan  untuk pengguna di seluruh dunia. Karena rilis fitur ini  dilakukan bertahap, pengguna yang belum bisa menggunakan fitur Chat Lock WhatsApp harus menunggu hingga HP-nya mendapatkan giliran. sabar saja semua pasti bakal dapat giliran.

Kekurangan menggunakan fitur Lock chat


Menurut pendapat mimin, setiap update terbaru fitur yang diberi nama dengan lock chat ini memiliki kekurangan yang bisa menimbulkan kekhawatiran bagi orang yang telah memiliki pasangan / istri maupun suami atau sejenisnya.

Hal ini bakal menimbulkan kecurigaan dan kecemburuan yang menjadi teka teki apabila salah satu pasangan kalian ada yang tidak jujur, pasalnya ketika hadirnya fitur lock chat ini maka kemudahan untuk menyembunyikan pesan rahasia ( chat rahasia ) yang tidak bisa di ketahui oleh orang lain.

Karena fitur lock chat memudahkan untuk menyembunyikan pesan yang hanya bisa di buka oleh si pemilik kunci sidik jari / Face id handphone itu saja, tanpa melibatkan orang lain ,sehingga kemungkinan besar pasangan anda untuk tidak bisa membuka chat tersembunyi tersebut.

Oleh karena itu berhati - hatilah menggunakan fitur lock chat ini, jujurlah sama pasangan, apabila ada yang ditutup - tutupi, ingatlah di luar sana betapa banyak sudah perpisahan yang terjadi sehingga merugikan kedua belah pihak.

Gunakanlah fitur lock chat hanya untuk hal yang berguna, jangan digunakan untuk menyimpan chat selingkuhan atau pasangan simpanan, karena fitur lock chat ini sebenarnya digunakan untuk anda yang memang pengen privasi chat yang lebih baik. bukan digunakan ke hal kejahatan.

Post a Comment for "Fitur Lock Chat Mengunci Pesan di aplikasi Whatsapp"