Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Saja Keuntungan Menggunakan Panel Surya?

Konten [Tampil]

Keuntungan menggunakan Panel Surya adalah

Apa saja keuntungan menggunakan panel tenaga surya? Anda bisa membaca artikel ini sampai habis untuk tahu keuntungan yang bisa didapatkan. Tenaga surya menjadi energi alternatif yang sedang tren. Panel surya menjadi teknologi di masa depan dengan memaksimalkan cahaya matahari sebagai energi listrik di rumah. Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan energi surya yang satu ini. Yang paling terasa Anda bisa menghemat energi bahkan menghilangkan ketergantungan dari energi fossil.

Hingga saat ini masih banyak masyarakat yang tergantung dengan energi listrik PLN yang bahan bakarnya menggunakan batu bara. Lalu apa saja keuntungan menggunakan panel surya tersebut? silahkan simak di bawah ini:

Minim Biaya Pemeliharaan

minim biaya pemeliharaan

Apa saja keuntungan menggunakan panel surya? di posisi pertama minim biaya pemeliharaan. Panel surya tidak membutuhkan pemeliharaan yang rumit. Anda cukup membersihkan permukaan panel surya dengan cairan khusus panel surya. Setelah itu, pastikan panel surya benar-benar bersih dan tidak ada debu yang menempel.  

Jika cara perawatannya baik dan benar, panel surya yang Anda miliki bisa berfungsi dengan baik. Saat Anda tidak membersihkan panel surya dengan baik, panel tersebut mudah rusak dan berumur pendek. Pada umumnya panel surya memiliki masa pakai hingga puluhan tahun, jika tidak terawat dengan baik masa pakainya bisa jauh lebih pendek dan kurang dari 25 tahun.

Hemat Listrik

hemat listrik dengan panel surya

Tagihan listrik diprediksi akan naik terus menerus. Untuk menghemat biaya listrik, panel surya ini bisa menjadi solusi yang tepat. Anda tidak perlu khawatir lagi dengan tagihan listrik yang bengkak. Dengan mengaplikasikan panel surya, panel mampu menghasilkan energi sendiri kemudian mengubah cahaya matahari menjadi energi listrik. Anda juga tidak tergantung dengan energi listrik konvensional. Hal itu karena Anda bisa memanfaatkan energi listrik yang dihasilkan oleh panel surya tersebut.

Yang menarik dari panel surya adalah daya listrik tersebut tersimpan dalam  baterai, bisa Anda gunakan kapanpun Anda mau. Meski listrik sedang padam, listrik Anda tetap menyala karena sumber listrik yang Anda gunakan adalah energi listrik yang tersimpan dalam baterai.

Lebih Ramah Lingkungan

ramah lingkungan dengan panel surya

Apa saja keuntungan menggunakan panel surya? Keuntungan selanjutnya yang bisa Anda dapatkan lebih ramah lingkungan. Panel surya jauh lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan energi listrik konvensional. Beralih menggunakan panel surya menjadi langkah terbaik bagi Anda untuk menyelamatkan bumi.  Efek global warming yang kian terasa bisa dikurangi bahkan dihentikan jika ketergantungan terhadap tenaga listrik konvensional berkurang. 

Yang menyebabkan energi listrik konvensional menyebabkan global warming adalah energi konvensional masih menggunakan pembakaran batu bara yang menghasilkan gas emisi. Gas inilah yang membuat bumi terasa semakin panas. Berbeda dengan energi surya yang tidak menghasilkan gas emisi karbon. Selain menyebabkan pemanasan global semakin parah, energi surya bisa menyebabkan perubahan iklim.

Nilai Properti yang Meningkat

Keuntungan menggunakan panel surya selanjutnya adalah membuat nilai properti menjadi semakin meningkat. Jika di rumah Anda atau aset properti Anda sudah terinstal dengan panel surya bisa dipastikan nilai jual atau value dari properti Anda semakin meningkat dibandingkan dengan properti yang tidak ada solar panelnya.

Mempunyai Cadangan Listrik

Meski cuaca sedang mendung, Anda akan tetap mempunyai cadangan listrik untuk memenuhi kebutuhan listrik Anda. Saat ada sisa energi listrik dari panel surya, energi tersebut akan tersimpan di dalam baterai. 

Anda bisa langsung menggunakannya kapanpun. Selama energi listrik yang tersimpan tersebut masih Anda bisa menggunakan dan memanfaatkannya. Selain itu, energi listrik dari panel surya tidak hanya bisa Anda manfaatkan saat siang hari saja, saat malam hari dan kondisi gelap Anda akan tetap bisa memanfaatkannya.

Cocok untuk Segala Iklim

Panel surya sangat cocok untuk segala iklim. Anda tidak perlu tinggal di negara yang memiliki padang pasir untuk mendapat cahaya matahari maksimal. Cukup di negara tropis saja Anda sudah bisa mendapatkan sinar matahari maksimal sehingga energi listrik yang dihasilkan dari panel surya juga semakin maksimal.

Multifungsi

Keuntungan yang terakhir energi surya ini multifungsi. Energi surya tidak hanya dijadikan sebagai penghasil tenaga listrik saja namun juga menjadi penghasil panas yang biasa disebut dengan solar thermal. Dalam skala kecil solar thermal yang satu ini bisa dijadikan sebagai penghangat ruangan, pemanas air hingga penghangat kolam renang.

Panel Surya Menjadi Sumber Listrik Pompa Air

Setelah Anda tahu apa saja keuntungan menggunakan panel surya ada baiknya Anda tahu fungsi lain dari panel surya.  Jika selama ini Anda berpikir panel surya hanya bisa dijadikan sebagai pembangkit listrik saja, hal itu tidak benar. Alasannya karena panel yang satu ini juga bisa diaplikasikan untuk pompa air. Penggunaan panel surya untuk pompa listrik biasanya digunakan di daerah pedalaman yang sulit dijangkau oleh listrik.

Penutup

Kini Anda sudah tahu apa saja keuntungan menggunakan panel surya dibandingkan dengan energi konvensional biasa, untuk mendapatkan panel surya yang berkualitas Anda bisa menggunakan jasa SUN Energy, perusahaan energi surya di Indonesia yang satu ini sangat terpercaya dan berpengalaman dan menyediakan berbagai macam model pembiayaan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda, silahkan hubungi kontak dan KLIK DISINI untuk info lebih lanjut!

Post a Comment for "Apa Saja Keuntungan Menggunakan Panel Surya?"