Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menjadi Sekretaris Profesional Di Tempat Kerja

Konten [Tampil]

cara menjadi sekretaris handal tahun ini

Dunia perkantoran saat ini sudah dipenuhi dengan sistem serba maju, serba digital dan serba Online, Dunia digital di kenal lebih cepat, lebih simple dan pekerjaan berbagai macam segala laporan diakui cepat selesai.

Dunia perkantoran hampir semuanya sudah menggunakan sistem digitalisasi, baik dari segi perekaman catatan, pemantauan produk, pengolahan produksi bahkan sampai pada pemasaran hasil produk pun hampir menyentuh sistem digitalisasi.

Oleh sebab itu maka semua karyawan di zaman sekarang dituntut untuk bisa bekerja dengan semua digitalisasi, era modern dan manfaatkan teknologi sebaik mungkin.

Menjadi seorang sekretaris perusahaan pemerintah maupun non pemerintah di era sekarang dituntut untuk lebih menghasilkan dokumen atau Korespondensi yang bagus dan lebih beraturan. Sekretaris dituntut untuk menyelesaikan pekerjaan lebih efektif dan cepat.

Oleh sebab itu, seorang sekretaris harus berusaha memahami bagaimana caranya untuk menjadi seorang sekretaris perusahaan yang lebih Profesional di bidang nya, dan bisa menjadi andalan untuk perusahaannya, sehingga bisa membawa kemajuan perusahaan tersebut.

Sebagai seorang sekretaris di era digital ini, sudah jelas skill yang paling diutamakan adalah memaksimalkan perangkat lunak yang digunakan banyak orang seperti Microsoft Office yang harus dikuasainya karena pembuatan dokumen dan catatan surat menyurat lainnya tidak manual lagi.

Untuk mengembangkan skill anda perlu berlatih dan memahami sistem operasi microsoft office dengan benar, atau bisa mengikuti kursus di tempat pelatihan prakerja yang disediakan oleh pemerintah Indonesia, di sana banyak sekali pelatihan yang bisa meningkatkan skill dan kemampuan anda dalam mengoperasikan Microsoft office sehingga menjadi sekretaris yang profesional.

Tips Menjadi Seorang Sekretaris yang Profesional

Untuk menjadi seorang sekretaris yang profesional di zaman sekarang, anda harus memiliki kompetensi yang baik dan skill yang mantap. Baik dalam sikap, skill dan kemampuan yang diperlukan oleh perusahaan. 

Bisa Mengoperasikan Microsoft Word

Seorang sekretaris dituntut untuk bisa mengoperasikan Microsoft Word, Fungsinya sebagai alat atau sistem operasi yang dapat memudahkan anda membuat laporan, tanpa harus menulis dan mencatatnya di buku.

Cara Simple Buat Laporan di Microsoft Word

Untuk membuat Laporan di Microsoft Word, anda harus membuat Dokumen baru dengan langkah langkah sebagai berikut :

  1. Buka Microsoft Word yang ada di laptop atau Pc anda
  2. Kemudian Pilih " new Dokumen " Klik " OK " Untuk membuat dokumen Baru
  3. Setelah itu Silahkan ketikkan laporan apa yang pengen anda tulis buat perusahaan
  4. Jika selesai membuat laporan di dokumen Microsoft Word kemudian anda bisa menyimpannya dengan Klik " File " kemudian pilih menu " Save / Save As " dan tentukan Ruang penyimpanan Dokumen anda anda.
  5. Anda bisa menambahkan Variasi tulisan di Microsoft Word dengan,

  • Menu Font = Berfungsi untuk mengubah jenis huruf, Ukuran Teks, Warna Color, dan Lain Lain
  • Paragraph = Mengatur Letak tulisan, Tengah, rata kanan, rata kiri, maupun rata kiri dan Kanan, Bisa juga menambahkan list Numbering, dan Multilevel List
  • Insert = Untuk menambahkan berbagai macam media kedalam tulisan, seperti gambar, Shapes, clip art, Table ( Tabel ) yang bisa anda  gunakan untuk lebih memvariasikan  Tulisan di Microsoft Word.

Selain Mengoperasikan Microsoft Word, seorang sekretaris juga dituntut untuk bisa mengoperasikan Microsoft Excel, dimana fungsinya adalah untuk membuat laporan data perusahaan agar lebih rapi.

Cara Membuat Laporan Data Menggunakan Microsoft Excel

Untuk membuat Dokumen baru di microsoft Excel maka anda harus melakukan beberapa langkah agar bisa mengolah dokumen dengan benar :

  1. Buka aplikasi Excel di laptop atau Pc anda
  2. Kemudian Pilih Menu " New Dokumen " atau buat dokumen baru pada microsoft excel.
  3. Silahkan isi data apa saja yang ingin anda buat laporan, Memasukkan data-data secara teratur, lebih cepat dan bisa di langsung dijumlahkan secara bersamaan datanya.
  4. Kenali Rumus rumus Excel agar mudah mengolah dokumen anda, cepat selesai dan lebih rapi.

  • Fungsi =SUM = Untuk menjumlahkan semua data anda
  • Fungsi =RANK = Untuk mengurutkan data 
  • Fungsi = ( + ) = Untuk menjumlahkan data satu persatu
  • Fungsi = ( - ) = Untuk mengurangkan data satu persatu

Jika sudah membuat dokumen di excel kemudian anda bisa menyimpan nya dengan melakukan Klik pada " Menu File " Kemudian Klik Pilihan " Save / Save As ".

Tentukan tempat simpan dokumen anda di laptop atau Komputer sehingga pada saat mencari filenya mudah saja.

Kemampuan pengolahan data menggunakan microsoft Excel merupakan keterampilan dan skill yang harus dimiliki juga oleh seorang sekretaris, kadang untuk menyusun dan menghitung data perusahaan bisa menggunakan microsoft excel ini.

Di samping itu seorang sekretaris Perusahaan juga dituntut untuk membuat sebuah presentasi yang menarik. Menyediakan bahan presentasi untuk atasan agar dipandang menarik, maka kemampuan skill pengolahan Slide menggunakan Microsoft Power Point.

Langkah yang bisa anda lakukan untuk membuat power point agar menjadi seorang Sekretaris yang profesional di mata Bos Perusahaan anda adalah sebagai berikut

Cara Membuat Laporan Slide Menggunakan Power Point
cara menjadi sekretaris profesional lengkap

  1. Pertama - tama anda harus membuka Program Power point yang ada di laptop atau Pc anda.
  2. Kemudian Buat dokumen Baru / Slide Baru dengan Melakukan Klik di menu " Blank Presentation"
  3. Klik Menu New Slide, untuk menambah Slide-slide Microsoft Power Point anda
  4. Buatlah Paparan informasi yang menarik pada setiap slidenya
  5. Gunakan Fungsi Menu Insert Untuk menambahkan berbagai macam media pada slide power point anda
  6. Gunakanan Fungsi Transition Untuk menggerakkan setiap perpindahan Slide Tayangan anda
  7. Anda bisa menambahkan menu Tombol " Hyperlink " Untuk Menayangkan Halaman slide Pintas pada saat melakukan Presentasi di depan Orang banyak.
  8. Jika sudah selesai membuat dokumen Tayangan slide presentasi di microsoft Power Point, maka lakukan penyimpanan Tugas anda.
  9. Klik File lalu kemudian anda bisa memilih Save/Save As. Kemudian bisa memilih Memori penyimpanan anda.

Kemampuan mengolah microsoft word, Excel dan Power point ini sangat penting sekali dikuasai oleh seorang sekretaris, skill yang dapat menunjang karir nya makin naik dan apabila laporannya bagus maka disayang perusahaan. Untuk meningkatkan skill lebih jauh sebenarnya seorang sekretaris bisa mendapatkan banyak bimbingan melalui Program Kursus Online.

Cara Menjadi Sekretaris Profesional Dengang Cara Ikut Kursus

Kursus Online Menjadi Sekretaris Profesional

Program Kursus Online melalui Skill academy memberikan banyak manfaat dan dapat menjadikan anda sebagai salah seorang sekretaris yang profesional. Program ini didukung oleh berbagai macam lembaga pemerintah, yang bertujuan untuk meningkatkan skill dan kemampuan seseorang.

Keunggulan Ikut Kursus Online

  • Langsung Bisa melihat praktek dan materi yang jelas mengenai Pengelolaan surat dan Dokumen Perusahaan yang benar.
  • Tersedianya materi pembelajaran kelas yang lengkap mengenai menjadi seorang sekretaris yang profesional.
  • Cukup bayar Rp.700.000 sekali dalam seumur hidup buat biaya pelatihannya.
  • Dibimbing dengan seorang mentor yang handal di bidangnya.
  • Adanya materi mengenal Okupasi Sekretaris dalam bentuk Video
  • Materi Pengoperasian Komputer Lengkap Beserta panduannya dalam bentuk Video
  • Materi Mengenal Microsoft word dan pembuatan Surat dengan simple 
  • Materi membuat daftar isi dokumen serta adanya materi Pembuatan Power Point lengkap
  • Hingga Penggunaan microsoft excel dan membuat data di dalamnya pun juga dipelajari melewati pelatihan kursus Online ini.

Sehingga skill anda semakin meningkat, dan anda bisa menjadi seorang sekretaris yang profesional di perusahaan anda. Semakin banyak keahlian, maka anda semakin siap menerima apapun pekerjaan dari BOS dalam bentuk pengolahan berbagai macam dokumen.

Mungkin itu saja tips bagaimana caranya agar menjadi seorang sekretaris Profesional di tempat kerja anda, Kunci utamanya hanya satu yaitu " Tekun " dan mau belajar ilmu baru, apapun itu Gunanya untuk meningkatkan skill dan pengembangan diri demi " Perusahaan " dan pekerjaan anda lebih baik kedepannya.


Post a Comment for "Cara Menjadi Sekretaris Profesional Di Tempat Kerja"