Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menautkan Akun Belajar Id di SIMPKB

Konten [Tampil]

cara menautkan akun belajar sd dengan benar

Akun belajar merupakan sebuah rumah yang disediakan khusus Oleh kementerian pendidikan dan riset teknologi tinggi buat para Pengajar dan Pelajar yang berada di Indonesia.

Akun Belajar ini merupakan layanan gratis, atau akun gratis yang bisa anda dapatkan melalui Operator sekolah yang digunakan untuk mengakses Google Mail dan Fitur lain yang disediakan oleh Google.

Akun Belajar Id merupakan akun Gmail premium yang diperuntukkan buat pengajar ( Guru ) dan Pelajar ( siswa ) bagi mereka yang terdaftar di dapodik kemendikbud.

Akun belajar bisa di aktivasi oleh operator sekolah, atau anda sendiri, yang mana Akun belajar ini pasword awalnya khusus dari kemendikbud pada setelah anda melakukan aktivasi maka akun belajar yang anda miliki bisa di aktivasi sendiri dan ganti pasword yang terbaru.

Manfaat Akun Belajar Buat Guru

Banyak sekali manfaat yang didapatkan dari akun Belajar, Khususnya bagi tenaga pendidik atau Guru. Bagi mereka yang mendapatkan akun belajar, khusus bagi Guru yang berada di Naungan Kemendikbud Ristekdikti.

Banyak sekali manfaat akun belajar ini bagi tenaga pendidik. Salah satu manfaat yang paling besar adalah, Guru atau tenaga pendidik bisa mengakses akun Gmail Premium tanpa harus membayar iuran Bulanan ( Gratis ).

Fitur Akun belajar yang bisa diintegrasikan dengan Gmail milik google merupakan hal yang sangat spesial sekali, Akun Belajar id memberikan banyak sekali Fasilitas Bagi guru Tersebut.

Login menggunakan akun belajar untuk mengakses Google Drive misalnya, maka anda bisa mendapatkan Fitur Google drive premium, dimana Untuk melakukan Upload File apapun dalam Google Drive menggunakan akun Belajar, memorinya tidak habis habis atau Full ( Alias Google Drive nya Unlimited ).

Fitur google Drive saja anda bisa mendapatkannya secara unlimited, Bisa menyimpan file pribadi hingga tak terbatas ruang. Jika Google Drive yang Non Premium maka batas penyimpanannya hanya 15 GB saja.

Semenjak adanya akun Belajar Id yang diperuntukkan buat Guru dan siswa, maka anda bisa mengakses Fitur Google Drive secara premium tanpa batas maksimal atau minimal upload.

Enaknya fitur yang lebih lengkap Juga disediakan pada akun gmail belajar Id, Perbandingannya dapat anda lihat secara nyata dengan akun Gmail Non Premium. Akun sd belajar id lebih banyak fitur yang tertera di dalamnya.

Bahkan Lebih mudah menggunakannya karena akun Belajar id lebih kaya akan fitur-fitur terbaru dan premium, Bahkan untuk melakukan rapat Online pun lebih enak menggunakan akun Belajar id ini.

Anda tidak perlu lagi menggunakan akun email yang non premium, karena dengan akun belajar id ini sudah bisa anda gunakan untuk mengakses berbagai macam aplikasi seperti facebook, instagram, twitter dan Akun-akun lain yang memang memerlukan Login menggunakan Email.

Bagi guru yang memiliki simpkb akun belajar ini diminta kemendikbud untuk ditautkan pada simpkb masing-masing pendidik sebelum tanggal 15 Maret 2022. Gunanya agar pendidik ( Guru ) bisa mengakses sim pkb mereka dengan email akun belajar saja.

Cara menautkan akun belajar Id Pada SIMPKB

Untuk menautkan akun sd belajar pada akun sim pkb anda maka ada beberapa cara yang harus dilewati, sebelum anda benar-benar menakutkannya.

  1. Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah dengan mengaktifkan akun Belajar itu sendiri di Handphone atau Laptop anda.
  2. Buka Gmail lalu tambahkan akun Google kemudian anda masukkan akun belajar anda dan jangan lupa masukkan Password yang benar pada akun belajar di Gmail anda.
  3. Setelah itu pastikan akun belajar anda sudah sinkron di Pc atau Handphone anda.
  4. Buka situs SIMPKB Yang berasal dari kemendikbud ristekdikti Republik Indonesia.
    masuk menggunakan akun ukg simpkb Anda

  5. Nama Situsnya adalah : https://akun.simpkb.id/
  6. Untuk Login nya Gunakan akun UKG anda misalnya 1635517271@guruku.id
  7. kemudian Cari menu Menautkan akun 
    tautkan akun belajar di simpkb anda

  8. Masukkan akun belajar anda yang sudah terkait dan berhasil Login Menggunakan Pc atau Handphone anda Tadi.
    tautkan akun belajar id anda

  9. Tunggu proses penautan selesai.
  10. Jika sudah selesai maka status penautan anda bakal menjadi Tanda Hijau ( berhasil ).
  11. Selamat anda bisa menautkan akun belajar anda dan bisa menggunakannya untuk membuka SIMPKB Menggunakan akun belajar yang anda miliki.

Setelah akun belajar id sudah anda tautkan di akun SIMPKB maka selesailah sudah penautan akun belajar ini. SIMPKB memiliki fungsi yang beragam, mulai dari pendaftaran PPG, Pendaftaran Guru penggerak, Pendaftaran pelatihan pendampingan Inklusi, sampai Membuka pelatihan dan materi yang digunakan Guru untuk meningkatkan Skill dan kemampuan mereka dalam mengajar di kelas.

Oleh karena itu akun SIMPKB ini sangat penting sekali untuk di tautkan akun belajarnya, karena siapa tahu kan apabila akun belajar tidak ditautkan maka akun SIMPKB kita bakal bermasalah, Lebih cepat menautkan lebih baik daripada tidak dilakukan tindakan sama sekali.

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara menautkan akun belajar dengan singkat, Jika anda kurang memahami cara menautkan akun belajar, maka silahkan tanyakan di Kolom Komentar apabila tidak ada kesibukan maka mimin akan selalu balas pertanyaan kalian di komentar.

Post a Comment for "Cara Menautkan Akun Belajar Id di SIMPKB"