Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cek Siswa dan Guru Yang Sudah Vaksin Lewat Sekolah Aman

Konten [Tampil]

Cara cek vaksinasi siswa dan Guru di sekolah

Proses percepatan Vaksinasi di sekolah sekarang ini mulai dipercepat, seiring waktu demi waktu, berbagai macam aturan di keluarkan, agar tenaga pendidik dan Siswa melakukan Vaksinasi Covid 19.

Vaksinasi Covid 19 dapat mencegah tenaga pendidik dan Siswa Terjangkit Virus Corona atau yang dikenal dengan Covid-19. Dengan adanya vaksinasi Tubuh Akan mendapatkan kekebalan dari ancaman Virus-virus tersebut.

Hal inilah yang menjadi alasan pemerintah, mengapa Para siswa dan guru harus melakukan Vaksinasi Covid 19, Paling tidak minimal 1 atau 2 Kali vaksin, sebelum dilanjutkan dengan vaksin yang Ke - 3.

Pembelajaran Tatap Muka 100 Persen Wajib Vaksin

Sebagai upaya untuk memeratakan pelayanan Vaksinasi guna memberikan pelayanan kesehatan kepada siswa dan tenaga pendidik, Maka dalam Perintahnya menteri pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, meminta seluruh anak dan Tenaga Pendidik ( Guru ) Sudah di Vaksinasi pada saat melaksanakan pembelajaran tatap muka.

Proses Vaksinasi ini bisa dilakukan bertahap, dan melalui pemeriksaan yang ketat, apabila ada riwayat penyakit yang mungkin tidak memungkinkan anak untuk vaksin maka orang tua murid bisa langsung menanyakan dan Konsultasi ke Dokter atau petugas kesehatan yang ahlinya.

Untuk melaksanakan pembelajaran Tatap Muka 100 Persen, maka anak dan Guru dituntut sudah melaksanakan Vaksinasi minimal dosis yang pertama, dan kedua, Hal ini menjadi acuan dan Cara masing masing pemerintah daerah dan pusat untuk memeratakan Vaksin di seluruh wilayah Indonesia.

Oleh karena itu maka Proses Vaksinasi ini bakal Terus dilakukan hingga ke seluruh wilayah Indonesia, Tujuannya untuk melawan Pandemi dan Mendapatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan Virus Covid 19. Dan  bebas melakukan aktivitas lagi seperti biasanya.

Jika Tidak Vaksin Akibatnya

Kata Kementrian Kesehatan, Jika orang yang tidak Vaksin maka sangat riskan Terjangkit Virus Corona dalam berbagai jenis varian yang muncul di Negara ini, Hal inilah yang menjadikan orang Tersebut harus di suntik vaksin, agar kekebalan tubuhnya meningkat dan virus Corona tidak bisa menyerang masuk ke dalam Tubuh.

Selanjutnya ada beberapa instansi yang meminta Sertifikat vaksin untuk mengurus sesuatu, biasanya hal ini dilakukan oleh pemerintah Daerah yang berguna sebagai salah satu cara untuk mendorong masyarakat ikut Vaksinasi Covid 19.

Kembali Ke Sekolah Jika 100 Persen Sudah Vaksin

Turun ke sekolah jika siswa dan Tenaga pendidik sudah melakukan vaksinasi 100 Persen, atau besarnya 50 sampai 70 %. Jika belum mencapai target, ada beberapa sekolah yang membagikan kelompok-kelompoknya.

Jika ada siswa yang belum Vaksin maka belajarnya Online dulu di rumah, Dan jika ada siswa yang Sudah vaksin maka bisa belajar secara Tatap Muka di sekolah, Hal inilah yang menjadi Pro dan Kontra di tengah masyarakat Khususnya Orang tua / wali Siswa.

Namun sekarang ini orang tua / wali siswa harus diberi pemahaman,  Mengenai vaksinasi anak usia sekolah, Karena  banyak orang tua siswa yang takut anaknya di vaksin, Takut terjadi apa-apa setelah melakukan proses Vaksinasi.

Hal inilah mengapa, sebelum melaksanakan Vaksinasi anak, maka diadakan dulu sesi Screening atau Tanya jawab antara petugas kesehatan dengan orang tua/wali murid mengenai kesehatan anaknya, jika kurang sehat atau kendala kesehatan, maka bisa proses Vaksinasinya di tunda dulu.

Jika kesehatannya baik, maka proses Vaksinasinya bisa dilanjutkan, Apabila tidak bisa juga maka diberikan surat keterangan tidak sehat, dan tidak boleh di vaksin. Jika banyak yang vaksin dan Guru-gurunya sudah vaksin semua, maka Anda bisa melaksanakan Pembelajaran tatap muka di sekolah.

Cara Cek Banyaknya Siswa dan Guru yang Sudah Vaksin

Jika siswa dan tenaga pendidik sudah banyak yang melakukan proses Vaksinasi, maka anda bisa melakukan pengecekan beberapa persen dan beberapa orang yang sudah melaksanakan vaksinasi melalui Program Situs " Sekolah Aman ". 

Data " Sekolah Aman " Berasal dari kementrian kesehatan langsung yang Terkoneksi dengan akun Dapodik sekolah, sehingga lewat program ini anda bisa mengetahui siapa-siapa saja siswa yang sudah melaksanakan Vaksinasi di sekolah.

Cara Melihat Siswa dan Guru Sudah Vaksin Langkah nya sebagai Berikut :

  1. Masuk ke situs " Sekolah Aman " yang berasal dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.
    Cek vaksinasi siswa sekolah aman

  2. Kemudian anda bisa Login menggunakan Akun yang di gunakan di dapodik sekolah.
  3. Nanti anda akan diarahkan ke beranda Kemdikbud Login, Gunakan akun sekolah yang sering masuk ke dapodik.
    Masuk dan Login di sekolah aman menggunakan dapodik

  4. Selanjutnya jika sudah bisa login maka anda bisa Klik " Warga Sekolah "
    lakukan pengecakan pada warga sekolah aman

  5. Lihat ada beberapa warna yang ada di warga sekolah
  6. Warna hijau Artinya sudah Vaksin Lengkap ( Vaksin 1 dan 2 )
  7. Warna Kuning Artinya baru satu kali Vaksin ( Vaksin 1 )
    warga sekolah aman status vaksinasi

  8. Warna merah artinya belum Vaksin
  9. Warna Hitam Datanya tidak Valid
  10. Anda bisa melihat rincian nama, NIk dan Status Vaksinasi Warga Sekolah
    Cetak data warga sekolah aman

  11. Bahkan anda bisa mengunduh data semua warga sekolah yang berada di pojok samping kanan, ada menu Unduh Warna hijau, merah dan Hitam.

Selesai anda bisa mengetahui siapa saja siswa yang melaksanakan Vaksinasi di sekolah anda.

Selamat mencoba

Mungkin pembahasan mengenai cara cek siswa dan tenaga pendidik yang sudah melaksanakan vaksinasi cukup sampai disini saja dulu, semoga saja informasi ini dapat memberikan manfaat buat anda, Selamat mencoba dan lakukan cek berkala pada situs " Sekolah aman ". Karena datanya selalu di update, dan anda bisa memantau siapa saja yang melaksanakan Vaksinasi di sekolah.

Post a Comment for "Cara Cek Siswa dan Guru Yang Sudah Vaksin Lewat Sekolah Aman"