Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mempercepat Shutdown dan Restart Windows Tahun 2022

Konten [Tampil]

Cara mempercepat Loading Windows shutdown

Biasanya pada saat anda selesai membuka laptop atau pc yang memiliki sistem operasi windows, kadang pada saat melakukan shutdown sistem berjalan sangat lambat sekali.

Restart atau Shutdown pada Pc yang sangat lambat adalah salah satu masalah yang paling umum dan bisa menyerang windows siapa saja. Biasanya kita akan menunggu beberapa menit hingga shutdown Laptopnya. 

Jika shutdown laptop dan pc lama, maka hati anda pasti was -was dan merasa khawatir, Jika di matikan secara paksa pun misalnya bisa, namun resiko kerusakan pc dan Komputer.

Sebenarnya sih proses keterlambatan pada proses shutdown pada pc dan laptop sebenarnya wajar terjadi, Namun apabila sering terjadi berarti ada masalah yang perlu anda atasi. Masalah lambat shutdown jangan terlalu lama dibiarkan.

Anda harus mencari tahu masalah yang membuat laptop dan pc anda lambat shutdown, Berikut ini ada beberapa indikasi masalah dan cara untuk mempercepat shutdown laptop / pc anda :

Cara Mempercepat Shutdown dan Restart Windows

Lantas ada beberapa cara yang bisa anda lakukan agar pc / Laptop anda tidak membutuhkan waktu lama untuk restart dan shutdown. Berikut ini caranya :

Memeriksa Antivirus Atau Malware

Memang kegiatan ini sering kali jarang dilakukan oleh anda, Siapa saja yang memiliki komputer dan Laptop. Baik yang masih baru atau laptop yang sudah tua. Kelihatannya Masalah ini sepele sih.

Kami menyarankan anda untuk selalu memindai dan melindungi pc anda dengan program antivirus dan anti malware yang baik. Ada kalanya laptop atau Pc anda terinfeksi malware sehingga berjalan sangat lambat.

Lakukan scan malware secara berkala pada pc dan laptop anda. Sehingga apabila terdeteksi virus / malware yang sedang bersarang di pc / laptop anda. Segera lakukan tindakan untuk menghilangkan virus - virus itu dengan scanning antivirus yang baik.

Jika Pc saya menggunakan scanning aplikasi antivirus Eset Nod32 dan baidu Pc faster, Untuk mempercepat kinerja laptop. Junk file dan malware mudah dideteksi dengan program ini.

Anda sambil memeriksa apakah ada file yang terinfeksi antivirus dan segera membersihkannya. Jika sudah dilakukan coba lakukan shutdown laptop atau Komputer anda, biasanya apabila sudah bersih maka berjalan dengan cepat.

Gunakan Sistem Quick Start Pada Windows 10

Bagi anda yang menggunakan sistem operasi windows 10, ada fitur yang sangat menarik untuk menyelesaikan masalah sistem operasi yang lambat pada laptop atau pc anda. 

Dengan menggunakan menu Windows Quick Start, merupakan fitur dasar yang tersedia pada semua sistem operasi windows yang di instal. 

Untuk Mengaktifkannya maka anda harus melakukan Langkah Sebagai Berikut :

  1. Buka Control Panel
  2. Pilih Hardware and Sounds
  3. Kemudian anda Masuk Ke Energy Saving Option
  4. Klik Menu Sebelah kiri item " Specify what happens When You Press the Power Button.
  5. Pada Tampilan layar Berikutnya kemudian aktifkan kunci " Enable Quick Start Item.
  6. Lalu simpan Perubahannya.

Menonaktifkan Program yang Berjalan Secara Otomatis

Hentikan paksa aplikasi endstak

Sering kali yang menyebabkan laptop dan Komputer mengalami Lambat Shutdown diakibatkan oleh adanya program atau aplikasi yang berjalan di latar belakang windows.

Biasanya ada beberapa aplikasi atau program yang berjalan secara otomatis segera lah non aktifkan program tersebut. Karena Bakal memperlambat Shutdown program Pc dan Laptop.

Biasanya Karena ram pada Laptop dan Pc terbatas sih, dan Banyaknya Sistem aplikasi yang terinstal di pc atau laptop anda, bisa juga menyebabkan lambatnya proses Mematikan sistem operasi windows pada pc dan Laptop.

Sebelum Melakukan Shutdown, usahakan beberapa program yang berjalan secara otomatis di latar belakang di Close dulu, Sehingga pada saat tiba waktunya mematikan ( Shutdown ) Pc dan laptop tidak lama - lama menunggu.

Untuk menonaktifkannya, anda tinggal membuka Task Manager dan lihat aplikasi / Program apa saja yang berjalan di latar belakang. Cek Monitor in real time and all processes running on the pc. Dan Cek Juga Performance pada Aplikasi yang berjalan melalui Task Manager.

Untuk menjalankan Task Manager anda bisa memilih Tombol Pintasan pada operasi windows ( Ctrl + Alt + Del ).

Defrag Disk

Merupakan salah satu yang bisa anda lakukan untuk melakukan percepatan shutdown laptop atau Pc anda pada sistem Windows. 

Untuk meningkatkan Kinerja perangkat Laptop atau Pc, maka melakukan defragment pada memori pc / Laptop anda. Karena pada dasarnya file-file dalam laptop atau Pc kadang tidak beraturan.

Karena kurangnya ruang penyimpanan, biasanya file sangat tersusun tidak beraturan. Fenomena ini disebut sebagai Fragmentasi dan Terutama mempengaruhi sistem File yang digunakan oleh sistem windows. 

Untuk melakukan defrag file anda bisa menggunakan aplikasi Baidu PC Faster, ada menu pilihan defrag file, Pilih penyimpanan data yang pengen di defrag ( D / E ) Lakukan centang dan jalankan defragnya.

defrag baidu terbaru 2022

Tunggu hingga beberapa saat, sampai warna file yang ada dalam laptop atau pc anda pada memori yang sudah di defrag sudah berwarna Biru semua.

Proses defrag file ini membutuhkan waktu yang lama, tergantung susunan file yang ada di dalam pc dan laptop anda. Sabar aja menunggu proses defrag selesai. 

Mungkin itu saja sih cara yang bisa anda coba untuk melakukan percepatan shutdown dan restart windows, Jika masih bermasalah, maka bisa jadi yang rusak memori pada pc atau laptop bisa pula  memori Ram yang bermasalah, segera saja bawa ke kounter terdekat yang bisa memperbaiki kerusakan pada bagian internal laptop atau Pc.

Post a Comment for "Cara Mempercepat Shutdown dan Restart Windows Tahun 2022"