Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Cara Kelola Keuangan Pada Masa Pandemi

Konten [Tampil]


Kebutuhan orang pada tiap bulannya bisa berbeda  beda antara kebutuhan orang yang satu dengan kebutuhan orang yang satunya lagi. Begitupun dengan kondisi keuangan tiap orang juga berbeda - beda.

Uang menjadi salah satu alat pembayaran yang sah buat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Tanpa uang tidak bisa kita membeli berbagai macam kebutuhan pokok. Oleh karena itu banyak orang yang mencari uang dengan cara bekerja atau berdagang.

Permasalahan kebutuhan pokok memang misteri sekali, kadang ada orang yang memiliki banyak sekali uang dan bisa dikatakan sebagai orang kaya, masih tetap saja mengutang atau terjerat hutang.

Beda halnya dengan orang yang biasa-biasa saja. kadang mereka inilah yang mampu mengendalikan pembelanjaan sehingga tidak banyak menghabiskan uang. yang terjadi mereka pun tidak terlilit Hutang piutang.

Kehidupan dalam sehari-hari yang dipenuhi berbagai macam kebutuhan dan keinginan seakan menjadi satu Sehingga bagi sebagian orang kadang sulit sekali mengendalikan keinginan ini, lalu nekat dengan menggunakan cara apapun untuk mendapatkanmu sekalipun dengan cara berhutang.

Sebenarnya jika anda kelola dengan baik keuangan yang dimiliki pada bulan ini dan bulan berikutnya, bisa jadi kebutuhan anda akan terpenuhi dan keinginan anda perlahan akan terpenuhi juga dengan melalui berbagai tahapan.

Lantas untuk mengelola keuangan dengan baik kami memiliki beberapa tips yang mungkin bisa anda terapkan  pada diri anda yang sudah berada pada dunia kerja :

Tips singkat dalam mengelola keuangan di masa pandemi

Untuk mengelola keuangan agar terhindar dari tidak cukupnya uang hingga akhir bulan, maka anda harus memperhatikan bagaimana pentingnya kebutuhan daripada keinginan.

Kebutuhan adalah sesuatu barang yang kita butuhkan, kita perlukan banget untuk menunjang dan mendukung di kehidupan kita, bisa baju kerja, sepatu kerja, atau kebutuhan lain yang memang sangat perlu buat diri kita sendiri maupun orang di sekeliling kita.

Sedangkan keinginan kadang kita cuma ngikutin tren yang sedang berlangsung pada satu masa, misal ada pakaian mahal yang viral di media sosial, maka anda langsung membelinya, Semua itu merupakan salah satu keinginan yang mungkin barangnya itu tak penting - penting amat. Cuma namanya aja gengsi pada pengen beli lah masa kaga hee.

Apalagi pada masa pandemi covid 19 ini banyak sekali orang yang kehilangan pekerjaannya, So. Bagi kalian yang masih kerja jaga keuangan dan kondisikan  mana kebutuhan dan mana keinginan atau bedakan dan sadar mana gengsi dan mana barang yang benar - benar butuh. Karena cari uang itu susah pada saat sekarang.

Nabung Kecil - Kecilan

Mungkin sudah jaman kakek nenek kita dulu, atau pas kalian sudah duduk manis di bangku sekolah dasar, pepatah “ Hemat Pangkal Kaya”. Pasti sudah melekat dalam kepala kita.

Menabung atau mengumpulkan uang secara perlahan merupakan salah satu agenda yang dapat anda lakukan dalam menghemat pengeluaran. Misalnya gaji anda 800000 per bulan maka sisihkan saja 10 Persen dari gaji anda setiap bulannya. Yang artinya anda bisa nabung 80 Perbulan jika dikalikan 12 Bulan maka hasilnya bakal banyak.

Menabung Kecil - kecilan

Jika ada uang kembalian kecil-kecil dan receh anda dapat membuat dan memasukkannya ke dalam tabungan tadi. Hal ini pun lama lama juga akan menjadi sebuah uang yang banyak.

Pada saat akhir tahun jangan lupa untuk melakukan pembongkaran uang tabungan, maka anda akan melihat sendiri hasilnya bagaimana. Insya allah bakal cukup untuk memenuhi keinginan yang tertunda.

Jangan Kebanyakan Gaya 

Jangan ikuti trend masa kini apabila anda memiliki gaji yang pas - pasan. Misalnya makan makanan di tempat yang mahal. Bepergian ke tempat yang lumayan mahal. Hal ini akan sangat mengganggu pola keuangan anda.

Biasanya orang yang mengikuti trend, memang mereka itu kerja yang intensitas cuannya itu mengalir terus ke rekening mereka wajar lah jika gaya dan kehhidupan mereka kerja d tempat enak.

Kita yang pas pasan harus selalu memperhatikan pengeluaran dan pemasukan apabila tidak maka bisa menyebabkan keuangan kita anjlok di masa depan sehingga sangat di sayangkan apabila uang yang dihasilkan dari kerja keras anda di habiskan begitu saja.

Sekian tips yang bisa anda lakukan apabila ingin mengumpulkan uang agar bisa hemat, dan kebutuhan tidak melebihi ambang batas wajar. Jaga selalu pola belanja mu , Agar keuangan anda Terjaga hingga akhir Bulan.

Post a Comment for "Tips Cara Kelola Keuangan Pada Masa Pandemi"