Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membeli Ponsel Bekas yang Tidak di Root

Konten [Tampil]
cara mmebeli ponsel tidak di rooting

Sekarang ini banyak sekali ponsel second yang telah beredar di pasaran, baik  yang dijual secara offline maupun secara online. penjualan ponsel bekas seringkali kita jumpai di toko-toko sekitar kita. Kebanyakannya ada yang jual menggunakan platform media sosial seperti instagram, facebook, youtube dan lain-lain.

Karena barang Bekas atau barang bekas, kadang kita tidak pernah memperhatikan lagi sistem yang ada pada ponsel pakaian tersebut. Bahkan sering kali pada saat kita membeli Ponsel Bekas, kadang mencoba menu-menu dasarnya saja tanpa menganalisa terlebih dalam.

Selain harganya relatif murah, biasanya barang ponsel bekas di jual bebas di pasaran. Hal ini menjadi salah satu jalan alternatif sebagian orang dalam membeli handphone dengan low budget. Hanya bermodal uang sejuta, dua juta atau hanya dengan uang Lima ratus ribu pun anda bisa dapat ponsel pakaian.

Sebenarnya banyak sekali ponsel bekas yang lebih murah lagi, cuma jika membeli ponsel pakaian yang lebih murah, takutnya tidak bagus dan lebih cepat daripada ponsel yang lainnya. Makanya orang rela membeli ponsel dengan harga yang sedang dan kondisinya masih layak pakai.

lantas jika anda ingin membeli sebuah ponsel bekas, ada beberapa tips yang harus anda perhatikan agar bisa menjadi acuan dalam membeli ponsel bekas. karena ponsel bekas banyak sekali beredar di pasaran.

Cek IMEI Ponsel


Hal yang utama dalam membeli ponsel bekas, anda bisa melakukan pengecekan IMEI. karena untuk melihat keabsahan ponsel tersebut berasal dari mana anda bisa melakukannya dengan melakukan pengecekan pada IMEI.

Nomor ini merupakan salah satu nomor seri Pada Ponsel kita, biasanya setiap kode IMEI akan terpampang siapa yang membuat dan merakit ponsel tersebut, asal mana Rakitan ponsel anda dan negara apa pembuatnya.

IMEI menjadi syarat wajib ponsel untuk di gunakan di setiap negara, tiap negara Imeinya Harus terdaftar , apabila tidak maka tidak bisa di gunakan di negara tertentu. Imei berfungsi sebagai ciri atau sertifikat sebuah ponsel.

Dengan mengetahui IMEI maka data yang ada di dalam ponsel akan kebaca di negara tersebut, selain itu IMEI di gunakan untuk mengaktifkan card seluler, sebuah ponsel. Pada saat ini sekarang sudah merata menggunakan IMEI sebagai acuan dalam mengaktifkan card seluler. Apabila sistem IMEI anda tidak terdaftar maka biasanya ponsel tidak bisa digunakan untuk mengaktifkan data, telponan dan mengirimkan sms.

Cek Status Rooting Ponsel


Root adalah salah satu cara memanipulasi sistem Ponsel agar bisa di instal, di gunakan atau di masukkan aplikasi tertentu, Mengubah sistem Rom pada Android dan lain-lain. Tindakan Routing merupakan salah satu tindakan mengubah sistem Handphone dan rawan Hacker / Pencurian data.

Ponsel yang di root kadang banyak beredar di pasaran, ponsel ini kadang terlihat biasa saja, bahkan seperti tidak terjadi apa-apa dalam sistemnya, namun pada saat menginstal aplikasi seperti dana, dan aplikasi keuangan lainnya maka akan terdeteksi rooting .

Biasanya jika anda ingin menelusuri ponsel tersebut mengalami Rooting atau tidak maka siapkan kuota atau bisa juga wifi yang sudah anda tethering di Ponsel yang pengen dibeli, Lalu Download aplikasi dana. jika menggunakan Root maka aplikasi dana tersebut tidak bisa di buka dan akan muncul pemberitahuan jika ponsel tempat menginstal aplikasi dana tidak aman karena ada tindakan rooting atau hacking.

Nah Untuk cara yang simple tanya aja ke penjual nanti si penjual akan memberitahu keadaan ponsel second tersebut, apakah sudah pakai Rooting atau belum.  Jika  penjualnya jujur maka ia akan memberitahukan keadaan ponsel yang sebenarnya.

Jika penjualnya berusaha membohongi anda maka ia akan memberitahukan kepada anda secara tidak jujur, kadang ia akan bilang bahwa ponsel tersebut tidak memakai root dan memakai rom original, pas anda coba eh ternyata sudah di root dan pada saat menginstal aplikasi dana atau aplikasi keuangan lainnya pun tidak diizinkan.

Bahaya menggunakan Ponsel yang telah di Rooting pada dasarnya adalah bisa membuat data anda bocor, atau bisa juga ada proses hacking pada data-data pribadi anda, termasuk password, kata kunci dan kode rekening bank anda.

Oleh karena itu anda perlu berhati - hati apabila mengkoneksikan data pribadi melalui handphone yang sudah di rooting, agar tidak kenapa-napa sebaiknya  anda tidak membeli Handphone yang sudah di rooting. Karena bahaya yang ditimbulkan lebih besar.

Pastikan Barang Masih Bagus Dari segi Fisik


Jika anda harus terpaksa membeli ponsel dengan Label " Bekas" maka berhati-hatilah anda dalam memilih fisik dan barang yang ingin di pinang. Lihat semua bagian ponsel, baik fisik maupun non fisiknya. Pastikan barang masih bagus dan fisik masih kuat.

Walaupun fisiknya tidak 100 Persen Bagus, namun paling tidak di atas 80% masih bagus, Dan jika anda membeli Iphone bekas maka pastikan juga baterainya masih di atas 85 %, karena biasanya permasalahan pada handphone iphone bekas adalah di daya " baterai".

Menanyakan dengan seksama kepada penjual tentang keadaan barang dengan jujur, Jika sudah pas dan sesuai dengan keinginan anda, maka bisa anda beli sesuai dengan budget di kantong. Jika anda membelinya Online maka jangan lupa untuk menanyakannya via  Kolom chat.

Dan yang terpenting adalah belilah Ponsel Bekas pada toko yang terpercaya, misalnya pada toko yang sudah memiliki nilai rating tinggi, atau sudah banyak orang yang mengulas toko tersebut. Karena percuma banyak pengikut atau banyak penjualan apabila banyak ulasan yang cacat dan perihal barang yang dikirim tidak sesuai pesanan Konsumen.

Itu saja sih tips - tips jika anda pengen banget membeli Ponsel Yang Bekas, jika ada tips lain yang mungkin menjadi pengalaman anda saat membeli Ponsel bekas bisa sharing di Kolom komentar ya.

Post a Comment for "Cara Membeli Ponsel Bekas yang Tidak di Root"