Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Punya Usaha F&B di Banyak Lokasi? Ini Tips Mengelolanya

Konten [Tampil]

usaha food and beverage terbaru

Food and Beverage atau kuliner kini menjadi sasaran usaha yang bisa dikatakan dapat berkembang dengan pesat. Banyak yang membuka usaha F&B dengan banyak cabang bahkan memilih ke ranah franchise. 

Jika bisnis F&B terdapat di banyak lokasi berjauhan bagaimana cara mengelolanya? Bagi Anda yang ingin terjun ke bisnis ini dan siap dengan modal besar, tidak ada salahnya untuk langsung membuka beberapa cabang. 

Namun sebelumnya kenali dulu bagaimana cara pengelolaannya. Supaya usaha Anda tetap bisa maju dengan lebih cepat. 

Tips Pengelolaan Bisnis F&B dengan Banyak Lokasi 

Kompetisi dalam bisnis F&B tidaklah mudah, semakin banyak orang yang berani berinovasi dengan produk kuliner yang unik. Anda perlu mengikutinya dengan cermat sehingga tidak kalah dengan usaha pesaing. 

Khususnya jika ingin langsung membuka beberapa gerai di tempat berbeda. Supaya target pasar lebih luas, membuka banyak gerai adalah salah satu cara yang jitu. Strategi ini juga harus diimbangi dengan manajemen yang tepat. 

Supaya Anda tidak salah langkah dalam berbisnis F&B, berikut ini beberapa tips untuk mengaturnya. 

1.Terus Memantau dengan Rutin

Pemantauan secara rutin secara jarak jauh kini bisa Anda lakukan berkat adanya internet. Anda bisa tahu real time penjualan atau transaksi hanya dengan menggunakan aplikasi kasir saja. Majoo adalah salah satu pilihan aplikasi terbaik yang bisa diandalkan. 

Paket mesin kasir Majoo juga telah tersedia untuk dipasang langsung di setiap gerai F&B. Mesin kasir online ini terintegrasi menggunakan cloud sehingga bisa diakses langsung oleh owner kapan saja. 

Selain itu Anda tidak perlu bingung soal laporan, Majoo menyediakan sistem laporan yang lengkap setiap hari hingga bulanannya. Pemantauan kemajuan bisnis F&B bisa langsung diketahui dengan sekali login saja. 

2.Menciptakan SOP

Apakah Anda sudah menetapkan Standar Operasional Prosedur bagi para karyawan? Adanya SOP ini sangat penting supaya pelayanan serta produksi produk makanan tetap terjaga. 

Anda tidak mungkin bukan untuk mengawasi semua gerai setiap saat? Oleh karena itu dengan berpegang pada SOP maka operasional akan lebih baik. Fungsi SOP ini juga besar untuk melatih karyawan yang baru masuk. 

Dalam membuat SOP Anda tidak boleh sembarangan. Buatlah sedetail mungkin untuk setiap tugas berbeda. Misalnya saja seperti greeting, persiapan memasak atau cara menyajikan. Semua harus ditulis dengan detail dan mudah. 

3.Memilih Tim yang Dapat Dipercaya

memilih team yang hebat dalam usaha

Keterbatasan Anda dalam mengawasi setiap cabang harus diatasi dengan mempercayakannya kepada tim. Oleh karena itu sejak awal Anda membutuhkan supervisor atau manajer yang membawahi satu gerai atau cabang. 

Percayakan tugas memajukan gerai kepada tim yang sudah dipimpin oleh manajer atau supervisor tersebut. Pastikan mereka paham betul visi misi perusahaan dan SOP. Pilih orang yang jujur dan berkompeten di bidangnya. 

Adanya tim yang dapat dipercaya mengelola gerai atau cabang F&B milik Anda tentu akan memudahkan Anda dalam mengelola bisnis. Tanpa mereka Anda tidak bisa memantau apalagi mengembangkan. 

4.Temukan Metode Memecahkan Masalah dengan Efisien

Setiap gerai tentu akan memiliki masalahnya masing-masing, apalagi Anda membuka toko di tempat yang berbeda-beda. Mulai dari masalah pemasaran, pelayanan atau masalah lainnya. Supaya semua permasalahan dapat dipecahkan Anda bisa menciptakan metode khusus. 

Misalnya alur pemecahan masalah perlu dilakukan dengan melaporkan ke pihak tertentu. Bisa juga menciptakan metode pemecahan masalah yang bisa dilakukan langsung oleh manajer atau supervisor. 

Hal ini sangat penting adanya untuk membuat operasional F&B tetap berjalan dengan lancar. Sehingga ketika terjadi permasalahan yang sama di beberapa gerai semua bisa dipecahkan dengan cepat. 

5.Melakukan Kunjungan dengan Rutin

Memiliki usaha di beberapa tempat bukan berarti Anda bisa lepas tangan. Penting untuk menjadwalkan kunjungan secara rutin di setiap gerai. Tujuannya adalah untuk memantau secara langsung berdasarkan laporan yang didapatkan. 

Anda bisa membuat kunjungan rutin atau mendadak untuk mengecek kesiapan karyawan. Dari sana Anda bisa tahu betul bagaimana kondisi gerai dan bagaimana kepuasan konsumen. Apabila terdapat masalah Anda bisa turut menyelesaikannya. 

Kini manajemen beberapa usaha F&B dengan banyak cabang tidak sulit dilakukan. Anda bisa dengan tenang memantau sekaligus memajukan usaha.

Post a Comment for "Punya Usaha F&B di Banyak Lokasi? Ini Tips Mengelolanya "