Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Persiapan Orang Tua dalam Menyambut Pembelajaran Tatap Muka dengan Ruangbelajar

Konten [Tampil]

cara membantu anak menghadapi pembelajaran tatap muka

Pandemi Covid 19 memaksa sekolah diliburkan, sudah lebih setahun sekolah diliburkan akibat adanya pandemi covid 19. Anak-anak sekarang lebih banyak belajar di rumah atau belajar daring di rumah ketimbang di sekolah.

Dampak Terlalu lama belajar di rumah pun sudah sangat terasa,penurunan kualitas dan pemahaman anak terhadap pembelajaran yang diberikan oleh guru melalui daring sudah sering terjadi.

Belum lagi tugas yang dikirimkan melalui handphone, atau melalui pesan singkat whatsapp ke handphone peserta didik tidak serta merta mereka yang mengerjakan sendiri tugasnya, Sebagian besar yang menyelesaikan pekerjaan sekolah daring dikerjakan oleh orang tua siswa yang mungkin lebih mengerti dan memahami tugas tersebut.

Alhasil anak pun akan semakin bermalas-malasan sambil memainkan game yang ada di smartphone android, karena tugas yang diminta oleh guru sudah selesai dikerjakan oleh orang tua tanpa campur tangan anaknya.

Inilah yang banyak terjadi, apabila pembelajaran di rumah kerap sekali dilakukan, Belum lagi sikap dan watak orang tua pasti berbeda antara yang satu dengan orang tua yang lainnya.

Jika anak kedapatan dengan orang tua yang tidak bisa mengontrol emosinya dan sering memarahi anak apabila keliru melakukan sesuatu, maka anak pun akan tertekan. Ketika ada tugas daring yang tidak selesai di kerjaan anak maka orang tua tersebut akan marah dan mengancam mental anak dirumah.

Mengacu beberapa permasalahan tersebut, pemerintah berencana akan membuka pembelajar tatap muka secara bertahap di bulan juli. Beberapa daerah yang kasus Covid 19 nya melandai bisa menerapkan pembelajaran tatap muka dengan protokol kesehatan yang ketat.

Oleh karena itu  para siswa diperbolehkan sekolah dengan protokol kesehatan yang ketat pada saat bulan juli nanti, di sebagian wilayah di Indonesia yang sudah siap membuka pembelajaran tatap muka.

Pembelajaran Tatap Muka Setelah Pandemi

Banyak orang tua siswa yang mengharapkan pembelajaran tatap muka di buka kembali di sejumlah sekolah, Hal ini pun semakin mendorong kesiapan pemerintah dan dinas pendidikan terkait untuk segera membuka pembelajaran tatap muka di sekolah dengan menggunakan protokol kesehatan yang ketat.

Jadi Kemungkinan besar perbedaan cara belajar, cara berpakaian dan cara bergaul akan jauh sangat berubah sebelum pada masa pandemi. Karena siswa dituntut untuk selalu menggunakan masker, menjaga jarak antara orang satu dengan yang lain minimal 1 meter.

Belum lagi jadwal dan jam pelajaran yang akan dipangkas hingga beberapa jam saja, untuk menghindari kerumunan dan interaksi lebih lama di sekolah, jadi pemangkasan jam pelajaran ini menjadi tantangan tersendiri bagi siswa dan pendidik.

Hal ini dilakukan agar pembelajaran tatap muka di sekolah tetap dilaksanakan, dan untuk mencegah penyebaran covid 19 maka berbagai macam protokol kesehatan di jalankan, dan tiap sekolah yang akan menerapkan pembelajaran tatap muka wajib untuk menyiapkan alat dan bahan protokol kesehatan.

Jadi pembelajaran sekolah setelah pandemi ini sangat berbeda sekali, baik pemerintah, siswa, dan orang tua harus senantiasa siap dan siaga dalam masa pandemi ini.

Kemampuan Anak Memulai Pembelajaran Tatap Muka

Pembelajaran tatap muka mungkin akan  menjadi hal yang paling di tunggu-tunggu baik siswa maupun orang tua, Mungkin kejenuhan belajar di rumah dirasa sudah cukup. Oleh karena itu maka sudah seyogyanya anak mulai menata dan kembali ke sekolah.

Namun Penurunan kemampuan anak wajar terjadi, Hal ini dikarenakan sudah hampir satu tahun mereka belajar dari rumah. Ditambah lagi pembelajaran di sekolah pada masa pendemi sudah pasti berbatas jam nya, sehingga pendidik tidak sepenuhnya bisa menyampaikan materi kepada peserta didik seperti sebelum pandemi.

Kemungkinan besar ruang gerak pendidik dan siswa akan terbatas, karena memang mengacu pada peraturan di sekolah tidak boleh berlama - lama dan jam pelajarannya pun di pangkas. Al hasil orang tua memiliki peran penting dalam mengantarkan anaknya ke jenjang pemahaman materi di sekolah.

Bantu Anak Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka

Orang tua sebagai tumpuan garda paling depan terhadap pendidikan anak seharusnya mendorong, mendukung anak untuk bersekolah tatap muka. dalam memberikan dukungan kepada anak seharusnya orang tua memberikan solusi terbaik untuk anak pada masa pandemi ini.

Keterbatasan waktu Guru dalam memberikan pelajaran di sekolah pada masa pandemi seharusnya dibarengi dengan dukungan orang tua dalam memberikan pelajaran tambahan buat anak selama dia berada di rumah .

Orang tua bisa mendaftarkan anak di salah satu layanan belajar online terbaik pada masa kini. Sebagai dukungan orang tua untuk anaknya maka seyogyanya mereka harus mampu memberikan pelayanan terbaik buat anaknya.

Karena kadang kemampuan orang tua juga terbatas dalam hal penyampaian beberapa materi yang dipelajari anak. Dengan adanya les tambahan dan materi tambahan yang bisa di akses secara online, maka orang tua tinggal mendaftarkan dan kasih materi atau pelajarannya kepada anak, sesuai dengan kemampuan dan kelas yang di ampunya.

Bentuk peduli dan bantuan terhadap anak dalam mendorong agar dia mudah memahami pelajaran sehingga dia memahami apa yang disampaikan di sekolah dan mendapatkan pembelajaran terbaik selama di rumah.

Ruang Belajar dapat  Membantu Anak Belajar Lebih Giat

tampilan depan ruang belajar

Ruang Belajar merupakan salah satu layanan belajar online yang diperuntukkan bagi siswa dan siswi yang ingin menambah pemahaman materi yang diberikan di sekolah atau di tempat yang lain.

Fitur yang disediakan ruang belajar pun sangat menarik, dengan paduan belajar tatap muka dan daring maka anak akan semakin mantap dalam memahami pembelajaran, DI samping itu dengan adanya layanan ini, anak pun kurang bermain game.

Layanan belajar Online yang disediakan oleh ruang guru ini memiliki nilai manfaat yang signifikan bagi perkembangan belajar anak selama masa pandemi. Pengetahuan anak bisa diasah dan bertambah hanya dengan mengikuti kelas ruang belajar sesuai kelas dan kemampuan nya.

Fitur Asik Ruang Belajar

fitur asik ruang belajar

Fitur yang terdapat di ruang belajar pun sangat asik sekali, Adanya ketersedian materi yang lengkap sesuai kelas apa kalian mengambil. Selain itu ada lagi materi yang bisa dipelajari kapanpun anda mau. Bahkan dalam ruang belajar juga tersedia materi lengkap dan banyak kelas.

Fitur lain anda bisa menemukan berbagai macam soal dalamnya, karena ruang belajar menyediakan banyak sekali bank soal untuk anak, yang sesuai dengan kemampuannya. Jadi jangan takut kehabisan soal buat latihan pembelajaran.

Tingkat kepuasan mengikuti bimbel online ruang belajar sudah terjamin, karena sudah banyak orang tua dan anak yang menggunakan layanan ini. Sehingga anda pun perlu mencobanya sebagai salah satu layanan online buat belajar secara daring.

Bisa jadi dengan menggunakan layanan ruang belajar ini maka nilai anak anda akan naik, asalkan belajar dengan rutin dan sungguh-sungguh. Mulai saja berlangganan dulu selama beberapa bulan, karena jika tak mencoba fiturnya kan tidak tahu rasanya.

Jangan takut kehabisan kuota, karena materi yang ada di ruang belajar bisa anda download dengan mudah, sehingga anak anda bisa belajar secara offline dan kapanpun saja. Bahkan banyak sekali materi yang tersedia di dalamnya lho.

Tatap Muka Bukan Hal yang Horor

Tatap muka bukanlah hal yang horor dan tak perlu ditakutkan, kemampuan anak bisa kita tingkatkan dengan latihan dan belajar secara online.Bahkan anak bisa mendapatkan lensa tambahan secara online kapanpun dan dimanapun berada dengan mengikuti program ruang belajar.

Karena keterbatasan jam pelajaran pada saat tatap muka, kemungkinan besar pendidik hanya menyampaikan beberapa intisari pelajaran saja tanpa menjelaskannya terlalu rinci, maka orang tua pun harus berperang sangat aktif dalam mendorong pembelajaran anak selama masa pandemi. Jangan takut, karena pandemi bukan sesuatu yang horor.

Perlahan anak pun mulai dilatih dengan berbagai macam latihan online, mulai belajar, mencari materi pelajaran mencari soal berlatih soal dan masih banyak lagi yang mungkin bisa menjadikan anak anda lebih paham pelajaran di sekolah sesuai dengan tingkatannya masing - masing.

Anak siap Sekolah Tatap Muka

Karena sudah mendapatkan les secara online dan kesiapan anak belajar tatap muka pun lebih mantap, Tak ada lagi rasa takut akan ketinggalan materi pembelajaran. Atau tak ada lagi anak merasa takut tidak bisa menghadapi pelajaran.

Kesiapan anak sekolah tatap muka pun menjadi tugas kita bersama selama pandemi ini masih ada, tetap menjaga protokol kesehatan itu adalah kunci utama dalam setiap kegiatan. Semoga artikel ini bermanfaat buat kalian, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Post a Comment for "Persiapan Orang Tua dalam Menyambut Pembelajaran Tatap Muka dengan Ruangbelajar"