Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Permainan Tradisional Terkenal di Kalimantan Selatan

Konten [Tampil]

permainan tradisional Kalimantan Selatan

Nostalgia Jaman dulu Memang pada dasarnya merupakan salah satu pikiran kita untuk mengenang masa lalu, masa dahulu yang mungkin pada saat ini sudah berubah keadaannya.

Zaman dulu sangat jauh berbeda dengan zaman sekarang, Moralitas anak-anak belum di racuni dengan game dan Sosial media yang tidak karuan. Kehidupan harmoni dan Game orang zaman dulu tak secanggih sekarang.

Walaupun Anak-anak jaman dulu memainkan permainan Tradisional , namun semangatnya selalu ada dan tetap berkembang hingga memunculkan sosialisasi antara teman yang satu dengan teman yang lain.

Hampir orang - orang zaman dahulu masih mengandalkan kesederhanaan dan semangat sosial yang tinggi, hampir di seluruh Indonesia bahkan mancanegara. Mereka akan selalu memiliki inovasi buat menjadikan bahan apa saja menjadi sebuah Permainan.

Di Provinsi Kalimantan selatan, atau di tanah banjar banyak sekali permainan - permainan tradisional yang bisa anda coba untuk di mainkan dengan teman atau dengan orang lain sesama teman sejawat.

Berikut ini Permainan Tradisional Kalimantan Selatan yang Masih Bertahan

Anda ingin mengetahui permainan khas Kalsel yang masih bertahan hingga sekarang masih dimainkan dan melekat di masyarakat pedesaan berikut daftarnya :

Balogo

Merupakan salah satu permainan Tradisional pada zaman dahulu yang dimainkan dengan cara memukul benda yang diberi nama Logo.

Balogo merupakan salah satu permainan yang dimainkan dengan Logo yang dipukul menggunakan stik atau penampak/ cacampak dan Logo. Sehingga Logo terlempar jauh ke arah musuh atau mengenai Musuh dengan tepat.

Logo biasanya terbuat dari tempurung Kelapa dengan Garis Tengah 5-7 Cm dan Tebal 1-2 cm. Bentuk Logo bisa bermacam-macam, Ada yang berbentuk layang layang, ada yang berbentuk segitiga atau ada juga yang berbentuk bidawang ( Bulat Pipih ).

Biasanya masyarakat Kalimantan Selatan Memainkan Logo di desa-desa yang bertujuan untuk menyemarakkan dan memperingati segala bentuk perayaan hari besar seperti,  Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Perlombaan antar desa dan Hari - Hari penting lain.

Berbagai macam kalangan orang yang memainkan permainan Balogo ini, biasanya dimainkan anak-anak pada saat waktu senggang, namun Seiring perkembangan zaman, Banyak orang tua yang memainkannya sebagai salah satu bentuk pengenalan kepada anak-anak zaman sekarang.

Permainan balogo memang sangat seru dimainkan pada saat sore hari, Karena permainan ini di luar lapangan dan memerlukan lahan yang cukup luas, oleh karena itu maka usahakan cari tempat yang lapang agar para penonton bisa melihat dengan jelas bagaimana permainan Balogo Ini.

Balampau An

Balampau-an Atau yang juga disebut sebagai Buat ' Rumah -rumahan". Merupakan kegiatan dana permainan yang sering dilakukan anak-anak usia dasar. belampauan ini biasanya kegiatan membuat rumah - rumahan kecil pada sebuah  tempat arena bermain.

Biasanya mereka akan bermain belampauan sambil masak-masakan. Di mana mereka akan membuat Rumah dari batang " rumbia".  yang sudah kering dan tidak terpakai lalu disusun menjadi sebuah rumah-rumahan kecil dan di kasih atap agar tahan Hujan.

Permainan Balampau-An ini mulai Punah, karena anak-anak zaman sekarang sudah mulai terpengaruhi dengan Gadget yang diberikan padanya, Hanya sebagian anak saja lagi yang memainkannya. Misalnya anak-anak pedalaman yang mungkin hutannya masih asri dan banyak pohon " Rumbia".

Bapantun

Bapantun merupakan salah satu permainan yang mungkin bukan ada di kalsel saja namun di daerah lain juga banyak terdapat. Bapantun biasanya dimainkan oleh anak remaja baik di desa maupun di perkotaan.

Bapantun merupakan salah satu permainan balas membalas pantun, baik pantun jenaka, pantun sindiran, pantun nasehat dan pantun-pantun lain. Tujuan permainan ini untuk mengasah skill bapantun atau membuat pantun dalam sekejap.

Bapantun biasanya dimainkan pada saat berteman atau banyak taman yang terkumpul pada suatu tempat, karena Budaya pantun sudah lekat pada masyarakat Kalimantan selatan, maka sering balas membalas Pantun itu sesekali dimainkan untuk menghibur orang lain.

Selain permainan-permainan di atas masih banyak lagi sebenarnya permainan lain yang sering dimainkan oleh rakyat Kalimantan selatan, hanya saja permainannya hampir sama saja dengan daerah Lain. Karena permainan Yang benar-benar khas Kalimantan selatan hanyalah Permainan " BALOGO" yang sering dimainkan pada acara-acara besar di kalimantan selatan, sekian informasi ini kami ulas semoga ada manfaatnya buat kalian.

Post a Comment for "Permainan Tradisional Terkenal di Kalimantan Selatan"