Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gejala Radang Amandel Serta Cara Mengobatinya

Konten [Tampil]

gejala radang amandel dan cara mengobatinya

Permasalahan di mulut yang menyebabkan aktivitas kita tidak nyaman kadang bermacam - macam. Mulut menjadi salah satu alat atau organ kita yang memiliki fungsi sebagai salah satu alat keluar masuknya makanan.

Mulut merupakan organ yang ada pada makhluk hidup dan memiliki peranan penting buat makan, untuk mencukupi kebutuhan energi manusia sehingga cukup untuk beraktivitas seharian.

Karena pentingnya Mulut atau yang biasa disebut sebagai rongga mulut, Maka sebagai manusia yang bersyukur pantas kita jaga agar selalu sehat dan tetap bersih, paling tidak dengan cara berkumur - kumur sehabis makan dengan air bersih.

Karena mulut merupakan salah satu lorong masuknya berbagai macam kuman dan bakteri kedalam tubuh, maka patut bagi kita untuk selalu menjaga kondisi lingkungan agar  selalu bersih, karena lingkungan yang kotor banyak sekali bakteri berkeliaran.

Salah satu penyakit yang sering terjadi dan menyerang area sekitar mulut kita adalah penyakit radang. Biasanya yang terserang itu adalah tenggorokan dan amandel,  yang biasa disebut sebagai radang tenggorokan dan radang amandel.

Radang tenggorokan bisa disebabkan dari berbagai macam faktor, salah satunya adalah akibat dari keadaaan mulut kita kurang bersih dan Terlanjur dimasuki kuman atau bakteri sehingga menyebabkan tenggorokan menjadi meradang.

Banyak faktor yang menyebabkan tenggorokan kita meradang, seperti terjadinya infeksi virus, infeksi bakteri dan reaksi tubuh terhadap adanya alergi. Biasanya orang yang mengalami radang tenggorokan akan merasakan sakit pada saat menelan, sakit tenggorokan dan demam.

Berbeda Pula dengan radang amandel, Radang ini terjadi pada dua kelenjar kecil yang ada pada tenggorokan, biasanya dua kelenjar kecil ini akan membesar atau terasa sakit apabila terjadi peradangan.

Paling Umum radang amandel ini menyerang anak-anak. Mereka sering kali terserang radang amandel karena sistem kekebalan tubuh anak-anak masih lemah.  Pada dasarnya amandel  merupakan kelenjar yang mencegah terjadinya infeksi semakin tua seseorang maka semakin kuat kekebalan tubuhnya , oleh sebab itu maka ketika kita sudah tua sangat jarang terserang radang amandel.

Gejala Radang Amandel

Biasanya peradangan ini akan pulih dalam waktu yang singkat sekitar 3 sampai 4 hari tergantung kondisi peradangan yang diderita kita, dan akan menimbulkan gejala mual, batuk dan timbul nya sakit kepala hingga demam, Makanya apabila anak anda rewel akibat adanya peradangan ini wajar saja karena sesuai dengan gejala yang ditimbulkan.

Gejala yang sering muncul pada anak-anak pada saat terkena radang amandel ini antara lain, berupa menolak untuk makan, mengeluarkan air liur terus menerus, dan terasa sakit pada saat menelan makanan. 

Jika Gejala radang amandel ini begitu meresahkan dan membuat anak anak menjadi rewel, maka usahakan untuk menenangkannya dengan menidurkannya atau menenangkannya dengan cara di belai sayang.

Penyebab Terjadinya Radang Amandel

Biasanya radang amandel disebabkan oleh virus dan bakteri yang masuk melalui mulut kita, atau mulut kita tidak bersih sehingga mudah sekali dimasuki oleh kuman penyakit,.

Penularan bakteri dan viru bisa saja terjadi akibat dari kontak langsung dengan memegang permukaan yang telah terkontaminasi bakteri dan virus sehingga masuk ke dalam mulut dan menyebabkan peradangan.

Atau Bisa juga karena lingkungan yang kotor dengan kontaminasi udara yang sangat kotor sehingga terdapat berbagai macam virus, pada saat kita menghirup udara tersebut maka virus akan masuk melalui hidung dan mulut sehingga bisa juga menyebabkan peradangan.

Jenis Virus penyebab Radang amandel antara lain

  • Rubeola, adalah Virus penyebab campak yang menyebabkan radang amandel juga
  • Adenovirus merupakan salah satu virus penyebab diare 
  • Enterovirus yang merupakan penyebab virus penyakit mulut kaki dan tangan serta mengakibatkan amandel
  • Influenza merupakan virus yang menyebabkan flu dan menimbulkan amandel
  • Rhinovirus yang merupakan penyebab pilek serta akan mengakibatkan peradangan amandel

Cara mengobati radang amandel

Jika anda memiliki radang amandel atau terkena peradangan ini maka sebaiknya di obati sesuai dengan anjuran Dokter, atau periksakan ke pos pelayananan kesehatan terdekat, karena masalah peradangan ini tidak ada obat khusus pun anda bisa membeli obat pereda nyeri di toko-toko terdekat.

Dalam melakukan pengobatan radang amandel anda harus memiliki pengetahuan mengenai dosis yang diberikan dan petunjuk yang didapatkan baik dari dokter maupun dari petugas pelayanan kesehatan yang telah menyarankan obat nya tersebut. Jika ragu-ragu anda bisa berkonsultasi dengan dokter agar terhindar dari kesalahan obat dan efek samping yang tak diinginkan.

Disamping mengobatinya anda juga bisa mencegah radang amandel agar tidak terkena penyakit ini , cara mencegahnya antara berikut  adalah :

  1. Menjaga kebersihan mulut dan selalu menggosok gigi dengan baik
  2. Berkumur dengan air garam untuk membersihkan mulut dari berbagai macam kotoran
  3. Rajin Minum air putih yang sudah dimasak dengan suhu di atas 100 derajat celcius
  4. Menerapkan pola makan yang sehat agar tidak mudah terserang penyakit

Selain itu ada pula jus atau minuman yang dipercaya sebagai salah satu yang menyebabkan peradangan amandel membaik atau sembuh lantas berikut minumannya :

Jus Jeruk Nipis

Jus Jeruk Nipis mengobati peradangan amandel

Jus jeruk nipis atau lemon memiliki sifat antivirus atau mencegah virus bersarang di badan kita, jeruk nipis berguna sebagai salah satu obat atau minuman untuk meredakan peradangan amandel di dalam mulut.

Kandungan vitamin C yang ada di dalam buah jeruk nipis begitu tinggi dapat meningkatkan daya tahan tubuh  melawan berbagai macam infeksi virus dan bakteri yang bersarang di dalam tubuh.

cara mengolah jeruk nipis menjadi jus atau minuman sehat :

  • Siapkan segelas air hangat yang sudah bersih
  • Lalu tambahkan perasan 1 buah jeruk nipis atau bisa juga dua buah jeruk nipis dan lemon
  • Tambahkan sedikit garam lalu dua sendok teh madu dan aduk rata, setelah itu maka minum airnya dech.

Buah ara Penyembuh Amandel

Buah ara atau buah Tin merupakan salah satu buah yang membantu menyembuhkan penyakit amandel, buah ini memiliki kandungan Lendir Mucilage yang tinggi sehingga dapat menghilangkan sakit dan nyeri akibat peradangan, bahkan radang tenggorokan dan amandel bisa berkurang pada saat kita mengkonsumsi buah - buahan ini.

Caranya :

  • Rebuslah tiga buah ara kering atau segar menggunakan air bersih
  • Masak, kemudian ambil dan haluskan buahnya
  • Setelah itu tambahkan  satu sendok madu asli ke dalam air tadi dan komsumsilah dua atau tiga kali sehari selama beberapa hari

Buah Jambu Biji

Jambu Biji bisa kita gunakan untuk membuat jus untuk menyembuhkan radang amandel. Jambu biji kaya akan kandungan vitamin C yang sangat tinggi, Oleh karena itu maka jambu biji dipercaya sebagai buah yang bisa menyembuhkan banyak penyakit.

Karena kandungan Vitamin C yang begitu tinggi sehingga dapat dipercaya bisa menyembuhkan radang amandel dengan cepat,  jika anda ingin mencobanya maka bisa diolah menjadi jus jambu biji

  • Kupas satu buah jambu biji matang yang sudah dibersihkan
  • Potong kecil - kecil jambu yang telah dikupas tadi
  • Kemudian masukkan kedalam blender yang sudah diisi berbagai macam potongan jambu biji jangan lupa menambahkan sedikit air bersih buat mempermudah melunakkan jambu biji ketika di blender
  • Anda pun bisa menambahkan dua potong es batu dan sedikit gula agar rasa jus semakin mantap
  • Lalu blender hingga halus dan membentuk sebuah jus jambu biji.
  • Konsumsilah minuman ini sampai dua kali sehari atau sesuai keperluan anda, sehingga daya tahan tubuh meningkat dan peradangan amandel membaik.

Jus buah nanas

Mungkin cara yang lebih tepat dalam menyembuhkan amandel dengan buah adalah dengan buah nanas,  namun  efeknya tidak langsung , buah nanas dipercaya memiliki nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Seperti adanya enzim bromelain yang memiliki sifat anti inflamasi tugasnya adalah untuk mengurangi iritasi dan peradangan di dalam tubuh manusia, selain itu nanas mengandung vitamin c yang dapat membantu menguatkan kekebalan tubuh,.

Anda bisa  mengkonsumsi buah nanas segar dengan cara dikupas secara langsung dan memakannya, atau bisa juga dibuat menjadi jus nanas agar lebih segar lagi. Anda bisa membuat jus nanas dengan cara seperti ini :

  • Potong kecil - kecil daging nanas dan letakkan di tempat bersih
  • Masukkan air secukupnya dalam blender
  • lalu nyalakan blender dengan perlahan 
  • Blender nanas sampai tidak ada lagi potongan potongan daging nanasnya 
  • Sajikan dengan es batu secukupnya agar tambah segar

Jus nanas dapat membantu meringankan beban bagi orang yang terkena perdagangan amandel, sehingga jus ini dipercaya sebagai salah satu sebab penyembuh peradangan amandel.

Peradangan amandel sangat mengganggu aktivitas kita sehari-hari apalagi pada saat kita makan atau kegiatan menelan makanan, sakit rasanya apabila amandel meradang, oleh karena itu kita harus menjaga kesehatan kita agar tidak terkena peradangan.

Sampai disini saja artikel mengenai pencegahan peradangan amandel, semoga tulisan ini dapat membantu pembaca dalam mengatasi permasalahan penyakit amandel yang menyerang diri anda, semoga kita selalu sehat dan tidak terserang penyakit amandel lagi.

Post a Comment for "Gejala Radang Amandel Serta Cara Mengobatinya"