Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Catat, Ini Dampak Buruk Jika Tidak Segera Update Software Komputer

Konten [Tampil]

 


Baik itu smartphone atau komputer perlu yang namanya update software. Ada banyak manfaat dari pembaruan perangkat lunak yang kamu lakukan secara rutin. Semua masalah yang mungkin saja sering dialami saat mengoperasikan ponsel akan teratasi dengan mudah.


Hanya saja tak jarang yang malas untuk update software. Merasa nyaman dengan kinerja dari komputer saat ini, lantas mengabaikan notifikasi yang muncul saat kamu seharusnya software di update. Tentu saja hal ini adalah kesalahan besar yang berdampak buruk.

Dampak yang Muncul Jika Tidak Memperbaharui Sistem Komputer

Banyak sekali yang akan diperbaharui pada software komputer, terutama untuk urusan fitur yang tersedia. Cara untuk update software pun sebenarnya sangat mudah karena kamu hanya perlu mengikuti notifikasi yang muncul.

Setiap komputer akan bekerja mengingatkan penggunanya untuk segera update sistem sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Jika kamu tidak sempat untuk update saat itu juga kamu bisa tekan ‘ingatkan saya nanti’ sehingga software bisa diupdate sesuai dengan waktu luang yang kamu miliki.

Biasanya update software komputer membutuhkan waktu beberapa menit dan harus terhubung dengan jaringan internet. Begitu juga saat update sistem pada android, perangkat kemudian akan restart agar sistem kembali seperti baru.

Lalu apa saja dampak buruknya jika kamu menganggap remeh update software ini? Tentunya berdampak pada kinerja perangkat. Berikut ini dampak buruk yang seharusnya segera diatasi.

Komputer akan bekerja dengan sangat lambat

Kamu yang terbiasa dengan kinerja cepat akan merasakan bahwa komputer berubah menjadi lelet. Hal ini bukan disebabkan oleh memori yang penuh atau spek menurun tetapi karena kamu tidak update software.

Sistem yang sudah di update akan bekerja dengan lebih cepat. Sistem operasi mendapatkan beberapa fitur baru yang membuat kinerja komputer semakin cepat dan lancar. Jadi jika kamu tak ingin bekerja dengan komputer lelet sebaiknya segera update jika muncul notifikasi.

Data yang tersimpan tidak aman

Bagi kamu yang bekerja menggunakan laptop atau pc di kantor, perawatan seperti update software dibutuhkan. Jika tidak dampaknya akan berbahaya bagi data yang sudah kamu simpan selama ini.

Alasannya, software yang sudah di update akan memiliki fitur keamanan yang lebih canggih. Setiap saat selalu muncul malware versi baru yang harus dilawan dengan sistem keamanan perangkat yang baru pula. Oleh karena itu penting melakukan update untuk meningkatkan keamanan.

Baterai laptop akan cepat habis

Percaya tidak percaya kamu yang menggunakan laptop jarang diupdate pasti akan merasakan baterai lebih cepat habis daripada sebelumnya. Penyebabnya adalah sistem bekerja dengan sangat keras sehingga menghabiskan banyak daya.

Berbeda dengan laptop yang rutin di update softwarenya mendapatkan banyak pembaharuan. Sistem dapat bekerja dengan lebih ringan sehingga kamu tidak akan kehabisan lebih banyak daya baterai.

Komputer akan lebih cepat rusak

Baterai boros belum lagi kamu akan bekerja dengan sangat lambat. Hal ini akan membuat komputer lebih cepat panas. Mesin yang dipaksa bekerja karena sistemnya berat membuat komputer mudah rusak.

Bahkan hal ini juga bisa terjadi pada hp kamu yang sering diinstal berbagai macam aplikasi. Jika kamu banyak menggunakan program pada komputer maka resiko kerusakan akan semakin besar.

Bagi kamu yang menggunakan komputer sebaiknya rawatlah dengan baik. Update sistem ini adalah salah satu langkah perawatan yang tak boleh dilewatkan. Selain melakukan update ada beberapa perawatan komputer lainnya yang harus diperhatikan sebagai berikut:

Update antivirus

Perangkat lunak yang sudah diupdate memiliki sistem keamanan baru, namun kamu juga perlu menambahkan antivirus. Jangan lupa antivirus juga harus terus diupdate agar bekerja optimal.

Manajemen aplikasi

Kamu juga perlu rutin untuk menyeleksi kembali mana saja aplikasi komputer yang sering digunakan dan tidak. Hapus yang tidak digunakan untuk membuat memori komputer lebih lega.

Pergunakan software original

Demi mengatasi permasalahan dalam penggunaan software, sebaiknya gunakan perangkat lunak yang asli. Sehingga jika kamu mengalami masalah dengan sistem akan lebih mudah untuk memperbaikinya.

Nah inilah dampak buruk yang harus diperhatikan bagi kamu yang menggunakan komputer dengan rutin. Jika ingin perangkat ini bertahan lebih lama segera update sistem.

Post a Comment for " Catat, Ini Dampak Buruk Jika Tidak Segera Update Software Komputer"