Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Mengatasi Gmail Sudah Penuh

Konten [Tampil]

ruang Penyimpanan Penuh Gmail Tidak Bisa Kirim Pesan

Gmail merupakan bagian yang paling penting dalam dunia digital pada masa sekarang ini, Gmail merupakan salah satu pengelola pesan elektronik yang dimiliki oleh Google. Memiliki fungsi sebagai salah satu alat untuk mengirimkan pesan elektronik secara cepat kepada orang lain.

Di masa sekarang ini perkembangan internet semakin baik dan semakin meningkat, maka rata-rata orang akan mengirimkan pesan penting melalui email. Seperti melamar pekerjaan, mendaftar sekolah, mengerjakan tugas kuliah mendapatkan pekerjaan online, dan lain -lain.

Selain fungsi di atas , Gmail merupakan hal yang wajib anda miliki jika ingin menggunakan dan menikmati produk dari Google, misalnya sistem android serta aplikasi dalamnya, Pada akhirnya Gmail hampir menjadi kebutuhan Pokok Penikmat Operasi Android.

Karena berbagai macam aplikasi akan tersinkronisasi dengan Gmail, tanpa memilikinya anda bahkan tidak bisa menikmati aplikasi besutan Google, Bahkan gmail digunakan sebagai akun utama untuk mengoperasikan sistem android.

Namun tahukah anda jika akun Gmail memiliki kapasitas atau daya tampung. Layaknya memori handphone, Gmail juga telah memiliki daya tampung memori yang terbatas untuk para pengguna free ( gratisan ).

Gmail hanya akan memberikan kapasitas sekitar 15 GB sebagai salah satu daya tampung pesan yang masuk, multimedia, foto, file dokumen dan lain-lain. Sehingga ketika anda mengirimkan atau menerima pesan menggunakan Gmail maka akan menggunakan memori penyimpanan email, bukan memori penyimpanan telepon anda.

Nah karena mempunyai Memori, maka Akun Gmail biasanya bisa juga mengalami memori penuh karena kelebihan muatan, oleh karena itu maka pesan yang ingin masuk atau ada pesan gmail yang ingin dikirimkan ke akun gmail kita maka tidak bisa masuk.

Penyebab Memori Gmail Penuh Tak Bisa Terima Pesan Masuk

Beberapa faktor yang menyebabkan memori email menjadi penuh, yang dapat kita perhatikan dan diantisipasi agar di kemudian hari email google tidak mengalami kelebihan kapasitas :

Terlalu Banyak Download Film

Biasanya file Video sebuah film memiliki ukuran yang sangat besar, karena sangat besar maka secara otomatis file film yang dibagikan melalui akun Google drive dan kita mengundunya, maka secara otomatis file tadi akan berpindah ke akun Google drive kita.

Sehingga Pengurangan ruang penyimpanan akun google akan terlihat secara signifikan, Jika film atau file yang kalian unduh memiliki ukuran sekitar 1 GB ( Gigabyte  ). Maka secara otomatis akun Google anda juga akan mengurangi ruang penyimpanan sekitar 1 GB untuk menampung file download tadi.

Simpan Foto di Google Foto

Ada juga orang yang menyimpan hasil jepretan kamera di handphone android telah menyimpan fotonya di google foto. Sebenarnya sah-sah saja sih, hanya saja google foto sinkron dengan akun Google utama anda di android, 

Oleh karena itu apabila anda menyimpan foto di google foto, maka secara otomatis akan ikut andil dalam mengurangi ruang penyimpanan Gmail di handphone Android anda.

Simpan File dokumen di Google Drive

Jika menyimpan file dokumen ( seperti File RAR, File APK dan  lain - lain ) di Googledrive, maka siap - siap akun  penyimpanan gmail an akan berkurang secara drastis, dan memori gmail akan cepat habis. Jika  menyimpan file jangan di dalam Google drive karena akan menyebabkan memori Gdrive penuh. dan menyebabkan Pesan Elektronik email tidak bisa masuk.

Lantas Untuk mengatasinya dan mengurangi agar Memori Gmail tidak penuh, maka anda  harus menghapus beberapa file di dalam Gdrive atau di dalam email, Sehingga memori Gmail akan pulih kembali.

Cara Menghapus File di Google Drive

Melakukan Penghapusan File di Google Drive merupakan salah satu langkah untuk mengatasi Gmail Penuh sehingga anda perlu menghapus beberapa file di google drive sebagai salah satu langkah untuk membersihkan file yang sudah tidak terpakai lagi.

  1. Langkah Pertama anda bisa masuk ke akun Google drive menggunakan akun Google yang penuh
  2. Jika susah masuk ke akun Google drive maka silahkan cek folder file besar di google drive
  3. Lihat apa saja isi dalam folder yang ada di google drive tersebut
    cara mengatasi memori gmail penuh

  4. Jika sudah ketemu dan memasang file nya tidak terpakai lagi maka silahkan untuk melakukan penghapusan file dengan cara klik di pojok kanan akun Google Drive
  5. Usahakan file sudah benar - benar terhapus
  6. Periksa kembali file nya apakah sudah terhapus atau hanya masuk ke file sampah
  7. Jika sudah masuk ke file sampah maka anda akan menemukan file yang sudah dihapus namun masuk ke file sampah.
    menghapus file sampah memori Gmail

  8. Jika masih ada file nya maka silahkan anda hapus file sampah adi dengan status penghapusan file secara permanen.
  9. Jika sudah dilakukan penghapusan maka anda bisa kembali untuk melakukan cek memori Gmail anda, apakah sudah kosong atau tidak.
  10. Jika Sudah kosong berarti file yang membuat memori gmail menjadi penuh sudah terhapus dengan sempurna.

Itulah beberapa cara untuk membersihkan memory Gmail agar Tidak menjadi penuh lagi, Jika anda ingin mengupload file foto, dokumen penting dan dokumen yang memiliki kapasitas besar, maka usahakan untuk menyimpannya di Gmail Premium, Karena akun Gmail Premium memiliki kapasitas memori  tanpa batas dan anda bisa dengan bebas menyimpan berbagai macam file di dalamnya.

Post a Comment for "Cara Mudah Mengatasi Gmail Sudah Penuh "