Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Matras Senam dan Fungsinya Buat Olahraga

Konten [Tampil]

fungsi matras Buat Olahraga

Kegiatan Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang paling banyak digemari oleh orang orang yang mementingkan kesehatan mereka. Kegiatan Olahraga memiliki berbagai macam cabang  kegiatan, ada banyak sekali kegiatan yang masuk ke dalam Olahraga.

Mengolah fisik agar menjadi bergerak dan berkeringat serta melakukan pembakaran kalori merupakan salah satu dari sekian banyak manfaat olahraga, Salah satunya olahraga yang paling digemari pada masa pandemi adalah olahraga santai dalam ruangan atau luar ruangan rumah.

Olahraga atau senam merupakan salah satu satu kesatuan yang mungkin tidak bisa dipisahkan dengan Kata “ Bergerak”. Setiap kegiatan yang berhubungan dengan olahraga maka tubuh anda harus siap untuk bergerak. Agar lemak yang ada dalam tubuh terbakar dan tubuh anda menjadi sehat.

Salah satu Olahraga yang paling banyak diminati pada masa pandemi adalah olahraga dalam ruangan atau luar ruangan dengan gaya yang santai, dan menggunakan alat yang namanya matras.

Matras sebagai salah satu media yang bisa  anda gunakan untuk Olahraga dan Yoga bisa membuat anda lebih nyaman dalam berolahraga dengan menggunakan matras tersebut. sehingga matras sebagai media untuk membantu anda dalam berolahraga.

Olahraga yang bisa anda lakukan dengan menggunakan matras ada beberapa jenis lho, lantas olahraga apa saja yang menggunakan Matras dan bisa di lakukan di dalam rumah atau di teras rumah selama masa pandem Covid 19.

Olahraga dan  Gerakan Yang Menggunakan Matras

Senam yang menggunakan Matras yang bisa anda coba ada beberapa jenis, paling tidak bisa meningkatkan kebugaran dan kesehatan anda selama prose pandemi covid 19 yang tidak mengharuskan  atau mewajibkan anda untuk keluar rumah.

Gerakan di atas Matras

Daripada matras anda tidak terpakai dan hanya malas malasan sebaiknya lakukan olahraga di atas matras dengan cara Merebahkan tubuhmu di atas matras namun jangan menggunakan bantal sama sekali, letakkan tangan dan kaki anda tegak Lurus , kemudian turunkan lagi tanpa harus menyentuh matras. Lakukan gerakan olahraga tersebut secara berulang.

fungsi lain dari gerakan seperti ini adalah anda dalam menyingkirkan lemak yang ada di perut dan bisa juga menyingkirkan lemak yang berada di betis, sehingga betis bisa terlihat lebih kecil dan ramping, maka lama kelamaan tubuh anda bisa menjadi ideal dan ramping menurut  kehendak anda sendiri.

Senam Lantai Olahraga Yang Menggunakan Matras

Nah adapun senam  Lantai adalah olahraga yang menggunakan Matras, Olahraga ini memiliki berbagai macam Gerakan yang bisa anda lakukan. Senam lantai adalah salah satu cabang Olahraga senam yang begitu Populer di dunia, Biasanya lantai yang menjadi tempat untuk melakukan latihan senam ini berukuran sekitar 12 x 12 Meter dan kebanyakannya senam lantai sangat membutuhkan sekali Matras.

Matras berfungsi sebagai salah satu alat bantu untuk mengurangi resiko terjadinya Cedera saat melakukan gerakan - gerakan yang hampir semuanya bersentuhan dengan Lantai, Sebelum anda memulai latihan senam lantai hendaknya diberi  pemanasan dulu dan usahakan kondisi tubuh adna Prima.

Gerakan Yang Ada Pada Senam Lantai

Gerakan yang ada pada senam lantai beragam sekali Bentuknya, berikut ini bisa anda simak sendiri apa saja Pola yang ada pada senam lantai.

Sikap Lilin

Pada Gerakan sikap lilin ini maka langkah pertama yang anda lakukan adalah dengan Tidur terlentang diatas matras, Kedua kaki lurus dan rapat. sementara kedua tangan dianjurkan untuk Lurus saja dan berada pada atas matras, 

Pandangan usahakan lurus ke atas, angkat kedua kaki dan pinggul, pada saat melakukan pendaratan maka usahakan kaki yang diturunkan terlebih dahulu ke atas lantai. Sehingga tidak menyebabkan orang lain cedera.

Gerakan Kayang

Untuk gerakan kayang maka anda cukup mengatur posisi dengan penuh keeimbangan. Pada gerakan kayang ini geraknya memang sangat  sulit untuk  dilakukan, Namun anda bisa melakukannya dengan Posisi berdiri maka kaki anda harus sedikit terbuka dengan tangan masing masing harus berada di samping kaki.

Gerakan tangan secara bersamaan atau anda bisa menggunakan satu tangan dengan mengayunkan nya kebelakang, coba anda pastikan posisi telapak tangan anda di matras di mana, jika dilakukan pada posisi tidur maka awalilah dengan telentang.

Selanjutnya anda bisa melakukan gerakan dengan menekuk lutut anda dan merapatkan kedua tumit pada pinggul anda. menekuk kedua siku anda merupakan rangkaian dari kegiatan kayang. Tangan anda bertumpu di matras dan letakkan lah ibu jari anda di samping telinga. Mengangkat badan perlahan kemudian disusul dengan mendorong atau dorongan dari kedua tangan dan kaki yang lurus.

Roll Depan

Gerakan ini bisa anda lakukan pada saat melakukan senam lantai di atas matras, dan melakukannya itu bisa menggunakan dua cara, Yakni berguling ke depan dari sikap awal Jongkok atau melakukannya bisa berdiri. 

hal yang utama anda lakukan adalah anda harus melakukan gerakan Jongkok lalu rapatkan kaki anda, letakkanlah lutut ke dada, dan Kedua tangan menumpu ke Bagan depan, Lalu  untuk gerakan berguling kedeoan dan ketika pinggul  menyentuh Matras maka pegang lah tulang kering untuk menuju pada posisi Jongkok.

Roll Belakang 

Gerakan Roll Belakang gerakannya hampir sama dengan di atas, atau hampir sama dengan Roll depan. Gerakan ini diawali dengan melakukan gerakan Jongkok dan kedua tangan didepan serta kaki pun agak sedikit rapat. Lalu tundukkan kepala anda kemudian kaki bisa anda tolak ke belakang saat punggung anda mengenai matras maka lipatlah kedua tangan ke samping telinga dan telapak tangan menghadap bagian atas atau siap menolak gerakan.

Lalu langsung saja kaki diayunkan ke belakang melewati kepala dengan dibantu kedua tangan agar menolak kuat serta kedua kaki bisa dilipat sampai pada ujung kaki dapat mendarat di matras dengan Posisi Jongkok.

Headstand

Merupakan salah satu gerakan lagi yang memiliki tingkat kesulitan yang sangat tinggi pada gerakan senam lantai. Gerakannnya bisa anda awali dengan berdiri tegak kedua kaki bisa anda rapatkan dan kedua tangan bisa anda luruskan rapat ke samping badan.

Lakukan arahan pandangan ke depan langsung bungkukkan badan ke depan selanjutnya anda bisa meletakkan kedua telapak tangan di matras, Begitu juga dengan dahi anda, pun harus menempel di matras. Angkat pinggul ke atas dengan badan Tegak Lurus pada matras anda, Luruskan kaki ke atas dan jaga keseimbangan anda dengan baik.

Handstand

Gerakan ini harus anda lakukan secara hati - hati pada saat melakukan senam lantai, Lakukan gerakan berdiri tegak dengan salah satu kaki yang harus berada di depan dan kedua tangan lurus ke atas dengan telapak tangan terbuka.

Kemudian Letak kan tangan Tertumpu di Matras Lalu bunggkukkan Badan ke depan, kedua tangan tetap Lurus lalu ayunan kaki ke belakang atas di ikuti dengan kaki satunya dan rapatkan. Selanjutnya Ayun kan kaki kanan dalam keadaan lurus ke atas, sehingga Kaki kiri ikut terangkat. Pertahankan sikap ini beberapa saat dan Jaga keseimbangan anda.

Selain Gerakan Olahraga senam lantai yang menggunakan Matras anda bisa merasakan apa saja sih manfaat matras itu sendiri, Mengapa Olahraga senam lantai menggunakan Matras

Manfaat Matras Untuk Olahraga Senam Lantai

Berikut ini akan kami jelaskan Fungsi matras sebagai alat Bantu dalam Olahraga senam lantai apa saja sih simak baik baik penjelasannya yah :

Memaksimalkan Gerakan Senam Lantai

Fungsi utama matras adalah untuk memudahkan gerakan yang ada pada senam lantai, Dimana terdapat berbagai macam gerakan pada senam lantai, sehingga posisi tubuh akan sering berubah ubah. Maka dari itu matras olahraga sengaja di bikin Kokoh untuk membentuk Postur tubuh agar tidak tergelincir.

Sebagai Bantalan Tubuh 

air tumble mat set grey

Matras / tumble mat memiliki manfaat sebagai salah satu bantalan tubuh anda antara lantai. Bisa anda bayangkan apabila anda melakukan gerakan senam lantai atau olahraga yang lain tanpa menggunakan matras maka akan terasa sakit dan keras lah  bahkan bisa jadi akan terjadi cedera tangan atau badan.

Biasanya untuk memberikan kenyamanan dan perlindungan yang lebih maka banyak matras yang menggunakan kain yang tebal agar tubuh anda tetap terlindungi meskipun kita telah jatuh berulang kali.

Meningkatkan Keseimbangan Tubuh

Matras yang terbuat dari bahan anti slip akan memudahkan anda untuk mengatur posisi dengan kekuatan kaki dan tangan anda yang lebih kokoh. Selain itu matras juga membantu meningkatkan kseseimbangan tubuh adna pada saat melakukan pose kayang.

Memberikan Kenyamanan

air tumble mat set grey

Sudah pasti, Matras (apalagi yang air tumble mat set grey) akan memberikan kenyamanan bagi anda yang sedang melakukan kegiatan olahraga, Selain itu matras juga memberikan kehangatan bagi tubuh anda, karena biasanya bahannya tebal dan mudah sekali memberikan kenyamanan yang lebih terhadap tubuh anda. Anda bisa dengan nyaman melakukan gerakan Terlentang atau tengkurap.

Untuk anda yang pertama kali berolahraga atau melakukan senam lantai maka Penggunaan Matras ini sangat penting sekali, bahkan matras ini pun juga bisa digunakan untuk berlatih Yoga. Selain untuk melindungi tubuh matras juga memiliki beberapa manfaat yang sudah dijelaskan di atas.

Anda tidak perlu bingung untuk mencari matras yang memiliki kualitas  Terbaik dan dijamin harga pada namun kualitas Premium. Cari saja matras yang sesuai dengan kebutuhan anda banyak kok toko yang menyediakan matras murah / best air tumble mat seperti jenis matras kebanyakan bahkan sekarang sudah bisa dipesan secara Online.

Karena matras senam biasanya terbuat bahan yang anti slip maka sudah pasti memenuhi standar alat bantu Olahraga yang sesuai dengan kebutuhan konsumen atau penggunaannya. Bahannya pun biasanya sangat empuk, dan tidak mudah menimbulkan Bau. Bahkan Matras Nya mudah sekali dibersihkan.

Tunggu apalagi langsung saja beli matras yang sesuai dengan kebutuhan anda, dan lakukan olahraga di rumah saja dengan alat bantu matras yang nyaman, sehingga anda bisa rileks dalam melakukan olahraga ditambah lagi sehat dapat dan rileks juga dapet lalu pikiran anda menjadi tenang dan badan menjadi sehat.

Itulah Pembahasan Mengenai Olahraga Yang Menggunakan Matras dan bagaimana cara memilih matras yang baik buat menjadi alat bantu Olahraga anda di rumah, semoga artikel ini bisa memberikan manfaat bagi pembaca, semoga menjadi inspirasi bagi semua orang dan bisa memilih matras yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Post a Comment for "Matras Senam dan Fungsinya Buat Olahraga"