Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara memilih Skincare yang tepat bersama Gloskin Banjarmasin (+Treatment)

Konten [Tampil]

cara memilih skincare yang tepat bersama gloskin banjarmasin

 

Sebenarnya tidak masalah kalau punya impian memiliki kulit yang cantik. Tapi, apakah kita sudah tahu cara memilih skincare yang benar? 

Bicara tentang memiliki kulit yang cantik, tentu tidak salah sih. Bahkan sekarang semua gender sudah mulai peduli tentang kecantikan kulit. Termasuk kalian yang baca. Iya, kalian :D

Sekarang sudah booming sekali skincare yang klaimnya bermacam-macam kan. Tapi, buat yang tidak sabaran, pasti mengincar skincare yang efeknya cepat sekali terlihat. Iya kan? Iya :)

Aku sendiri jujur, baru mulai kenal skincare pas mau lulus kuliah. iya, se telat itu kesadaran aku tentang pentingnya skincare. Benar-benar berdosa sekali bukan?

Aku jadi trauma (wkk canda trauma), lebih tepatnya kapok pake skincare, karena waktu dulu, pas awal-awal masuk SMP (sekitar tahun 2006-2007 deh kayaknya) itu kan mulai menjamur tuh skincare murah tapi kebanyakan yang abal-abal. 

(walau ada juga sih yg ber BPOM).

Nah, sebagai anak sekolahan yang penasaran, kubeli tuh beberapa produk. Tapi masalahnya adalah, aku membeli compact powder dari salah satu brand, dengan harga tidak sampai 10 ribu deh. 

Kalian tahu? ternyata compact powder yang aku beli itu produk abal-abal, karena brand tersebut tidak pernah mengeluarkan produk compact powder.

Mau tau efeknya di kulit aku kayak gimana? aku langsung kena semacam milia gitu di kulit daerah sekitar mata aku, dan tidak bisa hilang sampai sekarang, sedih hiks :')

Mulai Sadar Tentang Skincare yang Aman

Sejak kejadian itu, aku cuma berani beli facial wash doang, milih nya yang ber BPOM. Yaa dulu tahunya adalah bpom itu resmi, dan edukasi tentang BPOM tidak segencar sekarang. Hingga pas mau semester akhir, baru ngeh dan mulai peduli tentang skincare.

Benar-benar buta ilmu tentang dunia skincare memang waktu dulu :D Iya, peduli doang, tapi tidak tahu tentang cara memilih skincare yang baik dan benar itu bagaimana.

Aku waktu zaman-zaman kuliah itu, cuma tahu tentang urutan skin care yang gampang lah untuk pemula, dari cleansing alias membersihkan wajah, penggunaan toner untuk menetralkan pH kulit, pemakaian serum supaya kandungannya bisa menyerap ke wajah dan membantu mengatasi permasalahan kulit wajah. tidak lupa penggunaan eye cream biar kulit sekitar mata juga sehat, terakhir pemakaian moisturizer supaya kelembaban wajah terjaga, plus sunscreen di siang hari supaya kulit wajah terhindar dari sinar matahari.

Masalahnya, apakah skincare yang dipakai itu benar-benar aman?

Terus, sebelum memilih skincare juga perlu diperhatikan jenis kulit kita tuh sebenarnya apa. karena kalau sudah tahu jenis kulit wajah seperti apa, dan jadi tahu tentang  cara mengetahui skincare yang cocok.

Karena, kulit wajah yang kering tentu beda formulasi skincare nya, dibandingkan dengan kulit wajah yang berminyak.

Cara memilih skincare yang tepat bersama Gloskin Banjarmasin 

Nah, kebetulan banget nih, pada tanggal 14 Maret 2021 kemarin, ada webinar dari Female Blogger of Banjarmasin yang bekerjasama dengan Gloskin Banjarmasin.

Dengan tema: Mengenali skincare berbahaya : tips memilih skincare yang aman, Pembahasan mereka menarik sekali. Bagaimana kita diberi ilmu tentang cara memilih skincare yang aman dan tepat.

Acara ini menghadirkan dr Elizabeth dari Gloskin, dan Kak Sisca salh satu selebgram hits di Banjarmasin.

Di webinar ini juga dijelaskan kalau ada beberapa bahan-bahan berbahaya yang sering ada di skincare abal-abal, padahal seharusnya mereka dipakai dengan resep dokter. 

Bahkan kalian pasti familiar banget dengan bahan-bahan ini. apalagi kalau bukan merkuri, hidrokinon, steroid, dan juga retinoid (tretinoin).

cara memilih skincare yang tepat bersama gloskin banjarmasin

cara memilih skincare yang tepat bersama gloskin banjarmasin
cara memilih skincare yang tepat bersama gloskin banjarmasin


Di Webinar kemarin juga membahas tentang bagaimana cara mengetahui skincare yang berbahaya. Seperti tidak ada nomer BPOM, tidak ada tanggal kadaluarsa, tempat produksi tidak jelas, serta tidak dicantumkan ingredients, cara penggunaan, serta manfaatnya.

Menurut dokter Eliz sebagai pembicara di webinar ini, kita bisa memulai menggunakan skincare dari umur 11 - 12 tahun. Sedangkan penggunaan tabur surya bisa digunakan dari usia anak-anak. Sedangkan skincare yang untuk kulit jerawat bisa digunakan saat permasalahan jerawat mulai muncul.

Pokoknya tidak rugi mengikuti webinar kemarin. Selain bertabur ilmu tentang cara memilih skincare yang tepat, bertabur doorprize perawatan di Gloskin pula, uwuwww. 

cara memilih skincare yang tepat bersama gloskin banjarmasin


First Time Treatment 

Kebetulan aku menjadi salah satu blogger yang terpilih untuk treatment di Gloskin Banjarmasin. Tidak disangka-sangka sama sekali :’)

Btw, kalian sudah tahu Gloskin belum? Gloskin sendiri adalah klinik kecantikan yang sudah memiliki 10 cabang di seluruh Indonesia.

Mereka dikenal karena memberikan treatment menggunakan alat yang super canggih. dan dokter yang benar-benar ahli di bidangnya.

Gloskin Banjarmasin sendiri menjadi Klinik Kecantikan Banjarmasin yang sering direkomendasikan oleh orang-orang hits di Banjarmasin, karena mas Agus Sasirangan juga melakukan treatment disana.
Gimana yah rasanya treatment di klinik langganan mas Agus Sasirangan? wow banget donk :D

Aku awalnya dijadwalkan mba Aida untuk treatment pada tanggal 18 Maret 2021, tapi karena ada sesuatu hal, jadinya treatment nya diundur keesokan harinya pada tanggal 19 maret 2021, jam 13.00.

Kenapa bisa nya jam segitu, padahal enakan pagi? Soalnya pagi kerja dulu lah beb ku, makanya aku bilang kalo aku bisanya jadwal siang aja sih :D

Btw, Gloskin banjarmasin ini sering full booked, jadi kudu reservasi dulu ya sebelum mau treatment kesana. takutnya kalau langsung kesana tanpa reservasi, yang ada full booked loh. emang sebagus itu sih pelayanannya :)

Lokasi gloskin banjarmasin tu persis di seberangnya Ramayana Pasar Sentra Antasari. strategis kok. Kalau takut nyasar pakai google maps aja, hehe

Konsultasi dengan dr. Elizabeth

cara memilih skincare yang tepat bersama gloskin banjarmasin

Setelah suhu badan aku di cek terlebih dahulu, dan ditanya dulu sama mba-mba admin nya (punya alergi apa? ada riwayat bepergian keluar kota? pernah melakukan facial sebelumnya?), akhirnya aku diantar untuk konsultasi ke ruang dokternya.

Btw, jujur aku gugup waktu itu, maafin aku ya mba admin, bu dokter dan mba terapis kalo aku kemarin seperti orang cuek, padahal aslinya gugup, maaf :’) tapi asli pelayanan kalian baik sekali ^^

Oh iya, sebelum aku melakukan treatments, terlebih dahulu, aku konsultasi dulu dengan dokter Elizabeth, disini kondisi wajahku di cek dengan alat yang namanya Skin Analyzer. Pas aku disuruh mengenakan Skin Analyzer ini, masker dan kacamata harus dilepas dulu. 

Tapi tidak usah khawatir, karena alat Skin Analyzer akan selalu disterilkan sebelum dan sesudah dipakai.

“Dosa Wajah” yang terlihat di Skin Analyzer

cara memilih skincare yang tepat bersama gloskin banjarmasin



Saat diperiksa menggunakan Skin Analyzer, taraaaaa…. Umur kulit aku 28 tahun, lebih tua setahun dari umur asli aku. Monangis tidak tuh wkwk.

Okeeee, jadi inilah beberapa permasalahan kulit wajah aku yang ditangkap melalui Skin Analyzer
1. Komedo yang banyak banget
2. Pigmentasi yang parah akibat sering terpapar sinar matahari
3. Pori-pori yang cukup besar (engga bohong sih, ini emang keliatan jelas banget)
4. Mulai ada kerutan sedikit terutama di garis senyum

Untungnya kadar minyak di U-Zone dan T-Zone aku masih dalam batas normal.

Ternyata, kita jangan terlalu percaya diri dengan keadaan kulit wajah kita saat ini, apalagi kalau jarang re-apply sunscreen. Efeknya ke usia kulit wajah cuy. Sekaget itu akutuh.

Mana pas aku lagi konsultasi, aku lagi PMS. Kalau aku lagi PMS itu, kulit wajah pasti berjerawat, komedo, dan bruntusan. Hmm.. Mantap jiwa. Tapi tidak apa-apa. Dari sini aku sadar, bahwa jangan lalai merawat kesehatan kulit wajah, karena kalau kondisi kulit sudah parah, baru menyesal tuh :D

Karena kondisi kulitku yang berjerawat ini, akhirnya aku disarankan untuk melakukan terapi Ultimate Hydro Glow Face Therapy yang disesuaikan dengan kondisi kulitku saat ini.

Waktunya untuk Treatment

Bagi yang belum tahu, apa sih treatment Ultimate Hydra Glow Face Therapy ini?
Hydra Glow Face Therapy ini adalah Perawatan kulit wajah dengan teknologi terbaru yang mampu mengangkat sel kulit mati sekaligus memaksimalkan penyerapan serum ke lapisan terdalam kulit.
Dengan serum peeling dan hyaluronic acid bekerja efektif untuk mengangkat kulit kusam dan sebagai anti aging.
Perawatan ini juga dikombinasikan dengan GLOSKIN Collagen Light Therapy atau GLOSKIN Acne Blue Light Therapy untuk hasil yang lebih maksimal. Hasil yang didapatkan adalah wajah terasa lebih lembab dan cerah dalam 1 kali perawatan.
Karena kondisi kulit wajah aku yang berjerawat dan bruntusan ini, di akhir treatment, aku melakukan Acne Blue Light Therapy. Sebenarnya aku suka warna biru sih alasan macam apa ini.

Yang bikin aku no worry melakukan treatment disini, karena protokol kesehatan mereka itu ketat. Terapisnya aja pakai APD, dan alat-alat yang digunakan selalu disterilkan terlebih dahulu.

cara memilih skincare yang tepat bersama gloskin banjarmasin

Tahapan Treatment

Ada beberapa tahapan treatment yang akan aku jelaskan secara ringkas saja. Karena jujur, karena treatment nya yang enak banget, aku beberapa kali ketiduran :D

1. Cleansing

Seperti treatment perawatan wajah pada umumnya, diawali terlebih dahulu dengan cleansing. Tujuan tentu supaya memudahkan terapisnya untuk melakukan langkah perawatan selanjutnya.

Pas aku kesana kemarin, aku sengaja pakai makeup yang ringan, supaya terapisnya tidak ribet buat membersihkan kulit wajah aku. Tenang aja, spoons sama alat-alat yang mereka gunakan selama proses cleansing ini untuk selalu disterilkan kok, jadi aman deh.

2. Totok dan Massage

Lanjut deh ke proses totok sekaligus massage wajah. Jujur, dulu aku pernah totok di tempat lain, dan rasanya sakit weh. Makanya pas totok wajah kali ini di Gloskin, aku sempat takut bakal sakit lagi.

Tapi, ternyata totok wajah disini benar-benar rileks, tidak sakit sama sekali. Enak wehh. Terapisnya tahu betul mana titik-titik wajah yang ga bakal sakit untuk di totok. Karena seperti yang dijelaskan sebelumnya, kondisi kulit wajah aku lagi ada jerawat.

Ngeri juga weh kalo bagian yang berjerawat itu di totok, salah sedikit sakit sih :’)
Massage dari terapisnya juga benar-benar juara, karena tidak asal massage saja. Aku rasa mereka memakai teknik tertentu sehingga wajah terasa rileks setelah menjalani proses ini

3. Ekstraksi Komedo

Part yang paling bikin gugup di hidup aku: Ekstraksi Komedo

Bagaimana tidak? mendengarkan cerita orang-orang yang katanya sakit banget, bikin aku deg-degkan pas menjalani ekstraksi komedo ini

Jadi, selama ekstraksi komedo ini, terapisnya minta izin untuk mencongkel bruntusan aku yang membandel dengan jarum (tentu saja steril bebb). Katanya, kalau bruntusan tidak dikeluarkan isinya, dia bakal menjadi jerawat aktif.

kalau dibilang rasa sakitnya seperti apa, hmm sakit sih, tapi sedikit saja kok. Tidak sesakit yang dibayangkan hehe

4. HF

HF ini adalah alat untuk memasukkan serum sesuai dengan kebutuhan kulit wajah. Dia menggunakan aliran listrik yang kecil sekali. Kalau dibilang rasanya seperti apa, ya ga sakit kok :)

Fungsi HF sendiri untuk meredakan kemerahan sehabis ekstraksi komedo, sekaligus memasukkan serum ke lapisan kulit agar hasilnya lebih maksimal. 

5. Masker

Setelah menjalani tahap ekstraksi komedo, ini adalah tahap yang bikin kulit adem banget. Yap, kali ini aku dikasih masker warna mint hijau gitu, fungsinya untuk mendetox kulit wajah akibat polusi dan kotoran yang menumpuk di wajah. maskernya asli adem banget. 

Penggunaan masker ini sekitar sepuluh sampai 20 menit. Tahu nggak? aku aja sampai ketiduran selama maskeran ini, karena ya emang seenak itu. Yang jelas kulit wajah juga ikutan rileks selama menjalani proses masker tersebut.

6.  Acne Blue Light Therapy (Photodynamic Therapy)

Step terakhir dari perawatan hari ini adalah Acne Blue Light Therapy (Photodynamic Therapy)

Photodynamic Therapy ini adalah suatu perawatan wajah dengan menggunakan alat penyinaran, yang fungsinya untuk memancarkan energi panas yang berguna untuk mengurangi jerawat serta meremajakan kulit.

Manfaat dari PDT ini sendiri tergantung jenis kulit wajah itu sendiri. Untuk sinar berwarna merah itu untuk meremajakan kulit. 

Aku sendiri dipakaikan sinar biru yang berguna untuk membunuh bakteri penyebab jerawat dan meminimalkan peradangan pada jerawat

Kalau ditanya rasanya gimana, rasanya campur aduk sih hehe. rasanya kaya anget-anget gitu. Sisanya aku bawa tidur saja. Soalnya kan saat proses terapi, mata kita ditutup dulu biar lebih safety.

Proses pengerjaannya kurang lebih 20 menit. Mayan lah wajah jadi berasa anget-anget sambil tertidur.

After Treatment

Setelah treatment, aku dikasih tahu, kalau dalam 24 jam kedepan aku dilarang menggunakan skincare apapun, dan cuci muka hanya dengan air biasa. Lalu besok paginya sudah bisa menggunakan day cream seperti biasa.

Hal itu dilakukan karena serum yang dimasukkan pada proses HF tersebut memerlukan kurang lebih 24 jam untuk menyerap dan bekerja maksimal di kulit wajah

Result

Sejujurnya, aku merasa berdosa banget sama kulit wajahku yang ini. Bagaimana tidak? Kalau diingat-ingat, wajahku tidak pernah di facial. Pas treatment itu juga, proses ekstraksi komedo nya juga lumayan lama, karena banyak bruntusan sama komedo yang kudu dikeluarkan.

Karena aku tadi melakukan proses ekstraksi komedo yang lumayan lama (dan beberapa bruntusan aku juga harus dicongkel dengan jarum yang steril untuk mengeluarkan isinya), aku lihat sih hampir tidak ada efek kemerahan yang menyeluruh pada wajah.

Hanya sedikit meninggalkan bekas efek ekstraksi komedo. Tenang aja kok, nanti bekasnya juga hilang dalam beberapa hari

cara memilih skincare yang tepat bersama gloskin banjarmasin
after treatment

Hasilnya setelah aku melakukan treatment di Gloskin Banjarmasin ini, wajahku terasa lebih bersih, sehat, kenyal, lembab, dan juga lebih cerah

Nggak salah sih aku melakukan treatment Ultimate hydra glow face therapy ini, karena aku sudah membuktikan sendiri dan ngerti kenapa treatment ini menjadi recomended, soalnya hasilnya memang sebagus itu ^^

cara memilih skincare yang tepat bersama gloskin banjarmasin
3 hari setelah treatment, bekas esktraksi komedonya mulai memudar

Kesimpulan

Rasanya masih tidak disangka sih bisa treatment di Gloskin ini, pelayanannya ramah. Terus ruang tunggu nya juga nyaman, dan sebelum treatment kita dikasih cemilan sama minuman. Kalau tidak salah, minumannya ada kopi, teh, susu jahe, sama air putih waktu itu.

cara memilih skincare yang tepat bersama gloskin banjarmasin

Untuk treatment kurang lebih 2.5 jam, bagi aku ini udah termasuk lebih dari puas. Soalnya wajah ku benar-benar dibersihkan dengan seksama dan penuh kesabaran.

Protokol kesehatannya juga bagus banget, pokoknya kalau treatment di Gloskin tidak bikin khawatir, apalagi di masa-masa sekarang ini.

Pokoknya, di Gloskin Banjarmasin, kalian bakal benar-benar termanjakan deh ^^

Sekian dulu artikel tentang cara memilih skincare yang tepat serta pengalaman aku treatment di Gloskin Banjarmasin. Treatment nya bakal bikin kangen sih ^^ 



-----------
sumber:
webinar gloskin & female blogger of banjarmasin
web dan instagram gloskin banjarmasin
canva
dokumentasi pribadi




Post a Comment for "Cara memilih Skincare yang tepat bersama Gloskin Banjarmasin (+Treatment) "