Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Jaringan Indosat Lemot Simple

Konten [Tampil]

cara mengatasi indosat internet lemot

Indosat merupakan salah satu provider internet yang sudah banyak digunakan di indonesia maupun di luar negeri. Masyarakat banyak yang menganggap jika provider yang satu ini bisa memberikan paket harga yang sangat terjangkau dibandingkan dengan provider lain.

Seperti paket kuota internet nya yang banyak sekali digunakan masyarakat. Paket Unlimited youtube yang sudah pasti sangat menggiurkan, bisa ambil paket hingga beberapa bulan pun dengan akses kuota yang murah. Bahkan ada beberapa aplikasi yang bisa di akses gratis menggunakan Provider ini.

Namun kadang tidak sedikit pengguna Indosat yang mengeluhkan jika Internet di ponselnya mengalami masalah koneksi jaringan. Biasanya ada beberapa masalah yang membuat internet kartu indosat mengalami keterlambatan, Namun hal itu termasuk wajar di dunia provider sih.

Lantas bagaimana jika koneksi kartu indosat mengalami koneksi lambat / Lemot. Apa saja langkah yang bisa dilakukan untuk menghindari atau mengatasi masalah koneksi internet ini, berikut ini akan kita ulas cara mengatasi Internet indosat lemot.

Cara Mengatasi Internet Provider Indosat Lemot

Sebenarnya untuk mengatasi masalah internet lemot ada berbagai macam. Salah satu yang paling berpengaruh adalah tempat anda berada. Biasanya kecepatan Internet di desa akan sangat berbeda sekali dengan keadaan internet di kota.

Ini dikarenakan Jangkauan sinyal provider sangat berbeda - beda. biasanya ada tempat - tempat tertentu tower suatu provider di letakkan, bisa saja daerah A jangkauan internetnya lebih kencang daripada daerah B.

Biasanya daerah pelosok dan daerah di kota memiliki ketimpangan perbedaan kecepatan Internet yang sangat naif. Wajar disamping karena di kota merupakan pusat Bisnis dan pertumbuhan ekonomi yang pesat maka wajar provider akan berusaha semaksimal mungkin untuk membuat koneksi internetnya di kota semakin cepat.

Karena dunia bisnis memang pada dasarnya ingin mencari yang menguntungkan, maka oleh sebab itu di desa penduduknya yang hanya beberapa orang saja mungkin akan mengalami keterlambatan  pendirian sinyal provider tersebut, oleh karena itu ada beberapa sinyal yang sulit di jangkau di desa.

Berikut ini ada beberapa cara untuk mengatasi Provider Internet indosat yang lemot, dan boleh untuk mencobanya di handphone Android anda :

Aktifkan Mode Pesawat

aktifkan modus pesawat cara internet cepat

Mode pesawat adalah mode yang paling membantu banget ketika ada masalah koneksi internet. Mode pesawat bisa anda gunakan untuk melakukan reconnect jaringan, Jadi jaringan akan mulai mengulang ip baru di ponsel Android.

Cara ini memang bisa digunakan pada semua provider setiap koneksi internet yang sudah lambat atau tidak  merespon sama sekali maka anda bisa menggunakan cara ini. langsung saja mengaktifkan mode pesawat. Setelah anda mengaktifkan mode pesawat maka jaringan internet akan terputus.

Nah setelah mengaktifkan mode pesawat maka internet akan terputus nah setelah itu langsung saja mengaktifkan kembali mode tersebut. Biasanya jaringan internet kamu akan kembali Normal kembali.

APN Indosat Setting

pengaturan apn indosat bair cepat

Perlu anda ketahui dahulu jika APN Tiap Provider itu berbeda-beda. APN Indosat sudah pasti berbeda pula, Jadi anda harus menyesuaikannya agar mendapatkan Koneksi yang bagus.  APN Indosat memang telah memberikan settingan APN Default.

Indosat akan memberikan APN Default pada handphone anda yaitu Indosatgprs. Namun jika anda menginginkan APN yang lain maka anda bisa membuatnya sendiri, dan memodifikasi APN anda sesuka yang anda mau.

Bisa juga anda melakukan settingan dengan pengaturan sebagai Berikut :

pengaturan ApN indosat new

Name: internet

APN: internet

Username: (kosongkan saja)

Password: (kosongkan saja)

Nah itu adalah salah satu APN Indosat yang mungkin bisa anda terapkan di handphone anda, untuk pengaturannya bisa masuk ke Setelan > Internet dan jaringan > APN > Setting APN.

Lakukan Setting Mode Jaringan Indosat

setting mode jaringan Indosat

Melakukan setting mode jaringan merupakan salah satu cara yang bisa anda gunakan untuk memperlancar koneksi Internet anda, misalnya anda hanya menggunakan Jaringan 3G/2G ( Sambung Otomatis ) atau LTE/3G/2G ( Sambung Otomatis ). atau menentukan jaringan anda sendiri, misal memilih jaringan 4G saja.

Pada pengaturan jaringan ini saya menyarankan anda untuk mengubah modenya menjadi otomatis, hal ini agar sinyal Internet menyesuaikan dengan tempat di mana kita berada, dan bisa membuat internet anda lebih stabil.

Langkah atau setting mode jaringan Pada Handphone Android bisa di Lihat di bawah ini :

  1. Langkah Pertama anda buka pengaturan di HP anda
  2. Lalu Masuk ke menu pengaturan ( setelan ) dan lanjut ke pengaturan Koneksi jaringan Seluler
  3. Lalu selanjutnya anda bisa memilih Mode jaringan SIM yang anda gunakan untuk berinternet. Silahkan atur modenya menjadi LTE/2G/3G/4G ( Bisa juga memilih mode sambung otomatis )
  4. Kemudian anda bisa menunggu sampai Sinyal Internet Muncul, tunggu beberapa saat karena sinyal akan muncul secara otomatis
  5. Pengaturan selesai dan anda bisa menikmati kelancaran Internet.

Restart Android

restart android jpg

Salah satu cara yang mungkin bisa anda lakukan pada saat koneksi internet Indosat lemot adalah dengan meresetnya atau mengatur restart android. Cara ini bisa memulihkan koneksi internet yang lambat.

Terkadang pada saat saat segala cara sudah anda lakukan, masih belum juga bisa dan internet indosat masih saja lemot, maka anda bisa melakukan restart android. Proses tambahan yang satu ini mungkin bisa membantu permasalahan mengenai sinyal internet yang tidak menyambung.

Hal ini pun sering dilakukan pada saat anda merubah APN Pada ponsel android tadi. Biasanya setelah proses restart , maka koneksi Internet Indosat anda akan kembali Normal, atau koneksinya lebih baik dari sebelumnya.

Cara melakukan restart ini maka anda tinggal Tekan lama tombol daya pada handphone Android, kemudian setelah itu maka akan muncul beberapa pilihan, kemudian cari menu restart ponsel. Tunggu hingga proses ini selesai dengan sempurna. Cara ini bisa anda praktekkan pada saat mengalami masalah sinyal yang sangat lemot sekali.

Dinginkan Handphone Anda

Penggunaan Handphone yang terlalu lama justru akan membuat suhu handphone anda mengalami peningkatan suhu panas. Perlu diketahui, Pengaruh suhu panas pada handphone ini dapat menyebabkan kinerja Handphone menjadi sangat lambat sekali, termasuk ketika anda membuka jaringan Internet.

Hal ini akan membuat jaringan provider apapun bermasalah, termasuk Jaringan Indosat. Karena kinerja handphonenya yang sudah terlalu panas, maka usahakan anda untuk mendinginkannya terlebih  dahulu. Untuk mendinginkan Handphone maka anda harus menghentikan semua aktifitas yang berkaitan dengan Internet, browsing dan lain sebagainya.

Kinerja perangkat yang bersuhu tinggi bisa mengakibatkan kinerja provider mengalami keterlambatan dan internet pun sangat lelet. Jika sudah didinginkan suhunya, karena handphonenya didiamkan beberapa saat, maka anda bisa menggunakan perangkat tersebut.

Internetan Malam Hari

Fakta atau mitos sih, kecepatan internet di malam hari lebih kencang daripada siang hari, baik status download nya maupun fitur uploadnya juga sangat cepat. Ternyata kejadian ini benar adanya, kecepatan internet akan cenderung lebih cepat pada saat malam hari, berbeda dengan keadaan siang hari. 

Mungkin saja, hal ini terjadi karena pada waktu malam pengguna Internet mungkin sudah pada tidur di rumah masing-masing. Penggunanya tidak banyak sehingga internet pun akan menjadi Longgar pada saat malam hari. Jika siang hari mungkin servernya banyak yang pakai sehingga jaringan nya berbagi dan kecepatan internetnya pun juga berkurang.

Jika anda mau mencoba dan mengkoneksikan internet pada malam hari, silahkan saja apabila mata anda tidak mengantuk. silahkan mencoba membuka koneksi internet pada saat malam hari maka akan sangat jauh bedanya dengan koneksi internet pada siang hari.

Cara Mengisi Kuota Internet Dengan Cara Ngutang

Cara Berhutang Pulsa dan Kouta android

Biar bagaimanapun, salah satu kekurangan provider indosat yang menyebabkan Internet menjadi tersendat kemungkinan besar kuota anda mengalami masalah atau habis di tengah jalan. Nah untuk mengatasi itu semua maka ada solusi yang bisa anda gunakan di saat kuota sudah hampir habis.

Cobalah dial *505# di ponsel android anda, nomor panggilan ini adalah salah satu nomor panggilan Provider Indosat yang memberikan pelayanan *Minjam* Kuota maupun Pulsa dengan cara berhutang atau pinjam dulu bayar di kemudian Hari.

Cara ini sangat membantu untuk mengganti Koneksi internet yang sudah mulai Lelet, Ketika anda melakukan dial *505# maka akan disuguhkan dengan beberapa Pilihan paket Ngutang pulsa dan Kuota. Salah satunya anda bisa ngutang pulsa Internet hingga sekian GB. 

Jangan Lupa di bayarin di kemudian Hari yah, jangan sampai hutangnya Menumpuk dan tidak dibayarkan, pada saat anda mengisi pulsa, biasanya akan dipotong dengan sendirinya.

Jadikan Provider Indosat Sebagai Wifi

Selain itu ada cara unik agar internetan dengan provider indosat lancar, salah satunya dengan membuat provider ini menjadi jaringan wifi. Caranya cukup mudah kok dilakukan.

Tinggal cari Handphone lama ( Jadul ) yang bisa membagikan sinyal wifi, nah biasanya handphone jadul ini memiliki tangkapan Internet yang sangat kuat, karena ciptaan dan produksi terdahulu yang didesain untuk menangkap sinyal lebih baik.

Jika sudah maka letakkan handphone yang tadinya di pasangkan provider indosat ke atas atap rumah, atau letakkan ke tempat yang kiranya dijangkau sinyal kuat, ( ingat aktifkan dulu sharing wifinya ), nah tinggal Konek dengan handphone kita yang satunya deh.

Biasanya koneksi internet dengan menggunakan wifi akan berjalan dengan baik dan cepat, oleh karena itu anda patut mencoba cara ini, siapa tahu koneksi internet anda menjadi sangat kencang dan bisa main game tanpa patah-patah, walaupun rumah jauh di dalam pedesaan.

Itu saja Tips dan Trik cara mengatasi Jaringan Provider indosat lola, atau loading lambat, semoga tips ini dapat memberikan manfaat lebih bagi para penggunanya dan bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan sinyal hilang, atau internet lemot di handphone Android.

1 comment for "Cara Mengatasi Jaringan Indosat Lemot Simple"

Salam perkenalan