Menghidupkan Dongeng dengan Let's Read

Konten [Tampil]

             menghidupkan dongeng dengan let's read manyasahilmu

Hai, gimana kabar kalian semua nih? semoga kalian baik-baik dan sehat terus ya.
Berbicara tentang hak anak nih, apa sih yang kalian ketahui tentang hak anak? Khususnya untuk para orang tua nih, tentu kalian harus tahu juga seperti apa sih hak anak itu. Jangan cuma menuntut kewajibannya saja, tapi tidak memberikan hak untuk anak.

Tapi kalian tahu tidak, kalau anak juga mempunyai hak untuk mencari informasi sesuai dengan usianya, termasuk membaca itu ada undang-undang nya loh
"Setiap anak berhak menyatakan dan didengar pendapatnya, menerima, mencari, dan memberikan informasi sesuai dengan tingkat kecerdasan dan usianya demi pengembangan dirinya sesuai dengan nilai-nilai kesusilaan dan kepatutan" -UU RI nomor 23 tahun 2002, Pasal 10, Tentang Perlindungan Anak. 
Untuk usia anak-anak, terutama usia sekolah dasar nih, perlu banget diajarkan untuk mencintai literasi alias rajin membaca. Karena pada usia segitu anak perlu merekam banyak kosakata dan mengisi ilmu pengetahuan di benaknya sebanyak-banyak. Ditambah,anak-anak harus diasah kemampuan kognitifnya loh. 

Kemampuan kognitif adalah sebuah konstruksi proses yang melibatkan otak. Ini termasuk kemampuan untuk berpikir, mengingat, memecahkan masalah, dan mengambil keputusan. Tentunya ini merupakan sebuah kemampuan yang penting sekali untuk diperhatikan, karena akan sangat berpengaruh pada kehidupan anak-anak.

Kemampuan kognitif tersebut dapat diartikan sebagai sebuah konstruksi proses yang melibatkan otak anak tersebut. Kemampuan kognitif tersebut termasuk kemampuan untuk berfikir. kemampuan untuk mengingat, kemampuan untuk memecahkan masalah dserta kemammpuam untuk mengambil keputusan.

membaca menyenangkan


Kalian tahu tidak sih, kalau membacakan dongeng untuk ana adalah salah satu cara untuk merangsang kemampuan kognitif anak? 

Yap, dengan mendongeng, anak akan dilatih untuk merespon setiap alur cerita dongeng tersebut. apalagi, kalau kalian (terutama untuk para orang tua) membacakan dongeng untuk anak, sambil memancing antusias anak untuk memecahkan masalah yang ada didalam cerita dongeng tersebut, secara tidak langsung kognitif anak akan lebih mudah terstimulus.

Kalau pengalaman aku sih ya, jujur, aku dulu suka sekali membaca buku sejak usiaku masih 3 tahunan. sampai koleksi buku aku banyak banget. Tentu saja aku sangat menyukai cerita bergambar. 
Bahkan nih, pas sudah memasuki sekolah dasar, kebiasan membaca buku ini makin menggila.
Spot favorit aku di sekolahan itu ya di perpustakaan sekolah. Secara, aku dulu orangnya introvert banget. 

Jadi kegiatan membaca ini sebagai salah satu cara agar aku tetp hidup dan tetap menyerap informasi yang berguna untuk kehidupan ku kelak.

Sampai-sampai, aku dijuluki si kutu buku, ya sampai sekarang sih, aku suka banget pergi ke perpustakaan untuk membaca buku. Tapi sayangnya pas musim pandemi sekarang perpustakaan ada tutup, sedih banget enggak tuh?

Berhubung zaman sekarang belajarnya daring, secara tidak langsung sih membuat anak jadi lebih lekat dengan gadget. Tapi beruntung nih sekarang ada salah satu aplikasi yang bagus banget untuk mengasah minat membaca anak. Sehingga meskipun hanya lewat gadget saja, anak tetap bisa membaca dengan have fun.

Kok bisa?

Bisa banget. Kegiatan membaca yang menyenangkan bisa dilakukan walau via gadget saja. Membaca akan terasa menyenangkan jika disajikan beserta ilustrais gambar yang menarik. Jangankan anak-anak sih, banyak juga kan orang dewasa yang lebih suka membaca cerita yang bergambar bukan?

Masih banyak orang yang belum bisa membeli dan mengoleksi buku-buku dongeng bergambar yang berbentuk fisik ini. Jadi solusinya adalah mencari dongeng bergambar, yang berlisensi, dan gratis pula.

Aku menemukan sebuah aplikasi dongeng bergambar yang seru banget. Bukan cuma itu, aplikasi dongeng ini tersedia dalam berbagai bahasa asing loh. Keren kan?

Aplikasi ini namanya Lets Read. Sesuai dengan namanya, disini kalian diajak untuk membaca. Tentunya diajak membaca yang begitu menyenangkan.

Level kesulitan membaca nya juga beragam, dari yang mudah sampai yang sedikit sulit. Sulit dalam artian semakin tinggi levelnya, maka semakin banyak teks nya dalam satu halaman. Meski begitu, aplikasi ini mudah untuk digunakan kok

Aplikasi ini bisa digunakan baik online maupun offline nih. Kalian bisa mendownlod dulu dongeng yang diinginkan, sehingga bisa dibaca secara offline sewaktu waktu.


membaca menyenangkan


Alasan Kenapa Membaca Menyenangkan di Aplikasi Let's Read

Jadi, ada beberapa alasan mengapa aplikasi Let's Read ini patut menjadi pilihan anak-anak dan orang tua yang ingin membaca dongeng dengan lebih menyenangkan. kalian mau tahu kan alasannya?

1. Ilustrasi Gambar yang Menarik

                                             membaca menyenangkan

Ketahuilah, kalau semakin menarik sebuah gambar pada sebuah cerita, itu akan membuat minat membaca anak menjadi berlipat-lipat. Let's Read diciptakan untuk memberikan pengalaman membaca menyenangkan.

Ditambah, cerita bergambar membuat dongeng menjadi lebih hidup alur ceritanya. Jadi, anak bisa lebih berkembang daya imajinasinya, karena tidak hanya mendengarkan teks cerita semata, namun juga ilustrasi gambar akan membantu anak untuk berimajinasi lebih luas lagi.

Jangankan anak-anak ya, yang dewasa pun banyak juga yang menyukai cerita dengan ilustrasi gambar yang menarik dan penuh warna :)

2. Tersedia Dalam Berbagai Macam Bahasa

                                              Membaca Menyenangkan

Kalian tahu tidak, kalau aplikasi Let's Read ini tersedia dalam berbagai pilihan bahasa? Selain bahasa indonesia, tersedia juga pilihan dalam bahasa asing, seperti bahasa Inggris, bahasa Arab, dan lainnya.

Fitur ini tentu sangat membantu. selain menambah kosakata baru untuk anak, orangtua juga bisa sekalian belajar tentang berbagai macam bahasa asing loh. jadi orangtua dan anak sama-sama belajar juga. seru bukan bisa belajar bersama ? :)

3. Cerita Beragamnya Legal dan Berlisensi

                                         membaca menyenangkan

Kalau kalian khawatir, kira-kira koleksi bacaannya ini legal tidak sih? Secara kan banyak terdengar berita tentang pembajakan karya tulis. Kalian tidak perlu khawatir, karena aplikasi ini tentu menyediakan bahan bacaan yang legal dan berlisensi.
 
Di setiap cerita, pasti tertera karya tersebut dari mana, sehingga tidak menghilangkan karya asli buku tersebut. Bahkan, kita malah jadi lebih tahu tentang karya asli dari beberapa pengarang yang berkualitas loh.

Jadi, jangan ragu kalau dongeng yang ada di aplikasi Let's Read tersebut tidak berkualitas yah. Malah, berkualitas sekali :)

4. Bisa Diakses Kapan pun Dimana pun

                                           membaca menyenangkan

Karena Let's Read ini adalah aplikasi,tentu kalian bisa mengakses dimana pun dan kapan pun kalian inginkan. Kalian bisa mendownload beberapa cerita dongeng yang disukai, agar bisa diakses kapan pun walau tanpa sinyal internet dan wifi sekalipun.

5. Tidak Perlu Repot Untuk Login

                                  membaca menyenangkan

Akui saja, tidak semua orang tua mengerti tentang teknologi. Kebanyakan orang tua siswa aku sendiri mereka tidak terlalu faham tentang teknologi gadget. alhasil, selama daring, aku juga sekalian mengajari orang tua nya tentang gadget hehe. 

Nah, aplikasi Let's Read ini selain membuat kegiatan membaca menyenangkan, orangtua nya juga tidak perlu bingung untuk menggunakan aplikasi nya. Tinggal akses saja, tidak perlu repot login dengan email, username, dan password. Tinggal buka aplikasinya, terus tinggal baca dongeng nya deh. sesimple itu bukan? 

Banyak cara untuk mengenalkan anak dengan dongeng dengan cara yang menyenangkan. Kalian bisa download Let's Read ini di gadget kalian, dan nikmati pengalaman membaca menyenangkan bersama anak-anak. Salam Literasi ^^
 

0 Response to "Menghidupkan Dongeng dengan Let's Read"

Post a Comment

Salam perkenalan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel