Cara Atur Penggunaan Data Seluler Android Agar Hemat

Konten [Tampil]

Cara mengatur data agar tetap Hemat

Dijaman sekarang ini data seluler merupakan salah satu kebutuhan yang mendasar pada setiap kegiatan kita. Data seluler biasanya kita sebut dengan Kuota Internet, yang bisa digunakan untuk melakukan penjelajahan dunia online dalam hingga luar negri.

Koneksi Internet pada perangkat gadget android pada umumnya memiliki batasan pada jumlah yang tidak menentu, kadang terpakai Megabyte, Bahkan ada yang kadang sampai pada penggunaan gigabyte tergantung sampai mana dan sejauh mana anda menggunakan layanan internet tersebut.

Karena sering tidak sadar pada penggunaan data anda pada ponsel android, oleh karena itu maka smartphone ini memiliki inovasi Built-in-Monitor data seluler yang bisa di atur untuk memberikan peringatan pada anda tentang batas data yang dapat digunakan di Android.

Anda akan dapat peringatan pada saat batas-batas tertentu, Tujuan dari adanya program ini, sebagai salah satu solusi masalah pemakaian data dan melakukan pencegahan pemakaian data lebih banyak di smartphone anda. Sehingga data seluler anda aman dan tidak banyak terbuang untuk sesuatu yang tidak penting.

Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan menetapkan data peringatan

Untuk mengatur agar smartphone anda dapat notifikasi peringatan pada saat memainkan ponselnya, atau pada saat menggunakan data seluler tertentu, maka anda cukup arahkan saja ke menu setting utama dan pilih " data Usage" pada handphone smartphone anda.

Pada saat anda mendapati sebuah grafik data penggunaan Kouta, atau kumpulan kouta yang anda gunakanan pada smarphone anda selama beberapa bulan silam. Maka yang bisa anda lakukan adalah mengubah garis-garis tersebut.

Atur garis Kouta menjadi sesuai selera yang anda inginkan, usahakan untuk mengaturnya 75 % dari batas data bulanan anda. Jika sampai batas maka akan muncul peringatan di handphone anda.

cara mengatur data internet Ponsel Android


Usahakan data seluler aktif, hal ini diperuntukkan bagi mereka yang punya kuota dan jaringan internet yang lancar, kegunaannya adalah buat memantau akun dan aplikasi yang anda gunakan di android itu banyak sekali. Sehingga Anda bisa menghemat kuota Android smartphone yang yang telah dimiliki.

Mengatur Lalu Lintas data pada Saat Tidak Digunakan

mengatur lalu lintas data pada smartphone Android merupakan salah satu cara yang bisa anda gunakan dalam menghemat kuota internet.lalu lintas data yang telah aktif akan menyebabkan kuota internet selalu berjalan di latar belakang.

Misalkan saja ketika anda bepergian kalau luar daerah ataupun ke tempat yang tidak mempunyai sinyal bisa saja untuk mematikan lalu lintas datanya dahulu untuk menghemat baterai serta kuota anda. Karena apabila didiamkan dengan data aktif maka Kuota Anda akan habis.

Pada saat melakukan pemotretan pemandangan untuk menghemat kuota dan baterai maka usahakan untuk mengaktifkan plane mode atau mode pesawat, hal ini dapat membantu anda dalam menentukan fokus pada satu tujuan  pada saat memotret menggunakan smartphone.

Apabila pada malam hari pada saat anda sedang tidur usahakan untuk mematikan handphone. Handphone yang tidak dimatikan akan berakibat pada  jam tidur anda, sewaktu-waktu handphone atau smartphone yang datanya telah aktif bisa saja berbunyi di malam hari karena adanya notifikasi dari kiriman iklan, atau notifikasi lain yang dapat mengganggu jam tidur anda di malam hari.

Menghapus Aplikasi Yang Tak Penting

Menghapus aplikasi yang tidak penting merupakan salah satu cara yang bisa anda gunakan untuk menghemat kuota bulanan pada smartphone Android. Hal ini dikarenakan ada beberapa aplikasi yang mungkin telat update otomatis dan tidak Anda duga penggunaan datanya.biasanya aplikasi-aplikasi ini sering ditemukan pada smartphone Android yang memiliki puluhan hingga ratusan aplikasi.

Jadi sesering mungkin untuk memantau lalu lintas data sebuah aplikasi di Smartphone anda, jika tidak maka pengeluaran bulanan anda untuk membeli sebuah kuota internet akan semakin bertambah banyak.di zaman sekarang kuota internet memang sangat mudah untuk ditemui namun harganya juga terbilang tidak murah.usahakan untuk menghemat pengeluaran kuota dengan cara sederhana yang mungkin bisa menghemat pengeluaran anda.

Untuk memindai aplikasi mana yang memakan lalu lintas data Anda bisa mencari di pengaturan lalu masuk ke aplikasi setiap aplikasi silakan analisis sendiri apakah dia menggunakan data lalu lintas latar belakang atau tidak.jika aplikasi itu tidak terlalu penting bagi smartphone Android Anda maka silahkan hidden atau melakukan penghapusan.

Gunakan Media Sosial Yang Penting - Penting Saja

Menggunakan media sosial secara bijaksana, maksudnya disini adalah kadang kita kalap akan permainan media sosial yang membuat kuota anda semakin tidak terkendali pengeluarannya. Sifat media sosial memang begitu menarik perhatian bagi para penggunanya.

Misalkan ada beberapa media sosial dalam smartphone Android Anda, maka secara otomatis iya akan terus menaik lalu lintas data seluler yang mungkin anda tidak mengetahuinya. 

Padahal di zaman sekarang media sosial yang paling penting bisa menghubungkan dan mengetahui kehidupan dunia maya yang sedang berkembnag sekarang ini, maka cukuplah instal aplikasi facebook, selain bisa gratis aplikasi ini sudah termasuk media sosial yang maju dalam memberikan kabar informasi terbaru.

Dengan melakukan hal tersebut maka kuota internet anda akan terselamatkan dari sifat keborosan. Sehingga penggunaan data internet tidak terlalu banyak dan pengeluaran uang dalam membeli kuota pun juga sedikit dan terkendali.

Semisal aplikasi Instagram tiktok dan Twitter bisa anda buka melalui web yang mungkin penggunaan datanya tidak sebanyak jika anda menginstal aplikasinya secara langsung di android.jika media sosial tersebut bisa digunakan dan dibuka melalui web web bahkan ukurannya pun tidak terlalu banyak data sehingga anda bisa tahu informasi yang berkembang sekarang ini dengan kuota data hemat.

0 Response to " Cara Atur Penggunaan Data Seluler Android Agar Hemat"

Post a Comment

Salam perkenalan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel