Cek Nama Bantuan Sosial PKH Secara Online Siapa Tahu Dapat

Konten [Tampil]

Bantuan sosial PKH Online

Pada masa sekarang ini pandemi virus corona masih saja menyerang negara Indonesia, yang berdampak pada pengurangan karyawan di beberapa perusahaan besar, alhasil banyak yang dirumahkan dan di PHK, sehingga banyak rakyat indonesia yang menganggur.

Rakyat kecil lebih khususnya, banyak yang menganggur dan tidak mempunyai pendapatan yang pasti pada saat masa pandemi. Program PKH yang diluncurkan oleh pemerintah memberikan dampak yang positif bagi masyarakat, Keuangan mereka sedikit terbantu dengan adanya program keluarga Harapan ini.

Mereka yang kurang mampu atau kena PHK bisa mendapatkan jaminan sosial yang layak, sehingga dengan adanya program Harapan ini bisa memberikan sedikit keringanan bagi mereka yang ekonominya di bawah rata-rata. Pemerintah melalui Kementerian sosia telah menyalurkan berbagai macam model bantuan, termasuk PKH kepada masyarakat.

Masyarakat yang masuk dalam kategori penerima PKH, akan mendapatkan bantuan setiap beberapa bulan sekali, atau bisa juga sebulan sekali, tergantung jenis bantuan apa yang didapat oleh mereka.

Melakukan Pengecekan secara Online

Oleh karena itu maka PKH bisa melakukan pengecekan secara online apakah ia dapat bantuan sosial atau tidak.pengecekan melalui situs tertentu merupakan salah satu pelayanan terpadu dari pemerintah yang yang bisa anda gunakan untuk mengetahui keluarga yang terdaftar katanya apakah mendapatkan bantuan atau tidak.

Karena selain memudahkan pengguna dan penerima bantuan sosial, pengecekan secara online merupakan salah satu cara untuk mempermudah dan mempercepat penyebaran informasi mengenai penerimaan bantuan PKH kepada masyarakat yang kurang mampu, sehingga mereka bisa mengetahui secara langsung sejauh mana bantuan yang telah disalurkan kepada mereka.

Telah diketahui sebelumnya kementerian sosial melakukan pencairan bantuan sosial sebagai salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan terkait pandemi covid 19,kementerian sosial telah menyalurkan program keluarga harapan atau yang disebut dengan PKH, kepada 10 Juta  keluarga penerima manfaat dengan anggaran mencapai  Rp.28,71 triliun. Bantuan sosial ini merupakan salah satu bentuk pembangunan ekonomi masyarakat yang kurang mampu.

Selain itu bantuan program keluarga harapan dapat anda cairkan setiap 3 bulan sekali, sehingga jika dihitung-hitung cukuplah untuk membantu ekonomi mereka yang kurang mampu melalui empat kali tahap pencairan yakni Januari, April, Juli, dan Oktober 2021. Untuk bantuan PKH sendi proses pencairannya dapat dilakukan melalui bank yaitu BNI BRI mandiri dan BTN.

Sehingga jika anda mendapatkan bantuan PKH maka sesegera mungkin untuk mengurus atau mencairkan dana tersebut di bank-bank yang telah ditentukan di daerah anda,hilang dan ditarik kembali oleh pemerintah.

Untuk melakukan pengecekan bantuan PKH cukup mudah anda tinggal menyiapkan KTP yang telah aktif atau terdaftar di PKH.

Yang pantas anda lakukan adalah mencek ke halaman cekbansos.siks.kemensos.go.id atau bisa juga melalui laman web pemerintah kabupaten kota masing / masing.jadi Anda bisa melakukan pengecekan pada halaman tersebut untuk mengetahui apakah anda telah dapat PKH atau tidak.

  1. Silakan Anda masuk ke web https://dtks.kemensos.go.id/bnba dan usahakan jaringan internet lancar pada smartphone android anda.
    Cara Cek Nama Bantuan Sosial PKH Online

  2. Kemudian cari pencarian by NIk untuk PKH, KIS/PBI ( BPJS ), KIP ( kartu Indonesia Pintar ) dan BSP ( Bantuan Sosial Pangan ) yang ada di laman tersebut.
  3. Setelah  halaman terbuka usahakan untuk menginput KTP anda, atau nomor ktp Pribadi anda.
  4. Jika anda Terdaftar maka akan muncul pemberitahuan pada webnya adalah " Data Tersedia sebagai PKH disertai dengan nama penerima bantuan lain apa saja yang diterima, sehingga anda bisa mengetahui penyaluran bantuan itu.

Untuk jumlah kategori banyaknya jumlah uang  yang mendapatkan bantuan pemerintah adalah sebagai berikut :

Nilai bantuan yang diterima dalam 1 tahun adalah:

  1. - Ibu Hamil: Rp 3 Juta
  2. - Anak Usia Dini : Rp 3 Juta
  3. - Anak Sekolah :

  • SD : Rp 900 ribu
  • SMP : Rp 1,5 Juta
  • SMA : Rp 2 Juta
  1.  Penyandang Disabilitas : Rp 2,4 Juta
  2.  Penderita Penyakit TBC : Rp 3 Juta
  3.  Lanjut Usia : Rp 2,4 Juta.

Bahkan untuk kriteria  selanjutnya ada lagi yang dinamakan bantuan sembako atau program atau sembako dalam bentuk pangan non tunai, nilai bantuan yang diterima adalah Rp200.000 per bulan keluarga ( satu Keluarga ).bantuan juga disalurkan melalui simpanan bank negara seperti BNI,mandiri, dan BTN hingga bulan Januari sampai Desember. Bahan Proses Pencairannya pun terbilang sangat cepat saja. Agar masyarakat bisa mencicipi bantuan dari pemerintah.

Nilai Untuk bantuan sosial tunai yang diterima adalah Rp.300.000 per bulan per kepala keluarga, Bantuan ini yang disalurkan pada PT Pos Indonesia, pada bulan Januari, Februari, Maret dan April yang mana penerima bantuan ini masyarakat yang kurang mampu. Masyarakat pun menyalurkan pada PT Pos Indonesia.

Itulah Informasi mengenai artikel yang membahas mengenai cara pengecekan PKH Bansos, semoga dengan  adanya informasi ini, kami bisa membantu anda dalam mengatasi masalah miss informasi yang terjadi di lingkungan masyarakat.

0 Response to "Cek Nama Bantuan Sosial PKH Secara Online Siapa Tahu Dapat"

Post a Comment

Salam perkenalan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel