Cara Mudah Scan Barcode Google Maps

Konten [Tampil]

cara mudah scan barcode Gmaps

Pernah ga kalian menemui lokasi atau peta sebuah acara yang tertera di undangan dalam bentuk barcode. Peta atau petunjuk arah merupakan salah satu arah yang bisa anda tuju yang mengarah ke suatu tempat tertentu.

Biasanya peta sebuah undangan dibuat berdasarkan denah lokasi, atau denah dua dimensi dalam bentuk gambar yang didesain khusus menggunakan Aplikasi Corel Draw atau Aplikasi Photoshop.

Denah peta lokasi memiliki manfaat yang besar bagi si pengundang dan yang di undang, sama sama ingin mempersatukan tali silaturahmi dalam satu acara, baik acara resmi maupun acara keluarga. Denah Lokasi biasanya tertera dalam sebuah undangan perkawinan, hajatan, dan lain-lain.

Selain di dalam undangan pernikahan denah lokasi dalam bentuk barcode juga tertera di peta geo Lokasi miniatur titik - titik penting suatu daerah. Oleh karena itu,  maka dibuatlah peta dalam bentuk dua dimensi dan peta dalam bentuk barcode.

Kemudahan Menggunakan Gmaps Barcode

Kemudahan lain yang bisa di dapatkan pada saat membuat lokasi dalam bentuk barcode dapat anda rasakan ketika si pihak  pembuat undangan tidak perlu membuatkan tulisan lokasi Google mapsnya di cetakan undangan. 

Untuk Lokasi Google maps nya sudah disematkan ke dalam barcode yang di cetak di kertas Undangan, sehingga Lokasinya hanya terbaca dalam bentuk Barcode. Disamping kemudahan dan dalam rangka pemanfaatan Teknologi, Sistem barcode google map lebih aman digunakan  karena lokasinya hanya bisa terlihat pada saat scan barcodenya.

Kakurangan Lokasi Gmaps Barcode

Di balik semua itu sistem Gmaps yang menggunakan Sistem Barcode tak lepas dari kekurangannya. Salah satu kekurangan yang paling mendasar adalah mereka yang kebetulan tidak memiliki sistem kamera yang support QR code, maka tidak bisa membaca peta si pengundang.

Solusinya untuk mengatasi masalah tersebut maka si pihak undangan harus membawa dan meminta orang yang mempunyai Handphone Android untuk menemaninya pergi ke suatu lokasi undangan tersebut.

Alhasil dengan beberapa pertimbangan, biasanya orang yang membuat cetakan undangan akan membuatkan beberapa versi peta, dalam satu undangan, ada yang menggunakan barcode dan undangan dalam bentuk denah dua dimensi pun dibuatkan Juga.

Cara Scan Barcode Untuk Membuka Peta di Google Maps

Karena dengan menggunakan QR Code anda hanya perlu memindai gambar kode QR-nya saja dengan menggunakan kamera android, tanpa perlu melakukan penulisan ulang URL dari lokasi undangan tersebut. Pada beberapa perangkat bawaan biasanya fitur ini sudah Tersedia dan tidak perlu lagi menginstal aplikasi QR Code bawaan.

Namun jika kamera ponsel android anda tidak suport melakukan scan barcode, maka yang harus anda lakukan adalah dengan mencari aplikasi yang bisa membaca barcode itu sendiri, langkahnya sebagai berikut :

Hal yang perlu anda lakukan pertama kali adalah dengan memiliki aplikasi scan barcode atau QR & Barcode Scanner, aplikasinya sudah disediakan di playstore, jika belum memiliki aplikasinya maka silahkan unduh dahulu dan lakukan penginstalan Aplikasi.

  1. Langkah Selanjutnya dengan membuka aplikasi QR & Barcode Scanner
  2. Jika sudah terinstal dan Terbuka Maka Buka Aplikasi QR & Barcode Scanner
  3. Lalu pada saat awal penggunaan anda akan dihadapkan pada layar Informasi, Anda bisa menggeser layar untuk melakukan scanner terhadap Barcode tersebut.
    cara scan barcode video

  4. Selanjutnya silahkan masuk ke menu utama dan lakukan scan barcode anda.
  5. Fokuskan kamera anda ke arah barcode peta yang tertera di undangan 
  6. Tunggu beberapa saat hingga Muncul Lokasi Google Maps yang ada di Peta
  7. Klik Tautan Google maps, jika Link tersebut bisa di Klik dan Tunggu beberapa saat Link  akan mengarah ke tempat yang dituju, Usahakan GPS anda Aktif.
  8. Kemudian secara otomatis akan muncul URL dari lokasi Maps yang dibagikan.
  9. Setelah itu kamu bisa memilih opsi Open website untuk membuka lokasi melalui aplikasi Google Maps.
  10. Ikuti Jalur google maps yang berhasil anda scan lewat barcode yang ada di peta tadi.
  11. Selamat mencoba dan anda telah berhasil melakukan scanner Lokasi melalui barcode yang tertera di Undangan.

Itulah beberapa Tips cara mudah scan barcode Google Maps yang ada di peta, sehingga anda bisa menemukan lokasi dengan sangat jelas, cukup melakukan scanner dengan aplikasi Barcode atau kamera android yang punya kemampuan untuk scan Barcode, maka seketika itu Lokasi dalam peta tersebut akan Muncul dengan sendirinya.

0 Response to "Cara Mudah Scan Barcode Google Maps"

Post a Comment

Salam perkenalan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel