Bikin Android Rasa iOS 14

Konten [Tampil]

Kata siapa keestetikan handphone hanya milik pengguna iPhone semata? 

Sekarang kan lagi heboh tuh sama versi ios yang bikin tampilan launchernya jadi super estetik. Aku sebagai pemakai android jadi pengen juga. Eits, jangan berkecil hati. Yuk aku ajarin bikin android tak kalah estetik seperti iPhone.

Bikin Android Rasa iOS 14 yuk

1.  Sebelum Mengoprek Launcher

Kalian bisa menentukan tema apa yang akan kalian pakai di handphone. Aku sih lebih menyarankan untuk menyeragamkan warnanya. Kalau kalian misalnya memilih warna biru, siapkan wallpaper, wallpaper lockscreen, sama icon yang warnanya senada.

Banyak kok situs-situs yang menyediakan stok foto dan icon yang bagus nan estetik. Disini aku menggunakan pinterest yang dibuka di browser, supaya lebih mudah untuk mendownloadnya.

Kata kuncinya sesuaikan ya sesuai yang kalian inginkan, bebas deh pokoknya. Pokoknya kalau bisa warna-warnanya senada ya biar estetik. Bukannya tujuan nya biar launcher kalian kelihatan estetik nan kece bukan?

Eh iya, cara mendowlod nya, di samping foto kan ada titik tiga , nah kalian klik situ, nanti ada tulisan unduh foto.

ini beberapa stok foto yang aku siapkan buat step-step berikutnya


2. Download Aplikasi Launcher nya

Peluncur iOS 14

Aplikasi inilah yang akan membantu kalian mewujudkan launcher ala-ala iOS 14 hehe. Kalian buka PlayStore, dan search “Peluncur iOS 14” pokoknya aplikasinya seperti foto dibawah ini. Lalu install saja aplikasinya seperti pada umumnya.


Kalau sudah terinstal, maka nanti akan ada tampilan seperti ini.


Disini, kalian pilih iOS Launcher, dan pilih selalu. Biar settingan kalian nantinya nggak hilang. Kan sayang udah bagus-bagus launchernya, eh ke reset.
Tampilan awalnya bakal seperti ini. Sebenarnya kalau kalian Cuma pengen kelihatan kayak launcher iOS sih ini sudah cukup. Tapi kalau mau dibikin estetik, nanti akan aku bahas kok.



Layar Kunci & Pemberitahuan iOS 14

Kalian juga wajib download ini untuk bikin lockscreen kalian seperti mode iOS. Tinggal cari di play store apps nya. Pastikan developer nya sama ya biar aplikasinya work.


3. Time to Aesthetic 

Kalau semua aplikasinya sudah kalian download, dan foto-foto yang sudah aku jelaskan sebelumnya sudah kalian download. Saatnya untuk memperindah launcher kalian.

Mengganti Wallpaper

Pertama-tama, kalian buka dulu aplikasi iOS Launcher nya. Tampilan aplikasinya seperti ini ya.


Kalau ada notifikasi yang mengharuskan kalian klik “OK”, itu kudu di klik “OK” aja ya. Nah, setelah itu tampilan didalam aplikasinya akan terlihat seperti ini.


Karena tujuan awal kita ingin mengganti wallpapernya, kalian tinggal klik “wallpaper”di aplikasinya.


Setelah itu, kalian tinggal klik yang paling kiri yang ada tanda “+”, pilih tempat penyimpanan foto, dan pilih mau pakai foto apa. Terus tinggal kalian klik “ok” saja. Nanti hasilnya akan seperti ini.


Nah, icon aplikasinya masih berantakan nih, saatnya kita rapikan yuk biar makin cakep hasilnya.

Menambahkan Icon Aplikasi dan Widget Foto

Menambahkan Widget Foto

Yang bikin special dari launcher ini adalah kalian bisa menambahkan widget foto sesuka hati kalian. Mau foto pribadi, maupun foto artis kesayangan kalian. Karena aku suka sama Nanon Korapat (actor Thailand), jadi aku akan memasang foto dia hehe.

Yang harus kalian lakukan adalah kalian tekan layar launcher kalian sampai icon aplikasinya goyang-goyang. Kemudian kalian cari icon “+” yang samar-samar di ujung kanan atas layar kalian. Lalu klik deh. Nanti bakal muncul tampilan seperti ini, lalu kalian klik “pictures”.


Kalian tinggal klik foto dan sesuaikan saja fotonya. Lalu klik ok deh.



Hasilnya bakal seperti ini setelah aku tambahkan beberapa foto.



Gemes kan hasilnya? :D tapi ada yang kurang. Oh iya, icon aplikasinya belum diganti biar cakep :p

Tambahkan Icon Aplikasi

Buka lagi aplikasi launcher nya, habis itu klik “change icon”.  Seperti biasa, kalau ada notif yang minta izinkan akses, klik ok atau izinkan saja.



nanti tampilannya akan terlihat seperti ini


nah kalian tinggal pilih aplikasi apa yang ingin kalian ganti icon nya. Kalian tinggal ikuti sesuai yang aku tulis di foto diatas itu.



Kalau sudah muncul tampian seperti ini, kalian tinggal klik tulisan paling kanan yang “foto saya”. Lalu tinggal pilih foto yang akan dijadikan icon sebuah aplikasi, lalu klik OK.

Nanti hasilnya bakal seperti ini nih



Sudah cakep banget kan hasilnya? Kalau kalian pengen mengubah letak aplikasinya sesuai dengan kemauan kalian, kalian tekan icon aplikasi nya sampai goyang-goyang. Sampai muncul tampilan seperti ini


Kalian tinggal klik “edit home screen”, dan sudah deh, icon aplikasinya bisa kalian atur letaknya dan dipindah-pindah sesuai selera.

Mengganti Wallpaper Lock Screen + Bikin Passcode Lock Screen

Mengganti Wallpaper

Kalian buka aplikasi lock screen seperti gambar berikut ini


Langkah-langkah berikutnya sama seperti mengganti wallpaper home screen yang sudah aku jelaskan sebelumnya. Klik ok kalau sudah selesai. Dan hasilnya bakal seperti ini kalau layar kalian terkunci.



Bikin Passcode Lock Screen.

Buka lagi ke aplikasi lock screen nya. Kemudian kalian pilih “passcode”.



Kemudian, kalian geser tuh tombol di “use passcode” sampai warnanya hijau


Tinggal kalian atur deh passcode atau pink sesuai yang kalian mau.


Untuk mengaktifkan passcodenya, kalian geser bulatan di paling atas sampai hijau, pokoknya kalau ada suruhan ok/izinkan, kalian pilih oke saja.


Taraaa... sudah selesai. Sekarang udah kayak iOS belum? :D



Sekian dulu tutorialnya, maaf kurang jelas ya. Tapi semoga membantu buat kalian yang pengen launchernya kayak iOS ^^

0 Response to "Bikin Android Rasa iOS 14"

Post a Comment

Salam perkenalan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel