8 Latihan Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Meningkatkan Kecepatan Lari

Konten [Tampil]
latihan kecepatan lari
Olahraga merupakan salah satu aktifitas fisik yang dapat membantu menguatkan imunitas tubuh anda, dengan berolahraga memicu metabolisme tubuh menjadi seimbang, Olahraga bisa dilakukan di mana saja, baik di rumah, di jalananan, di tempat khusus olahraga dan lain - lain.

Olahraga lari merupakan salah satu dari sekian banyak yang diminati orang lain, selain bisa lebih banyak membakar lemak dalam tubuh, pondasi kaki atau pijakan kali juga semakin kuat, daya tahan tubuh seimbang dan menjadikan tubuh anda terbiasa dengan Bentuk Latihan kecepatan yang bisa meningkatkan kekuatan Jantung anda pada saat berlari.

Karena orang yang berlari itu memerlukan energi yang banyak dan bisa menyebabkan jantung anda berdegup kencang, maka sebelum melakukan kegiatan lari, atau olahraga lari, disarankan untuk melakukan latihan - latihan kecepatan lari terlebih dahulu, hal ini dilakukan agar pada saat anda melakukan olahraga lari maka kekuatan dan tenaga anda mencukupi.

Apa saja sih latihan awal atau latihan dasar sebelum memulai olahraga lari, Mungkin di bawah ini akan dijelaskan bagaimana latihan dasar sebelum memulai olahraga lari, yang pastinya akan membuat anda menjadi nyaman saat berlari, jantung kuat dan tidak mudah mengalami masalah yang namanya Kram otot.

Berikut ini beberapa kegiatan awal sebelum melakukan olahraga lari, yang bisa anda Lakukan sebelum memulai olahraga yang mengacu pada kecepatan anda.


1. Jalan Santai di Lapangan


Berjalan - jalan santai di lapangan atau tempat yang terbuka, merupakan salah satu cara yang bisa anda lakukan dalam meningkatkan dan melatih otot kaki sebelum berlari, Jalan jalan santai bisa anda lakukan dengan perlahan - lahan.

Manfaat jalan-jalan santai bisa anda lakukan selama 10 menit saja, fungsinya tidak lain adalah untuk memompa darah agar bisa mengalir ke seluruh  tubuh anda, Jalan - jalan santai merupakan salah satu pemanasan yang wajib sebelum anda mulai berlari.

Jalan - jalan santai pun  bisa anda lakukan sambil bercengkrama dengan teman berlari, pasangan yang juga mau lari atau orang lain yang juga ingin mengacu kecepatannya berlari. Jalan - jalan santai bisa membuat tubuh anda menjadi rileks sejenak.

2. Melenturkan paha depan


Paha depan, pada saat anda ingin melakukan olahraga kecepatan lari, tidak boleh dilupakan, saat melakukan pemanasan sebelum lari, maka paha depan ditegakkan atau anda hanya cukup berdiri tegak, lalu angkat betis ke arah belakang. Lakukanlah pemanasan ini berulang, mulai dari gerakan kaki kanan sampai beralih ke kaki kiri.

Gerakan selama 30 detik dan saling bergantian antara kaki satu dengan yang lainnya, dapat membantu pemanasan sebelum melakukan kegiatan lari, apalagi medan lari anda adalah medan naik turun, maka latihan ini sangat penting sekali dilakukan, tujuannya untuk menghindari Kram kaki.

Peregangan otot ini harus benar - benar anda rasakan di paha Anda, mulai dari pinggul sampai lutut, Apabila pada saat melakukan gerakan ini yang anda rasakan bagian tubuh lain, maka gerakan yang dilakukan salah dan cek ulang gerakannya.

3. Peregangan otot Betis


Otot betis yang berada di belakang kaki bagian bawah adalah salah satu are kunci yang harus anda perhatikan sebelum memulai kegiatan lari, peregangan betis yang buruk, tidak memperhatikan aturan dan hanya asal-asalan, bisa mengakibatkan cedera dan rasa sakit pada kaki anda ketika berlari.

Pemanasan ini penting sekali anda lakukan, Letakkan posisi anda dalam keadaan berdiri, Tekuk kaki ke kanan depan, sambil menjaga kaki kiri tetap Lurus, Jika sudah dilakukan lalu meluruskan punggung dan tahan gerakan selama 30 detik, Gerakan ini pun bisa anda lakukan pada kaki kiri.

Kemampuan peregangan otot betis, apabila dilakukan dengan benar, bisa menambah daya uji lari anda, bahkan kecepatan lari anda pun relatif stabil, hal ini karena otot kaki sudah siap untuk berlari dan tidak lagi mengalami kram.

4.Meregangkan Hamstring


Hamstring, merupakan paha belakang yang juga menjadi otot penting pada saat melakukan kegiatan lari, Sebelum anda melakukan aktivitas berlari maka anda memerlukan duduk, hanya duduk di suatu lapangan dan luruskan kaki ke depan.

Kemudian gerakan tangan anda untuk menyentuh kaki yang berada di ujung, coba anda condongkan tubuh ke depan, tahan gerakan ini sampai 30 detik, sebelum pada akhirnya tangan anda berpindah pada sisi kaki yang lainnya.

Gerakan ini membantu otot menjadi luwes, atau stabil, sehingga pada saat berlari akan meminimalisir kram otot.

5.Peregangan Iliotibial Band


Merupakan peregangan yang dilakukan di luar paha, biasanya di tulang panggul,  tulang kering dan bagian tubuh yang rentan cedera, Biasanya bagian tubuh tersebut harus mendapatkan latihan pemanasan terlebih dahulu sebelum berlari.

Untuk melakukan peregangan bagian tubuh yang satu ini, maka anda pun harus berdiri tegak, silangkan pergelangan kaki kiri di belakang pergelangan kaki kanan anda, Kemudian silahkan angkat tangan kanan anda, melewati kepala dan tahan hingga waktu menunjukkan 30 detik pertama, Kemudian ulangi gerakan ini dengan sisi tangan dan kaki yang berbeda.

Pada saat tangan diangkat ke atas, melewati kepala, maka usahakan tubuh juga melakukan gerakan condong ke kanan, hal ini bisa anda lakukan agar peregangan bisa dirasakan pada kaki kiri sehingga otot-ototnya ringan dan luwes, bahkan peredaran darahnya dialirkan dengan sempurna berkat melakukan peregangan.

Oleh karena itu gerakan ini harus anda lakukan dengan hati-hati, agar tidak menimbulkan cedera lanjutan, bahkan dapat meningkatkan kecepatan berlari anda.

6.Atur Napas dengan Meditasi


Meditasi sebentar atau duduk di lapangan dengan kaki mengarah ke depan, merupakan salah satu cara agar pikiran dan nafas anda menjadi tenang, Gerakan ini melatih otot pada pernapasan anda.

Sehingga pada saat melakukan olahraga lari maka tarikan nafas anda bisa distabilkan, dan tidak mudah lelah, gerakan ini bisa anda lakukan dengan menarik napas selama dan tahan selama 30 detik serta melepaskannya lagi ke alam bebas, selanjutnya tarik napas dan tahan 30 detik lagi, hingga kegiatan ini berulang sampai napas anda benar - benar rileks.

7. Jangan Makan Banyak Sebelum Lari


Makan banyak dapat menyebabkan anda mudah sakit perut, pada saat melakukan olahraga lari, oleh karena itu hindari makan terlalu banyak, karena proses pencernaan akan melambat pada saat anda melakukan olahraga lari.

Salah satu cara untuk menambah energi pada saat melakukan kegiatan lari, adalah sengen mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, namun jangan konsumsi makanan dalam jumlah banyak, cukup makan seperlunya saja, yang penting tubuh anda tidak mengalami kekurangang energi pada saat berlari.

8.Usahakan Untuk mengenali Lintasan Lari anda

lintasan lari

Mengenal lintasan lari merupakan salah satu dari tahapan persiapan agar anda bisa meningkatkan kecepatan lari, dengan mengetahui medan lintasan, dimana anda harus memacu kecepatan, dan dimana anda harus menanjak dan menurun, semua itu perlu anda perhatikan.

Pada saat memperhatikan medan lintasan, anda bisa memperkirakan dan mengukur kecepatan lari anda, oleh karena itu penting sekali mengetahui medan lintasan ini, sehingga gerakan dan kecepatan lari anda bisa dipacu dengan maksimal, dan energi yang dikeluarkan pun bisa diatur.

Itulah beberapa penjelasan dan tips mengenai cara latihan untuk meningkatkan kecepatan lari, olahraga lari memang banyak orang yang suka, karena pembakaran metabolisme pada saat anda berlari begitu besar, oleh karena itu anda bisa melakukan olahraga lari untuk menurunkan berat badan anda.

0 Response to "8 Latihan Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Meningkatkan Kecepatan Lari"

Post a Comment

Salam perkenalan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel