Cara Meningkatkan Penjualan dengan Email Marketing

Konten [Tampil]
market pasar tradisional
Menjual adalah sebuah proses yang dilakukan oleh banyak orang. Berbagai macam jualan dipasarkan melalui pasar offline ataupun pasar online.

Di Era sekarang banyak sekali orang yang memilih memasarkan dagangan atau produknya di pasar online.

Pasar online mencakup tanah yang sangat luas sekali jangkauannya, berbagai macam platform media sosial berfungsi sebagai sumber penghasilan penjual produk secara online.

Karena sebagian orang sekarang ini sudah menggunakan media sosial sebagai salah satu itu lahan penjualan produk-produk punya mereka.

Di samping banyaknya penggunaan media sosial serta banyaknya orang yang menggunakan sistem online dalam melakukan transaksi pembelian jasa maupun barang, maka kegiatan ini bisa mendorong seseorang untuk mempromosikan dagangannya menggunakan sosial media ataupun email marketing.

Email marketing merupakan salah satu cara penjual untuk menjangkau konsumen ke beberapa wilayah. Sekarang ini email marketing banyak sekali digunakan oleh beberapa orang untuk menjangkau pelanggan yang jauh.

email marketing merupakan salah satu cara mengirim pesan dalam bentuk tulisan, ajakan, promosi produk, serta ulasan-ulasan produk yang anda miliki.

Email marketing dikirim oleh produser atau orang yang yang ingin menjual barang dagangannya secara online. Mengirim email marketing ataupun mengirim pesan lewat email tidak boleh sembarang kirim, akibatnya apabila anda keliru dalam mengirimkan sebuah pesan ke pelanggan maka dampaknya akan berakibat fatal.

Bisa jadi pelanggan tidak akan membeli dagangan Anda atau produk yang Anda promosikan lewat email, bahkan toko anda akan dicap sebagai toko yang reputasinya sangat jelek dimata pelanggan.

berikut ini ada beberapa tips dari kami untuk Anda yang ingin menggunakan email marketing sebagai salah satu cara untuk mempromosikan produk ataupun dagangan Anda kepada orang banyak :

Ketahui dan pahami target audience anda


dalam melakukan pengiriman email marketing yang berisikan tentang produk atau ulasan produk yang ingin anda jual kepada beberapa audiens anda maka perlu anda perhatikan siapa siapa target pasar Anda.

Misalkan ketika Anda ingin mengirim email marketing tentang penjualan produk mukena syar'i, maka anda harus benar-benar mencari audience berjenis kelamin perempuan. Jika pengiriman email marketing menargetkan perempuan atau pakaian perempuan maka audien yang anda kirimkan harus berjenis kelamin perempuan juga.

Jika Anda mengirimkan email marketing ke orang yang berjenis kelamin laki-laki, sementara produk yang Anda jual adalah mukena maka target audience anda tidak sesuai sehingga hasil penjualan mukena tadi tidak begitu banyak yang laku.

untuk pengiriman email sendiri usahakan jangan sama pada email yang anda kirimkan sebelumnya, jenis konten yang dipilih pun harus disesuaikan dengan audiens Anda. Sehingga mereka tidak bosan ketika menerima email marketing dari anda.

Kemungkinan para audiens memiliki ketertarikan yang berbeda kepada produk yang Anda pasarkan.sehingga perlu Anda tanamkan jika pada saat melakukan pengiriman email marketing usahakan untuk memberikan konten yang bersifat umum kepada audiens Anda.

Melihat segmentasi database customer


Untuk lebih mengenali dan memahami karakteristik audiens, langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah melakukan segmentasi pada  database  pelanggan Anda.

Melakukan segmentasi kepada para audiens memungkinkan anda untuk memilih menargetkan serta memfokuskan konten kepada audiens sebelum mengirimkan email marketing kepada para audiens.

Misalkan ada customer yang sudah membeli produk Anda jenisnya apa, kapan membelinya. dengan menata ulang ataupun membaca customer pertama anda sebelumnya, sehingga Anda bisa menargetkan para audiens yang lain.

atau misalkan ada 1 alien yang sangat suka sekali membeli produk Anda dengan jenis barang tertentu titik Anda bisa melanjutkan kembali audien tersebut untuk membeli barang anda di kemudian hari dengan membuatkan sebuah email marketing ataupun konten yang disisipkan lewat email menjelaskan bagaimana produk atau barang tersebut sudah ada yang baru lagi dengan jenis yang berbeda di toko anda sehingga ketertarikan audience yang pernah membeli barang anda akan semakin besar untuk belanja lagi di toko anda.

Segmentasi database customer ini caranya memang sederhana anda hanya perlu melacak dan mengingat orang-orang yang telah membeli produk Anda, jenisnya apa yang dibeli dan barang yang banyak peminatnya. Sehingga Anda bisa mempertimbangkan untuk membuat sebuah konten yang dibagikan di dalam email marketing kepada audiens.

kirim email reguler kepada pelanggan anda


Mengirimkan email secara reguler dan konsisten merupakan salah satu teknik marketing penjualan yang banyak dilakukan oleh market online.

Mereka yang telah berlangganan dengan pesan-pesan email dari anda merupakan salah satu orang yang memiliki ketertarikan kepada produk yang Anda jual,jangan sampai orang yang telah berlangganan dengan email anda merasa bosan dengan apa-apa yang anda kirimkan melalui email anda.

Buatlah ia menjadi nyaman dengan sajian konten-konten yang menarik yang berhubungan dengan produk yang Anda jual kepada pelanggan. Deskripsikan produk dengan baik sehingga pelanggan akan semakin percaya kepada barang yang Anda jual.

Personalisasi pesan anda kepada pelanggan


Subjek yang dituliskan secara personal kepada pelanggan anda memiliki peluang yang besar untuk mendapatkan penjualan produk kepada pelanggan.

Anda bisa memberikan kesan dan pesan personal kepada pelanggan anda misalkan dengan cara cara menyebutkan nama pelanggan di awal subjek email, hal ini ini memicu pelanggan merasa dihargai ketika mendapati sebuah email yang anda kirimkan melalui Email pribadi.

Kenapa harus email pribadi sesekali bisa anda lakukan trik ini, agar pelanggan anda merasa dihargai oleh anda sendiri sebagai seorang yang menjual produk yang dibeli oleh pelanggan itu.

Personalisasi email ini di anda butuhkan sesuai dengan target kampanye dan penjualan  produk Anda. Sehingga harapan untuk target penjualan maksimal harus benar-benar anda tekuni.

Maksimalkan subjek Email


selain melakukan personalisasi email kepada pelanggan Anda bisa memaksimalkan subjek pengiriman email kepada audiens.subjek email ini sangat penting karena mengingat orang yang menerima pesan email sekilas ia akan memperhatikan subjek email yang diterimanya.

Usahakan untuk memaksimalkan subjek email yang mana tulisannya bisa membuat para pelanggan penasaran untuk yang anda kirimkan kepada mereka. Dengan subjek email yang unik maka pelanggan akan semakin penasaran untuk membuka isi dari email atau isi dari konten email yang Anda kirim.

Namun anda sebagai seorang yang menggunakan internet marketing dengan bantuan email marketing usahakan untuk tidak membohongi pelanggan karena sekali Anda membohongi pelanggan maka toko anda dan reputasinya akan menjadi sangat jelek.

Semoga artikel ini dapat membantu anda untuk memaksimalkan internet marketing menggunakan email marketing kok mas semoga saja toko Anda atau produk Anda menjadi laris manis salam jualan.

0 Response to "Cara Meningkatkan Penjualan dengan Email Marketing"

Post a Comment

Salam perkenalan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel