Macam - Macam Jamur Berbahaya Yang Tidak Harus Anda Konsumsi

Konten [Tampil]
Macam - Macam Jamur Berbahaya Yang Tidak Harus Anda Konsumsi
Belakangan ini media informasi dihebohkan dengan berita ditariknya Jamur Enoki yang berasal dari korea selatan dari pasaran, karena mengandung suatu bakteri yang berbahaya bagi tubuh, Badan BPOM Republik indonesia pun bertindak cepat dan memusnahkan jamur - jamur enoki di pasaran sampai swalayan. padahal jamur enoki bukanlah jamur yang berbahaya, hanya saja ada bakteri yang mungkin bisa saja cara masaknya yang kurang tepat.

Memakan Jamur sudah menjadi dominasi di negara Indonesia, cemilan dikala santai dan bisa dijadikan sayur pada saat makan menjadi alasan mengapa penjualan Jamur masih merajai di Indonesia. berbagai jamur bisa dimakan, namun tidak sepenuhnya baik buat kesehatan tubuh.

Ketahuilah Jika anda adalah seorang yang mencintai Jamur  dan hobi makan jamur, maka anda pun harus dibekali dengan pengetahuan tentang jamur, karena ada beberapa jamur yang di dalamnya mengandung racun dan dapat mematikan  jika anda mengkonsumsinya.

Ada juga jamur yang mengandung bakteri dan dapat menimbulkan penyakit serius di tubuh anda, sehingga perlunya perhatian tentang jenis macam jamur apa saja yang bisa di konsumsi dan yang tidak boleh dikonsumsi oleh manusia.

di bawah ini akan dipaparkan mengenai Beberapa jamur yang mengandung racun dan berbahaya bagi tubuh jika anda konsumsi secara terus menerus, coba anda perhatikan beberapa jamur yang berbahaya jika dikonsumsi.

Jamur Tahi Sapi


Pernahkah dengar jamur tahi sapi, Jamur ini berasal dari sisa kotoran sapi yang ditumbuhi jamur, nama latinnya adalah Psilocybe tampanensis.  merupakan sebuah jamur yang cukup mudah mendapatkannya, anda hanya tinggal berjalan-jalan ke beberapa kandang sapi dan cari kotoran sapi, maka akan ada tumbuhan jamur di atasnya.

Jamur Psilocybe tampanensis atau jamur tahi sapi,  jika anda konsumsi maka tubuh akan seperti berada di dunia lain, Jamur Magic Mushroom sebutan lainya, memang akan menimbulkan magic pada kehidupan kalian ketika dikonsumsi dan masuk  ke tubuh anda.

Bahkan Jamur ini terbilang masuk dalam kategori jamur beracun, dan Jenis narkotika level 1. Jamur yang di notabenkan berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi dan akan menghilangkan kesadaran manusia sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi, baik dalam bentuk olahan pangan apapun.

Beberapa orang pernah mengkonsumsi jamur ini dan mereka, hampir pingsan, melayang dan seperti mengalami halusinasi yang sangat berat. Bahkan bisa saja menyebabkan kematian, karena keracunan zat jamur tersebut.

Efek yang akan di timbulkan


Setiap orang yang mengkonsumsi jamur ini akan mengalami efek yang berbeda- beda, tergantung banyak nya mengkonsumsi jamur tersebut, efek yang ditimbulkan kadang merasa berhalusinasi, berada di dunia lain, peningkatan keringat dan kepala terasa melihat ke segala penjuru, benda dekat menjauh, benda jauh mendekat.

Efek jamur ini akan berlangsung lama, dia akan menimbulkan magic di tubuh, seperti lampu jalanan akan berubah menjadi alien atau lampu jalanan akan berubah menjadi bintang, kepala tidak pusing namun kaya berada di dunia lain, berjalan kadang melayang. Jika mengkonsumsinya berlebihan maka akan menimbulkan kematian.

Jamur Sayap Malaikat


Jamur sayap malaikat jika anda melihat maka sekilas seperti jamur tiram, warnanya yang putih bersih dan lebar maka di namailah jamur sayap malaikat. Kalo bahasa inggrisnya " Angel Wing". Jamur sayap malaikat ini pernah dikonsumsi selama beberapa tahun, namun pada tahun 2004 ada tragedi, dimana ada sekitar 60 orang di jepang mengalami keracunan setelah mengkonsumsi jamur ini.

Kasus selanjutnya pada tahun 2009 ada seorang pria yang meninggal karena ensefalopati ( penyakit otak ) setelah memakan jamur sayap malaikat, Jamur ini dicurigai mengandung kadar sianida yang tinggi, sehingga orang yang mengkonsumsi jamur sayap malaikat akan mengalami keracunan. sehingga jamur inipun dilarang untuk dikonsumsi.

Destroying Angel

Destroying Angel

Nama jamurnya sih bagus, cuma kandungan yang berada di dalamnya yang membuat jamur ini sangat berbahaya untuk anda konsumsi, Jamur putih beracun dalam genus amanita, adalah jamur yang tumbuh di bagian  barat amerika utara dan eropa.

Jamur ini umumnya tumbuh di dekat tepi hutan, dan dapat di temukan di halaman rumput dekat pohon dan semak, Racun yang ditemukan pada jamur ini adalah racun amatoksin, yang menghambat RNA Polimerase II dan III, Jika anda memakan jamur ini maka akan mengalami muntah, kejang, kram, delirium, dan diare.

Jadi jika anda melihat jamur jenis ini, maka jangan berani untuk mengkonsumsinya, karena racun yang ada pada jamur bisa menyebabkan anda mengalami keracunan yang sangat hebat sekali.

Autumn Skullcap ( Galerina Marginata )

Autumn Skullcap ( Galerina Marginata )

Merupakan salah satu jamur yang tumbuh di kayu sudah mati, dan dapat anda temukan di seluruh dunia, termasuk negara Indonesia ini, Mulai dari kutub utara sampai kutub selatan,  Jamur ini memang sangat mirip sekali dengan jamur yang biasa kita makan seperti species Pholiota mutabilis,

Untuk ciri dari jamur ini adalah, batangnya bersisik hingga ke cincin nya, jika anda tidak bisa membedakan, mana jamur beracun dan nama jamur yang tidak beracun, maka jangan berani mencoba untuk memakan jamur tersebut.

Bahan aktif yang ada pada jamur jenis ini adalah Sangat Xin, jadi jika anda mengkonsumsi jamur tersebut maka siap siap untuk mengalami keracunan, dan apabila tidak segera diatasi maka akan menyebabkan kematian.

Death cap 


Merupakan salah satu tanaman asli di eropa yang ditemukan di hutan, tanaman atau jamur ini biasanya tumbuh di bawah pohon Ek, Bahkan jamur ini mirip dengan beberapa jamur yang dapat dimakan, Bahkan jamur jerami padi yang di makan di seluruh asia, Oleh karena itu jamur ini pun pernah dikonsumsi oleh imigran asia.

Jika anda mengkonsumsi jamur yang satu ini, maka kandungan amatoxin dalam tubuh akan mengikat darah dan mengkontaminasi darah anda, sehingga akan menimbulkan kerusakan permanen pada hati dan ginjal. Setengah jamur yang anda konsumsi bisa saja dapat membunuh dengan racun yang ia miliki.

Deadly webcap


Deadly webcap
Deadly webcap merupakan salah satu jamur yang menarik, kelihatannya memang seperti tidak berbahaya, namun jamur Deadly webcap ini seperti jamur yang unik, ketika diketahui kandungan jamur Deadly webcap mengandung racun, maka jamur yang satu ini pun tidak makan jamur lagi.

Ketika anda mengkonsumsi jamur ini maka kemungkinan untuk keracunan, atau rusaknya seluruh organ tubuh di dalam badan kita, sehingga jamur Deadly webcap memang tidak baik untuk dikonsumsi dan jangan pernah mencoba untuk mengkonsumsinya.

Fly agaric


Merupakan salah satu jamur payung yang biasanya ada di cerita dongeng anak-anak. Jamur ini mudah dikenali karena ada topi merah dan bintik-bintik putih, jika anda mengkonsumsi dan memakan jamur yang satu ini, kemungkinan keracunan ada.

Zat beracun yang ada dalam FLY Agaric adalah muscimol dan asam ibotenic, kedua zat ini akan perlahan membunuh organ dalam tubuh anda, sehingga apabila tidak tahan untuk tetap mengkonsumsinya, maka akan terjadi halusinasi yang sangat berat sekali, bahkan dapat menyebabkan mual, namun salah satu resiko besar dalam mengkonsumsi jamur ini adalah, kesadaran hilang dan seperti orang gila yang kendalinya hilang sama sekali.

Itulah mengapa jamur Fly agaric tidak harus anda makan, cukup mengetahuinya saja sebagai salah satu tambahan ilmu pengetahuan, sehingga apabila anda menemukan jamur ini, maka jangan berani berani untuk memakannya, zat racunnya sangat besar sekali.

Itulah beberapa penjelasan mengenai Jamur berbahaya, semoga dengan adanya tulisan tentang jamur berbahaya ini, maka anda bisa lebih memilih hati - hati untuk mengkonsumsi jamur, sehingga tubuh anda tidak mengalami keracunan. 

0 Response to "Macam - Macam Jamur Berbahaya Yang Tidak Harus Anda Konsumsi"

Post a Comment

Salam perkenalan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel