Cara Cek NiK KTP Yang Valid dan Lengkap

Konten [Tampil]
cek ktp valid tahun ini
Identitas seseorang di Indonesia diakui dengan adanya sebuah NIK KTP, atau yang biasa disebut dengan Nomor induk Kependudukan. Nomor NIK ini sangat berguna bagi setiap warga negara indonesia, fungsinya sebagai salah satu identitas diri dan data pemerintah.

Namun terkadang karena saking banyaknya penduduk Indonesia, maka ada beberapa Nik yang tidak terdaftar di database pemerintahan, sehingga yang perlu anda lakukan adalah melakukan cek nik anda di Media online atau di dukcapil setempat.

Nik yang tidak terdaftar, akan mengalami masalah ketika anda ingin mewujudkan pendaftaran, misalnya mau daftar kuliah atau mau daftar cpns.

Untuk melakukan cek Nik secara berkala, maka anda bisa melakukan dengan cara-cara di bawah ini, yang mungkin akan bisa membantu anda dalam menemukan Nik yang di cari. Beserta data-data anda yang mungkin hilang.

Cara Cek Nik KTP Dengan Mudah


Untuk melakukan pengecekan Nik dengan Mudah bisa dilakukan dengan dua Opsi atau dua cara dan keduanya merupakan cara yang akurat sehingga anda bisa mendapatkan data yang benar - benar Kredibel dan tidak was - was lagi ketika Nik KTP anda sudah terdaftar di pemerintahan.

Cek Nik KTP Via Disdukcapil Daerah


Nah untuk melakukan pengecekan nik melalui disdukcapil, maka syarat nya pun mudah dilakukan.


  1. Datang saja ke disdukcapil setempat di daerah anda
  2. Bawa ktp apabila tidak ada kartu keluarga anda
  3. Serahkan dokumen ktp anda ke petugas
  4. Tunggu beberapa Lama petugas akan memberitahukan jika Nik anda terdaftar atau tidak.
  5. Bila tidak terdaftar dan nama anda tidak ditemukan
  6. Maka keluhkan masalah ini dan minta input ulang data anda oleh petugas disdukcapil setempat.
  7. Masalah selesai dan anda bisa tenang.


Cek Nik Via Online


Untuk melakukan cek Nik via Online ada beberapa opsi yang bisa anda lakukan sehingga anda bisa melakukan pengecekan status KTP atau surat identitas diri anda apakah sudah terdaftar atau tidak terdaftar sama sekali.

Untuk itu maka anda bisa mengunjungi beberapa situs disdukcapil setempat. Atau melakukan pengecekan di beberapa situs yang mengkoneksikan data kependudukan anda.

Data BKN


Misalnya ketika ada pendaftaran CPNS maka anda akan diminta untuk masuk menggunakan ktp. Dan nomor kartu keluarga anda, di halaman ini akan menampilkan status apakah anda terdaftar di disdukcapil atau tidak, maka ketika status anda terdaftar, informasi mengenai data diri pun akan muncul.

Sebaliknya jika data diri anda tidak terdaftar, maka segenap informasi yang ada di dalam situs ini pun tidak bisa sama sekali membacanya.

Jika tidak terbaca maka, anda harus mendatangi kantor disdukcapill setempat untuk meminta input data ke disdukcapill online.

Situs disdukcapil online


Jika anda masih penasaran, maka anda boca cek nik di situs disdukcapil secara online. Silahkan anda masuk ke situs disdukcapil ini.

Masukkan NIK dan nomor KK anda, setelah selesai memasukkan lalu anda tinggal input dayanya atau klik submit, maka data anda pun akan muncul.

Apabila tidak muncul maka data anda tidak terdaftar, dan lakukan pendaftaran ulang dengan melaporkan ke disdukcapil setempat.

Anda perlu memastikan jika catatan kependudukan dimana anda tinggal benar - benar terdata, hal ini dikarenakan berkaitan dengan status anda, apabila tidak terdaftar, maka masalah urusan yang berhubungan dengan KTP dan kartu keluarga tidak akan terdata sama sekali.

Oleh karena itu penting mengecek kejelian bagaimana status anda di negara ini. Siapa tahu ketika anda sudah terdata di tempat tinggal asal, ketika pindah maka data anda hilang , kan jadi repot dan harus urus lagi ke kantor dukcapil setempat.

Cara Mencari NIK KTP Yang Hilang


NaH untuk melakukan pencarian Nik KTP yang hilang maka anda tinggal Ketik nama anda di kolom pencarian Google, atau bisa juga situs dari cek Nik secara online di daerah anda.

Biasanya pencarian nik berdasarkan nama aga sedikit susah, karena bisa jadi banyak nama yang duplikat, atau kesamaan nama dengan anda, sehingga anda harus lebih jeli meneliti Nik yang benar maka dari itu perhatikan panduan cek KTP berikut ini agar bisa memahami Nomor KTP

Panduan membaca Nomor KTP
arti nomer ktp


  1. Kesatu, 6 digit pertama adalah kode wilayah dimana NIK pertama kali didaftarkan (2 digit pertama untuk kode provinsi, 2 digit kedua untuk kode kabupaten/kota, dan 2 digit ketiga untuk kode kecamatan).
  2. Kedua, 6 digit berikutnya adalah tanggal lahir pemilik NIK (2 digit untuk tanggal, 2 digit untuk bulan, dan 2 digit untuk tahun). Untuk penduduk berjenis kelamin perempuan, ditambahkan angka 40 pada tanggal lahir. 
  3. Ketiga, 4 digit selanjutnya adalah nomor urut yang ditentukan secara sistem. 

Nah dengan melihat panduan nomor KTP Tersebut maka anda, bisa mengetahui nomor Nik nada yang mana, walaupun banyak kesamaan nama, sehingga anda tidak akan Bingung untuk mencari Nik yang hilang.

Jika anda berkenan, maka langsung saja datang ke disdukcapil daerah yang menyediakan layanan untuk mencari data dan nik tersebut, maka anda tidak akan ribet dan apabila KTP hilang langsung saja urus kehilangannya, Biasanya akan minta surat

Kehilangan dari Kepolisian
Kehilangan dari Lurah
dan lembaga yang berwenang lainnya.

Manfaat Mengetahui Nik KTP


Banyak sekali sebenarnya manfaat yang bisa anda dapatkan ketika mengetahui Nik, Nomor dan status KTP atau status kependudukan anda. Misalkan anda bisa mendaftarkan diri anda untuk Masuk CPNS, Melamar Kerja dan sekolah.

Sebagai warga negara yang baik dan patuh terhadap hukum yang berlaku di negara Indonesia, maka sudah sepantasnya data diri anda terdaptar di negara Indonesia, sesuai dengan undang undang dan peraturan yang berlaku di negara ini.

Sehingga identitas diri ini sangat penting sekali diperhatikan dan apabila hilang atau tidak terdata langsung saja urus ke disdukcapil, semakin cepat maka akan semakin baik. semakin cepat pula data diri anda terdata.

Free Cek data Pokok Desa Anda


Nah adapun kali ini merupakan satu kelebihan dan bonus bagi anda, Bisa melakukan cek keadaan desa, meliputi keadaan tanah, siapa kepala desa anda dan keadaan penduduk di desa. berapa anggaran yang dikeluarkan maka bisa masuk ke sini.

Situs yang dinaungi langsung oleh kemendagri dan anda pun bisa memantau melalui situs ini dengan baik, banyak sekali informasi desa yang bisa saja tidak anda ketahui , di dalamnya meliputi seluruh informasi desa di semua provinsi di Indonesia.

Nah Itulah beberapa cara cek nik ktp secara valid dan mudah, cek selalu nik anda baik di situs resmi kementrian atau situs yang lain, asalkan jangan situs abal abal atau lewat aplikasi android, karena sampai saat ini kemendagri dan disdukcapil belum mengeluarkan aplikasi untuk cek Nik menggunakan aplikasi.

0 Response to "Cara Cek NiK KTP Yang Valid dan Lengkap"

Post a Comment

Salam perkenalan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel