Cara Mendapatkan Token Listrik

Konten [Tampil]

Dampak penyebaran virus corona semakin meluas dan memberikan dampak yang besar bagi perekonomian. Apalagi golongan kelas bawah yang menjadi imbas nya. Dampak perekonomian ini makin dirasakan oleh masyarakat kelas bawah.

Hai sobat manyasahilmu.com :) kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana caranya mendapatkan token listrik gratis dari Pemerintah Indonesia dengan mudah.

Nggak tanggung-tanggung nih, dana sebesar Rp3.5 triliun pun disiapkan oleh pemerintah untuk menjalankan program tarif listrik gratis selama tiga bulan ke depan, untuk menghadapi pandemi corona sekarang ini.

Kebutuhan listrik yang mungkin setiap orang selalu membutuhkannya menjadi alasan pemerintah mengeluarkan token listrik gratis itu sebagai salah satu kesejahteraan di tengah pandemi corona sekarang ini.

Pemerintah memberikan keringanan pembayaran tarif listrik selama 3 bulan ke depan hanya diberikan kepada 24 juta pelanggan golongan 450 VA dan 7 juta pelanggan 900 VA (subsidi).

Sehingga jika kalian termasuk salah satu yang di atas dan merasa mendapatkan keringanan, maka ikutilah peraturan dan cara-cara berikut ini :

Cara Mengambil Token Listrik Gratis


Jika kalian ingin mengambil token listrik gratis selama 3 bulan, maka kalian harus memperhatikan dahulu prosedur dan ketentuan yang telah ditetapkan pemerintah di masa sekarang ini.

Menurut Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Rida Mulyana, mekanisme penggratisan tarif listrik pelanggan kategori pascabayar dan prabayar tidaklah sama.

Ada beberapa batas tertentu yang bisa mendapatkan token listrik secara gratis sehingga anda perlu mengecek apakah listrik kalian termasuk yang subsidi atau non subsidi.

Pelanggan Golongan 450 VA Pascabayar dan prabayar


Jika kalian menggunakan listrik 450 VA Pascabayar maka anda bisa melakukan pengecekan listrik anda di link PLN. Apakah listrik kalian sudah gratis sepenuhnya dan apabila gratis maka anda tidak membayar lagi selama tiga bulan ke depan.

Selama 3 bulan tersebut yaitu mulai Mei - Juni 2020 kalian nggak perlu bayar listrik apapun. Sehingga kalian tidak perlu khawatir akan kehabisan listrik, atau kena tunggakan selama 3 bulan.

Selanjutnya bagi pelanggan golongan 450 VA prabayar, maka anda bisa mendapatkan token gratis selama 3 bulan, asalkan listrik anda merupakan listrik yang memang mendapatkan subsidi dari pemerintah.

Namun jumlah nominal token yang didapatkan tidak sama antara rumah A dan rumah B yang bersubsidi. Hitungan besaran token gratis yang didapat yaitu sejumlah pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Pelanggan Golongan 900 VA (Subsidi) Pascabayar & Pascabayar

Jika pelanggan dengan golongan 450 VA akan diberikan keringanan berupa mendapatkan token dan bebas biaya bulanan atau gratis selama 3 bulan. Maka pelanggan golongan 900 VA bersubsidi pemerintah akan memberikan keringanan berupa diskon 50%.

Namun untuk pelanggan golongan 900 VA tidak. Semuanya mendapatkan subsidi gratis dari pemerintah. Ada beberapa jenis listrik yang golongan yang orang mampu dan golongan yang kurang mampu.

Bagi pelanggan 900 VA pascabayar, nantinya jumlah tagihan listrik setiap bulannya selama 3 bulan ke depan akan diberikan diskon sebesar 50%.Dan bagi pengguna listrik yang menggunakan token maka ada Pemotongan harga pada saat pembayaran pembelian token listrik.

Namun diskon tarif listrik 50% tersebut hanya diberikan kepada pelanggan 900 VA yang bukan golongan Rumah Tangga Mampu (RTM). Sehingga tidak sembarang orang bisa mendapatkan keringanan pembayaran beban listrik tersebut.

Cara mendapatkan token listrik

Cara mendapatkan token listrik cukup mudah kok. Ada dua cara yang bisa anda gunakan sebagai sarana untuk mendapatkan token listrik secara mudah. Menggunakan website resmi PLN atau menggunakan aplikasi chat Whatsapp.

Cara kerja dapat kan Token lewat web PLN

  1. Pertama yang anda lakukan adalah masuk ke website resmi PLN terlebih dahulu. Dan usahakan Jaringan internet kamu stabil sobat.
  2. Lalu masuk ke menu pelanggan di pojok kiri ada beberapa menu yang bisa anda akses.
  3. Silahkan klik menu langsung menuju ke pemilihan stimulus Covid-19.
    token listrik gratis
  4. Coba masukkan ID pelanggan atau nomor meter ke kolom yang sudah disediakan.
  5. Jika berhasil, maka token gratis pun akan muncul.
  6. Langka selanjutnya silahkan masukkan ID token gratis tersebut ke dalam meteran kamu. Dan nikmati listrik gratis dari pemerintah selalu di rumah dan Jaga kesehatanmu.

Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis Lewat WhatsApp

Jika kalian ingin mendapatkan token gratis lewat aplikasi chatting Whatsapp maka yang perlu kalian lakukan adalah :

  1. Masuk ke aplikasi Whatsapp kesayangan kalian.
  2. Setelah kalian masuk ke aplikasi Whatsapp lalu masukkan nomor 08122-123-123 sebagai teman baru. Setelah itu maka Whatsapp resmi PLN sudah kalian miliki.
  3. Chat pelayanan PLN dengan menggunakan kode pelanggan ID meteran kalian.
  4. Tunggu beberapa saat maka kode akan dikirimkan.

Namun beberapa kali aku mencoba menggunakan aplikasi Whatsapp, justru ga ada pengiriman kode token. Malahan aku dapat pengiriman token melalui situs resmi PLN bukan melalui Whatsapp.

Karena banyaknya yang harus di data dan dikirimkan token ya mungkin pihak PLN tidak bisa melayani menggunakan aplikasi Whatsapp karena banyaknya pelanggan.

Itulah beberapa cara untuk mendapatkan token gratis dari pemerintah. Sehingga kalian bisa menikmati listrik dengan gratis secara cuma cuma di tengah pandemi corona ini. Yah mungkin sedikit membantu keadaan ekonomi yang sekarang carut marut imbas wabah corona.

0 Response to "Cara Mendapatkan Token Listrik"

Post a Comment

Salam perkenalan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel