Cara Menyalurkan Hobi Menulis Secara Online

Konten [Tampil]

Jika kalian adalah salah satu penulis, apalagi kalau basic kalian suka sekali menulis. Baik itu menulis buku harian, maupun menulis di buku catatan, entah buku catatan sekolah, maupun catatan kampus. 

Nah, jika kebanyakan kalian suka menulis, baik menulis buku, ataupun media cetak yang sifatnya offline, otomatis sedikit banyaknya kalian mempunyai jam terbang yang tinggi serta pengolahan kosakata yang bagus. Hal-hal semacam itu bisa loh kalian kembangkan  lagi. 

Ibaratnya, kalian memulai sebuah kesuksesan dari nol, kemudian kalian kembangkan terus menerus sehingga hasilnya menjadi wow. Begitu pun dengan menulis, dengan sering mengasah kemampuan menulis kalian, kalian berkesempatan untuk menjadi penulis professional loh.

Zaman sekarang tuh, segala sesuatu hal mulai banyak dilakukan secara online. Ditambah, sekarang kalian semua kebanyakan menjalankan aktifitas dengan sebutan #WorkFromHome, #dirumahaja, #StayHome, atau apapun itu. Pokoknya serba online deh. Nah, kenapa kalian tidak mencoba untuk menjadi penulis di dunia online? syukur-syukur kalau kalian bisa menjadi penulis professional secara online.

Kalian tahu tidak? sekarang menjadi penulis online merupakan suatu kebanggaan tersendiri sekaligus menyenangkan. bagaimana tidak? sebagai publisher freelance (istilah keren buat para penulis yang kerjanya bebas) bisa menulis kapanpun dimanapun tanpa terikat siapapun. Mau kalian menulis menggunakan baju piyama sambil makan cilok juga tidak ada yang tahu.

Masalahnya, bagaimana cara menulis secara online di internet? cara membagikan tulisannya gimana?
Semakin lama kalian cuma bertanya tanpa mencari jawaban dan belajar, ya tentu kalian tidak akan menemukan jawabannya :D 

Kalian yang sekarang #dirumahaja , pasti kalian menghabiskan sebagian besar waktu untuk menghabiskan kuota, buka sosmed, dan membaca berita dari media online. Perlu kalian ketahui, sebagian besar media online itu memperoleh keuntungan dari kalian loh. Informasi'-informasi yang mereka sampaikan melalui tulisan di portal online tersebut tanpa kalian sadari menjadi penghasil pundi-pundi cuan untuk mereka yang mengelola situs portal online tersebut.

Mulai tertarik?

Nah, kalian lanjutkan membaca artikel ini sampai habis ya :D

Rekomendasi media/portal online untuk menyalurkan bakat menulis kalian 


Kalian nih kalau hobi menulis secara offline, walau hanya sekedar nulis curhatan di buku diary (wait, sekarang masih ada ya buku diary? :D) dan menulisnya sudah lumayan oke. Saatnya kalian upgrade level menulis kalian ke media online. Selain untuk mengasah kemampuan kalian agar lebih baik lagi, siapa tau kalau kalian rajin menulis di media online, peluang kalian bertemu teman baru akan besar. syukur-syukur kalau ketemu jodoh sesama penulis. Uwuw :p

Di internet, sudah banyak banget situs-situs online yang memberikan akses kesempatan kepada publik untuk menuliskan karya-karyanya di situs-situs tersebut. Mau menulis apapun. bebas. :) 

Berikut beberapa situs online yang bisa kalian gunakan untuk menyalurkan bakat menulis kalian ya sobat.

Kompasiana


Kompasiana adalah salah satu tempat berkumpulnya para penulis lepas, berbagai kalangan mulai dari yang paling senior sampai penulis junior.


Disini kalian bisa menuangkan ide tulisan apapun yang sesuai dengan passion, kemampuan dan hobi kalian dalam menulis. Kalian bisa membuat Tulisan mengenai sastra, dongeng, cerita kehidupan.

Bahkan, kalian bisa membuat artikel mengenai tips tips menarik lainnya.

Di Kompasiana ini, kalian bebas mengekspresikan tulisan kalian sesuai dengan passion kalian. Terlebih lagi jika tulisan kalian tuh  bagus dan enak dibaca, maka tulisan kalian bisa dibaca oleh ratusan bahkan ribuan pembaca loh.

Menjadi kontributor dari kompasiana caranya mudah. Kalian hanya tinggal mendaftarkan akun anda di situs kompasiana tersebut. Gampang kok, kalian, terutama yang masih pemula pasti bisa.

Detik.com


Salah satu media online populer lainnya adalah platform detik. Detik.com sekarang ini menjadi situs berita online yang populer di kalangan netizen. Detik pun menjadi wadah para publisher untuk menuangkan ekspresinya lewat tulisan. 

Yang membedakan dengan media online lainnya adalah, saat kalian menerbitkan sebuah karya tulisan, kalian harus menunggu tulisan kalian di koreksi oleh tim Editor Detik.com itu sendiri.

Nah, kalau tulisan kalian sudah disetujui oleh tim detik.com (ditandai dengan tulisan kalian berhasil dipublikasikan), maka kalian akan mendapatkan reward atau point yang nantinya akan bisa ditularkan dengan rupiah atau barang belanja yang lain.

Jadi selain untuk menyalurkan hobi kalian, dengan menulis di detik maka kalian berkesempatan mendapatkan berbagai macam reward yang diberikan oleh detik.com itu sendiri. Biasanya point diperoleh pada setiap tayangan artikel kalian. 

Semakin banyak artikel kalian dilihat oleh orang lain, maka makin banyak point rewards yang akan kalian dapatkan. Tapi ingat, point adalah bonus. Tujuan awal kalian ingin mengembangkan bakat menulis kalian bukan? :D

Blogger


Untuk kalian yang benar-benar ingin menulis secara mandiri tanpa terikat salah satu situs media online tertentu, blogger lah jawabannya. Blogger memfasilitasi para penulis untuk menuangkan tulisannya sendiri di sana.


Blogger menuntut kalian untuk membuat blog atau flatroom blog yang berupa blogspot.com. Nantinya blog ini akan menjadi wadah bagi kalian dalam menuangkan karya kalian sebagai seorang penulis. Bahkan kalian bisa mengembangkan blogspot menjadi sebuah flatroom yang kalian miliki sendiri dengan domain suka-suka. Seperti situs yang kalian baca sekarang ini, Manyasahilmu.com hehe.

Blogger tidak memberi batasan kepada kalian, kalian bebas mengekspresikan tulisan lewat flatroom ini. Sehingga kalian bisa mengatur tema, tampilan, menu dan lain sebagainya saat kalian mendaftarkan blog pertama kali nya.

Blogger memberikan peluang kepada kalian untuk berekspresi serta menuangkan tulisan kalian sebanyak mungkin. Jika kalian rutin membuat tulisan yang menarik di platform blogger, maka bisa jadi blog kalian akan dikunjungi oleh banyak orang, sehingga tulisan kalian akan dikenal di masyarakat luas.

Keuntungan menulis di flatroom blogger berikutnya adalah kalian bisa menghasilkan uang dari tulisan kalian, asalkan kalian benar-benar dalam menulis melaksanakan kaidah tulisan yang sesuai dengan EYD dan teknik penulisan yang benar.

Media periklanan seperti Google Adsense pun bisa saja menghampiri blog kalian apabila blog kalian sudah mempunyai banyak pengunjung dan tulisan kalian tidak melanggar kebijakan Google. Maka artikel yang ditulis di blog kalian bisa diajukan ke Google adsense.

Wordpres.Com


Jika kalian ingin mencoba flatroom yang satu ini boleh juga kok. Kalian bisa langsung saja masuk ke WordPress. Silahkan daftarkan akun kalian di layanan WordPress dan rasakan pemanfaatan gaya menulis menggunakan WordPress.


Menulis di wordpress bisa meningkatkan skill dan kemampuan anda dalam sisi ke penulisan. Bisa jadi dengan membuat berbagai macam artikel di plathroom seperti WordPress kalian bisa semakin meningkatkan skill kemampuan.

WordPress.org


Wordpress yang satu ini adalah layanan kepenulisan yang berbayar.  Berbasis layanan self hosting yang artinya kalian harus mendaftar di situs wordpress.org dahulu. Setelah itu bisa mendapatkan layanan lanjutan dengan membikin domain ke tingkat lanjut dan membeli hosting mandiri.


Pada awalnya memang ribet membuat tempat menulis menggunakan platform wordpress.org, karena memang mengeluarkan biaya, seperti membeli domain dan membeli hosting segala macam baru bisa menulis dan bikin artikel.

Namun kepuasan memakai flatroom ini memang beda dari yang lain, selain fitur penulisan lengkap dan yang pastinya anda sudah merasa memiliki rumah sendiri yang bisa digunakan untuk menulis dan menerbitkan artikel.

Jalan Tikus


Jalantikus.com menyediakan ruang penulisan bagi kalian yang suka menulis lepas sebagai influencer dan publisher content. Hampir sama dengan platform lainnya, ketika kalian menulis di jalantikus maka artikel yang kalian kuasai adalah masalah teknologi.


Oleh karena itu, bagi kalian yang suka mengutak atik masalah teknologi, maka tidak ada salahnya untuk mencoba penulisan pembahasan masalah tekno di jalan tikus.


Itulah beberapa tempat anda menyalurkan karya karya terbaik kalian. Sehingga kalian bisa menuangkan hobi penulisan anda, tiidak hanya dengan catatan online atau diary binder lagi. Namun bisa diekspresikan melalui pembuatan artikel secara online. Selamat berkarya :)

0 Response to "Cara Menyalurkan Hobi Menulis Secara Online"

Post a Comment

Salam perkenalan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel