Inilah Beberapa Tips Sukses Lulus Selesksi CPNS 2019

Tips Sukses Lulus Selesksi CPNS
Abdi Negara sekarang ini masih menjadi pilihan orang Indonesia sebagai salah satu profesi yang paling banyak di minati di negeri ini. Buktinya apabila ada pendaftaran CPNS, terlihat banyak sekali orang yang mendaftar untuk menjadi PNS.

Banyak orang-orang yang beramai-ramai mendaftar CPNS, ketika dibukakan pendaftaran CPNS oleh pemerintah.

Pendaftaran CPNS menjadi Primadona orang Indonesia. meskipun terkadang yang diterima jumlahnya sedikit, persaingan yang sangat ketat tidak membuat pendaftaran CPNS semakin sedikit.

Bahkan setiap tahunnya, orang yang mendaftar CPNS semakin banyak tahun 2018 saja, sebanyak kurang lebih 7000.000 orang mengikuti  seleksi CPNS berskala nasional.

Persaingan akan menjadi sangat ketat Ketika semakin banyaknya  pendaftar setiap tahunnya.apalagi yang baru lulus kuliah setiap tahun semakin banyak,  Oleh karena itu perlu latihan yang lebih serius untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Jika kamu ingin menjadi PNS maka perlu persiapan yang lebih matang, pastikan kamu sudah memiliki semua persyaratan yang ingin kamu daftarkan siapkan dokumen jauh-jauh hari sebelum pendaftaran, serta perbanyak latihan soal-soal mengenai CPNS tahun lalu.

Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk bisa mendapatkan nilai yang baik pada saat mengikuti tes CPNS

Pilih instansi yang tepat


Tips Sukses Lulus Selesksi CPNS
Meski melakukan tes CPNS secara bersamaan, namun setiap instansi memiliki soal yang berbeda-beda. MIsalkan Soal di instansi Sekolah Dasar berbeda dengan Soal di instansi Kementerian, terutama dalam komposisi soalnya Apakah instansi pendidikan jauh lebih mudah  dibandingkan dengan instansi Kementerian.

Jika kamu memilih instansi yang tepat tidak menutup kemungkinan persaingan akan semakin sedikit pada instansi tersebut, akan tetapi yang perlu kamu perhatikan adalah jurusanmu Apakah sesuai dengan instansi yang kamu pilih  tersebut.

Jangan sampai kamu salah memilih instansi yang tidak sesuai dengan jurusan, hal ini akan berakibat fatal dan gagalnya pada proses pemberkasan CPNS nantinya. Kamu akan terancam tidak bisa mengikuti tes kompetensi dasar dan tes kompetensi bidang pada CPNS akan datang.

Ketika ijazah yang kamu miliki adalah ijazah pendidikan, jurusan sekolah dasar, jangan coba-coba kamu memilih atau memasuki instansi yang bukan dari keahlianmu, misalkan saja jurusan Kementerian Kelautan.

Oleh karena itu cari tahu instansi yang sesuai dengan jurusanmu sehingga dapat  memudahkan kamu untuk mengikuti tes CPNS tahun ini.

Belajar tes latihan CPNS


Tes CPNS terdiri dari dua jenis yaitu tes kompetensi dasar, dan tes kompetensi bidang.

TKD dibagi lagi menjadi Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Masing-masing memiliki passing grade alias nilai ambang batas yang harus dipenuhi untuk bisa lulus tes CPNS, yakni 80 untuk TIU, 75 untuk TWK, dan 143 untuk TKP.

Ada beberapa jenis soal yang dalam CPNS

1. TIU

Tes intelegensi umum merupakan teks yang berisi tentang mata pelajaran Logika Matematika, Sinonim, Antonim, bahasa Indonesia dan juga IPA.

Untuk menjawab soal tiu maka dahulukan soal yang mudah sehingga kamu bisa menjawab dengan fokus tanpa menghilangkan waktu yang ada.

dahulukan mengerjakan soal kemampuan verbal berupa sinonim, antonim, dan analogi, kemampuan berpikir logis berupa silogisme, atau kemampuan berpikir analitis berupa soal spasial.

2. Tes wawasan kebangsaan atau TWK

Tes wawasan kebangsaan merupakan sebuah tes yang berisi tentang pengetahuan mengenai bangsa dan negara Indonesia, rata-rata isinya tes wawasan kebangsaan adalah tentang Pancasila sistem birokrasi di negeri ini,

TWK terdiri dari soal Pancasila, UUD 1945, sejarah perjuangan bangsa, sampai sistem tata negara Indonesia. Mentang-mentang terkesan seperti pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yang sarat muatan budi pekerti.

3.TKP

Untuk soal TKP, kamu baru boleh memilih jawaban yang paling bagus di antara yang lain. Selain itu, kamu juga harus jujur dalam menjawab soal,sehingga nilai poin yang akan kamu dapatkan tinggi, karena jawaban kamu bisa mencerminkan siapa dirimu. TKP juga bisa dipelajari lewat buku latihan soal tes CPNS karena biasanya soal yang keluar kurang lebih mirip.

4.TKB

Tes kompetensi bidang tes kompetensi bidang merupakan salah satu tes yang ada di tahapan seleksi CPNS 2019, Oleh karena itu kamu harus mempersiapkan diri secara matang dan secara baik-baik untuk menghadapi tas ini.

Tes kompetensi bidang biasanya merupakan tahapan akhir dari tes untuk menjadi CPNS atau seorang abdi negara di Indonesia.

Memperdalam ilmu tes kompetensi bidang yaitu dengan melatih diri kamu menjawab soal-soal yang ada di dalam buku CPNS,

Memilih jurusan sesuai dengan instansi yang kamu kuasai pada saat tes kompetensi bidang,adalah hal yang sangat tepat biasanya dalam tes kompetensi bidang ini semua pertanyaan-pertanyaan dalam tes ini merupakan cerminan dari kemampuan yang kamu miliki selama proses pendidikan di perkuliahan.

Istirahat yang cukup menjelang  tes CPNS


Kondisi tubuh kita yang sering lelah serta sudah lelah, sangat memungkinkan untuk jahat sehingga, istirahat yang cukup adalah teknik utama untuk memudahkan tes CPNS.

Tubuh yang beristirahat cukup akan mendapatkan lebih banyak energi sehingga ketika melakukan tes CPNS wilayah dalam kongres kedua maka kamu akan lebih fokus dan tenaga mu  kembali akan digunakan secara maksimal dalam melaksanakan tes CPNS itu.

Jangan lupa sarapan pada saat melaksanakan tes CPNS


Di hari H, jangan lupa sarapan agar kamu bisa lebih berkonsentrasi mengerjakan soal. Pastikan kamu datang sebelum waktu tes yang sudah ditentukan. Jangan sampai telat, karena akan membuatmu panik dan kekurangan waktu mengerjakan soal. Mulailah mengerjakan soal dengan berdoa. Semoga kamu lulus tes CPNS dan diterima di posisi yang kamu inginkan,.

Perhatikan alat tulis yang kamu bawa


Pada saat hari H menuju tes CPNS, yang perlu kamu Siapkan adalah berbagai macam alat tulis serta keperluan kamu untuk mengikuti tes CPNS.

Walaupun CPNS bebas buku dan kertas akan  tetapi pulpen dan buku itu sangat diperlukan ketika ada pemberitahuan untuk tanda tangan, dan lain sebagainya.

itulah beberapa hal yang perlu kamu siapkan menjelang Pendaftaran CPNS, dan mengikuti tes cpns, bagi kamu yang tidak mempersiapkan dirimu dengan baik, maka siap-siap jatah pns kamu akan di kebut oleh orang Lain.

0 Response to "Inilah Beberapa Tips Sukses Lulus Selesksi CPNS 2019"

Post a Comment

Salam perkenalan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel