Cara Mudah Mengubah Suara Menjadi Teks Menggunakan Aplikasi

Cara Mudah Mengubah Suara Menjadi Teks Menggunakan Aplikasi
Menulis merupakan hal yang membosankan Apalagi ketika pekerjaan baik diluar maupun dalam rumah banyak. waktu untuk menulis konten sangat terbatas.

Seorang blogger dituntut untuk selalu mengupdate artikelnya demi kenyamanan dan kepuasan pembaca. Sehingga dipelukan update content tiap hari.

Namun seorang blogger tidak mungkin membawa laptop tiap hari ke mana-mana. Untuk bisa menulis konten memerlukan waktu dan juga pikiran. Oleh karena itu seorang penulis harus kreatif dalam menuangkan isi dan tulisannya di manapun dan kapanpun berada.

Seperti memanfaatkan catatan-catatan berupa buku, microsoft word di Android, bahkan catatan-catatan kecil apa yang berupa memo yang harus dibawa setiap seorang penulis.

Untuk catatan dan memo memudahkan kita dalam menuangkan ide pikiran, dan  ada segelintir ide itu yang perlu dituangkan dalam sebuah tulisan. Sehingga kita memerlukan pikiran yang matang dalam membuat sebuah konten.

Dewasa ini banyak sekali aplikasi yang memudahkan para penulis dalam membuat sebuah konten. Baik berupa aplikasi Word maupun aplikasi pengolah data lainnya.

Yang paling utama adalah aplikasi pengubah suara menjadi teks. Karena kemalasan kita sering datang di mana saja kapan saja bahkan malas itu datang pada saat kita ingin menulis sebuah konten. Cara yang paling mudah untuk mengatasi semua ini adalah mencari aplikasi yang mana hanya dengan suara maka teks bisa ditulis dengan mudah.

Berikut ini ada beberapa aplikasi pengubah suara menjadi teks yang perlu kamu ketahui.

1.Mengubah suara menjadi teks dengan Google Translate


Mungkin semua orang sudah tahu yang dinamakan dengan Google Translate. Google Translate adalah layanan yang resmi dari Google, fungsinya adalah untuk memudahkan para pengguna menerjemahkan bahasa yang tidak diketahui di dunia.

Namun belakangan ini para penulis konten banyak menggunakan Google Translate sebagai alat untuk memudahkan penulisan konten secara menyeluruh.

Google Translate bisa menerjemahkan siswa yang berasal dari MP3 menjadi teks. Kalian bisa menggunakan layanan ini sebagai alat untuk tulis konten original di blog atau web kalian. Kalian tidak perlu lagi mengetik gunakan keyboard komputer ataupun keyboard Smartphone kalian.

Caranya cukup sederhana dalam mengubah suara menjadi teks di Google Translate ;


  • Silakan buka browser kesayangan anda, dalam tutorial ini saya menggunakan Chrome sebagai salah satu media untuk membuka google translate.
  • Masuklah ke Google.com Pada halaman Google, klik menu Google Apps yang ada di pojok kanan atas, kemudian klik Terjemahan yang ada di bawah.
    google translate new
  • Maka anda akan masuk ke halaman Google Translate seperti di bawah ini.
  • Silahkan pilih bahasa yang akan digunakan Bila anda menggunakan komputer bukan laptop, pasang mikrofon eksternal pada socket (colokan) yang ada gambar mikrofonnya, socket ini biasanya berwarna merah.
    cara mengubah video jadi teks
    Via : www.bosstutorial.com
  • Untuk mulai merekam silakan klik icon yang bergambar mic yang ada di bagian bawah dan bersamaan dengan itu akan muncul icon gambar mic warna merah di bawahnya akan muncul, yang menandakan Google Translate siap merekam suara anda.
  • Setiap yang anda ucapkan maka tulisannya akan muncul dihalaman Google Translate.Jika sudah selesai silahkan klik icon mic yang berwarna merah.
    warna merah tuh
    Via : www.bosstutorial.com
  • Silahkan copy semua teks hasil rekaman suara anda tadi, anda bisa meng-copy-nya ke Microsoft Word, NotePad atau yang lainnya.
  • Setelah berada di Word, silakan edit, karena biasanya banyak yang salah ditambah lagi Google Translate tidak bisa menerima perintah pembuatan tanda baca.


Di Google Translate hanya mampu memuat 5000 kata. Sehingga kita perlu mencari alternatif lain apabila MP3 yang kita upload ke dalam Google Translate isi dari 5000 kata.

2. Memakai Google dokumen


Google dokumen dikenal sebagai alat untuk secara online. Google dokumen sudah banyak dipakai oleh semua orang sehingga, aplikasi yang berbasis online ini menjadi alternatif penulis konten, Aplikasi ini sangat memudahkan mereka dalam mengolah konten dan memperbaiki kata-kata yang salah.

Disamping itu Google dokumen juga menerima suara dari kita menjadi sebuah teks yang sangat jelas. Cara mengubah suara menjadi teks di Google dokumen sangat mudah, kamu hanya tinggal mengaktifkan Google Voice di keyboard Smartphone anda.

3 Aplikasi Note Android


Aplikasi Note Android digunakan sebagai pengolah Catatan Kecil. Android bisa digunakan untuk mengubah suara menjadi teks ya kalian tidak perlu lagi mengetik menggunakan keyboard.

Aplikasi Note Android bisa kalian Unduh di Google Play atau Play Store. Aplikasi Note Android ini sangat berfungsi apabila kalian kelelahan dalam melakukan pengetikan di keyboard Android.

Hanya menggunakan suara mu di android atau smartphone kamu maka muncullah sebuah teks di Note yang terintegrasikan dengan internet.

Itulah beberapa aplikasi yang bisa  kamu gunakan untuk mengubah suara mu menjadi sebuah teks sehingga kamu bisa mengetik kapan saja di mana saja tanpa menggunakan komputer, konten kamu akan tetap selalu update tidak perlu mengetik menggunakan tangan sehingga jalan alternatif ini kapanpun kamu mau. 

0 Response to "Cara Mudah Mengubah Suara Menjadi Teks Menggunakan Aplikasi"

Post a Comment

Salam perkenalan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel