8 Persiapan Yang Perlu diLakukan ketika musim Hujan Tiba

musim Hujan bro
Memasuki bulan desember, musim hujan telah melanda seluruh indonesia, bencana kadang saja bisa terjadi di mana saja, persiapan matang harus di lakukan semanjak sekarang sebelum terlambat, karena ketika datang musim hujan dan anda tidak menyiapkan apa-apa maka yang akan terjadi adalah biasanya, anda akan kebasahan, kebanjiran dan kaget bukan kepalang ketika kehujanan.

Musim hujan memang selalu membawa berkah bagi para pedagang payung dan jas hujan, akan tetapi niat dan kostinsi anda dalam mempersiapkan itu semua tergantung pada niat dan tujuan anda di masa mendatang. Apakah persiapan itu sudah anda lakukan, memperkirakan apa yang akan terjadi apabila musim hujan tiba, atau anda anggap biasa – biasa saja dan musim hujan adalah hal yang tidak diperdulikan.

Padahal banyak hal yang perlu disiapkan sebelum datangnya musim hujan, termasuk membersihkan halaman dari tumpukan sampah, membuang genangan air dan membersihkan kaleng – kaleng bekas di sekitar rumah, Hal ini akan membantu anda agar nyamuk tidak berkembang biak secara massal. Sehingga minimalisir terjadinya perkembang biakan nyamuk adalah salah satu cara untuk mencegah terjadinya penyakit demam berdarah, yang sering menyerang di Musim Hujan.

Beberapa persiapan yang bisa anda siapkan menjelang Musim Hujan


1.Perbaiki atap rumah yang bolong

Ketika di musim kemarau, atap rumah sudah mulai banyak yang bolong, tidak akan mempengaruhi apa-apa. Paling cahaya matahari akan  masuk melalui atap yang bolong  tersebut, akan tetapi apabila musim hujan telah tiba, seharusnya anda sudah memperbaiki atap rumah yang bolong tersebut sehingga air tidak akan masuk kedalam rumah.

Apabila atap rumah masih ada yang bolong dan hujan sudah mulai turun, maka siap – siap di dalam rumah anda akan kebasahan,  yang akan menjadi kendala bagi anda sendiri, sehingga sebaiknya sebelum datang musim Hujan atap yang bocor harus anda perbaiki dahulu.

2. Membeli jas hujan

Sudah pasti sangat diperlukan, jas hujan sangat diperlukan sekali bagi anda, pada saat musim hujan, apalagi jika anda mempunyai kendaraan bermotor maka ketika kehujanan di jalan, jas hujan akan menjadi penyelamat agar badan tidak menjadi basah-basahan. Sehingga membeli jas hujan itu sangat penting sekali disamping sebagai salah satu cara untuk menjaga diri dari kedinginan dan menghindarkan dari kebasahan.

Harga jas hujan sekarang ini tidak mahal, kamu bisa membelinya di beberapa took terdekat, bahkan anda bisa membelinya di pinggir jalan, asal punya jas hujan pun sudah tidak masalah, setidaknya kamu sudah menjaga diri kamu agar tidak kedinginan.

3. Siap sedia obat demam

Ketika terjadi perubahan musim, lebih khusus dengan adanya musim hujan dan pergantian musim itu sering terjadi maka bisa dipastikan  segala jenis penyakit akan sering bermunculan

4. Makan  makanan bergizi

Salah satu cara menghadapi musim penghujan adalah, memakan makanan yang mengandung banyak Gizi, hal ini sangat di anjurkan di karenakan, ketika anda memakan makanan yang mengandung banyak Gizi, maka kesehatan anda akan terjaga, serta selalu memiliki tenaga pada saat menjalankan aktivitas, memakan makanan yang bergizi dapat membantu menjaga kesehatan, menjaga energi dan suhu tubuh.

5. Lebih banyak berkumpul keluarga

Musim hujan adalah musim yang dimana suhu udara jauh lebih rendah daripada biasanya, sehingga terasa sangat dingin sekali, untuk menghadapi itu semua maka diperlukan dan perbanyaklah berkumpul keluarga, karena keluarga akan membantu menghangatkan suasana.

6. Perbanyak Mengkonsumsi air hangat

Hujan membuat semua orang kedinginan, bahkan jika kamu terus memaksakan diri dan tidak melakukan apa-apa bisa jadi tubuh kamu akan mengalami Hipotermia atau penyakit yang membuat tubuh menjadi sangat dingin.

Untuk menghindari itu semua maka perlu sekali mengkonsumsi air hangat, air hangat memiliki fungsi sebagai salah satu penghangat untuk tubuh sehingga, jika pada musim penghujan maka konsumsilah air hangat sebanyak banyaknya.

7. Berteduh jika Hujan Lebat

Ketika kamu di jalan dan sedang mengalami kehujanan, alangkah baiknya berteduh dahulu di tempat yang memungkinkan kamu terhindar dari hujan, hal ini akan meminimalisir penurunan suhu tubuh yang terlalu cepat akibat kehujanan. Sehingga menyebabkan kedinginan yang teramat sangat. Dengan berteduh maka suhu tubuh kamu akan terasa hangat sehingga tubuh tidak akan mengalami kedinginan yang berlebihan.

8. Tidur menggunakan selimut

Pada waktu malam hari di musim hujan, usahakan tidur menggunakan selimut. Hal ini berkaitan dengan pemanasan suhu tubuh. Apabila tubuh merasa kedinginan pada saat tidur maka usahakan kamu menggunakan selimut. Bias tidur nyenyak dan tidak kedinginan.

Itulah beberapa tips agar bisa diterapkan dalam menghadapi musim hujan, karena segala apapun yang dinamakan musim hujan, ia akan menghasilkan berbagai macam manfaat bagi manusia dan tumbuhan, akan tetapi musim hujan juga perlu diwaspadai karena segala bentuk penyakit akan mudah berkembang biak, karena lembab dan lain sebagainya. Untuk mengantisipasinya maka anda harus benar – benar memperhatikan tips- tips tersebut dengan seksama.

0 Response to "8 Persiapan Yang Perlu diLakukan ketika musim Hujan Tiba"

Post a Comment

Salam perkenalan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel