Tips Menjawab Pertanyaan Interview Kerja Dengan Sopan

interview kerja
Mencari lowongan pekerjaan sekarang ini merupakan hal yang mudah dilakukan, karena kemajuan teknologi dan kecanggihan zaman  orang - orang banyak mencari pekerjaan di dunia Maya, internet dan situs - situs job online yang lain.

Lowongan Pekerjaan di dapatkan melalui informasi yang cepat, tepat dan dinamis. Akan tetapi, Setiap pencarian Lowongan pekerjaan yang ada harus dilalui dengan berbagai macam tantangan untuk bisa masuk ke dalamnya.

Salah satu tantangan yang banyak terjadi adalah, membuat surat Lamaran, CV dan Melakukan beberapa Interview yang bisa saja akan membuat kamu terjebak di dalam beberapa pertanyaan dari bos Kamu tersebut.

Interview di dalam dunia kerja memang sangat beragam, ada yang santuy ada yang keras, dan  ada yang tegas bisa bikin badan kamu panas dingin pada saat menjawab pertanyaan pimpinan di salah satu perusahaan yang kamu lamar.

Beberapa cara agar kamu tidak gugup dalam menjawab interview yaitu dengan mempelajari tips-tips berikut ini insya allah Interview kamu berjalan dengan lancar.

Tips Menjawab Interview di Dunia Kerja


Di dalam dunia kerja ada beberapa pertanyaan yang akan diajukan seorang HRD kepada karyawan yang baru melamar pekerjaan,  bagaimanakah cara mengatasinya agar semua pertanyaan interview itu terjawab semuanya Berikut ulasannya;

Perkenalkan diri anda


Pertanyaan ini sering muncul ketika kamu masuk interview di salah satu perusahaan, Pertanyaannya tergolong simple dan Mudah bukan. Tapi ingat, seorang HRD akan menilai anda dengan cara bagaimana anda bisa menceritakan diri kepada orang lain.  dan mampu menceritakan yang sejujurnya apa adanya tanpa harus di rekayasa.

Ketika kamu bercerita mengenai keadaan diri kamu maka karakter kamu mulai terlihat , seperti karakter apa, dimana, kapan dan cara bicara gimana serta Pola pikir yang kadang harus kamu ungkapkan secara hati-hati.

Ingat seorang HRD rata-rata lulusan psikologi, paham menggali orang dari teknik Interview, sehingga kamu harus benar-benar menguasai kemampuan kamu bercerita kepada mereka sedemikian mungkin dan sejujurnya, jika bohong bakal ketahuan lo.

Yang Harus kamu lakukan Ketika interview ;


  • Salam hangat, sapalah semua orang yang ada di sana.
  • Menceritakan tentang data Pribadi dan diri kamu secara singkat
  • Cerita tentang pekerjaan dan apa Jobdesknya
  • Coba Fokus ke skill dan Kompetensi yang bisa kamu jual di Posisi itu
  • Jika kamu tidak punya pengalaman kerja Bisa kamu ceritakan aktivitasmu sehari-hari.

Jangan Lakukan Hal Ini Pada Saat Interview;


  • Menyampaikan data-data pribadi secara bertele-tele
  • Ceritakan Hobi kamu, jadikan sebagai intermezzo aja, jangan jadikan komponen pertama pas perkenalan diri kamu.
  • Cerita sifat semu misalkan "saya siap bekerja keras dan bertanggung jawab atas kemajuan perusahaan"
  • Mengiba Perusahaan.

Apa yang Kamu Ketahui Tentang Perusahaan Ini


Terkesan sebuah pertanyaan basa-basi dari HRD, namun ini penting sekali lo. Sebagai jobseeker . kamu harus wajib dan kudu banget tau seluk beluk perusahaan yang dilamar, pertanyaan ini akan ngepoin sejauh mana kamu tahu tentang perusahan ini.

Jawaban Kamu Ketika diberi pertanyaan ;


Kamu cari aja Googling tentang perusahan tersebut, bergerak di bidang apa, pelajari visi dan misi perusahan apa dan bisnisnya apa. akan tetapi jawablah senatural mungkin jangan dihafal. Minimal kamu bisa memahami dan mengetahui beberapa misi perusahaan , bergerak di bidang apa , bisnisnya gimana dan saingannya siapa, senatural mungkin deh pokoknya jangan Bohong.

Kamu Kenapa Tertarik Apply Disini


Pada saat mendapat pertanyaan ini kamu jangan terkecoh yah, pertanyaan ini biasanya akan menggali berapa sih besar motivasi kerja kamu. Kebanyakan orang akan menjawab; Karena gajinya besar, perusahaannya gede, dan lain-lain.

Padahal itu kelihatan banget tidak profesionalnya. Karena bagaimanapun ketika kamu menyebut Gaji di awal , akan terdengar sangat materialis.

Sebaiknya kamu ceritakan kenapa kamu passionate sama perusahaan ini, berceritanya bisa di mulai dengan ulasan mengenai kamu tertarik dengan core bisnisnya, atau juga baground pendidikan kamu sudah cocok untuk bidang yang dilamar, emang benar-benar merasa jika skill yang kamu miliki membawa kamu masuk ke perusahaan itu.

Kamu Tahu Posisi Apa yang Kamu Lamar Sekarang


Kamu harus tahu banget posisi apa yang harus kamu lamar sekarang, jangan sampai Blank atau Kosong sama sekali gambaran pekerjaan yang bakal kamu lamar tersebut.

Tips Interview :


Ketika melamar di berbagai macam perusahan catat posisi apa yang kamu lamar, kebiasaan banyaknya perusahan  yang dilamar akan menyulitkan kamu untuk mengingat apa posisi yang dilamar di salah satu perusahaan.

Setelah tahu posisi kamu yang di lamar apa, coba googling tentang informasi mengenai posisi itu dan temukan Gambaran yang sebenarnya mengenai posisi tersebut.

Jelaskan dari sudut pandang kamu, jangan copas dari  internet, apa lagi bingung tujuh keliling, sangat dihindari itu.


Lingkungan Kerja Seperti Apa Yang Kamu Inginkan


Di pertanyaan Berikut ini HRD akan berusaha menggali ritme dan gaya kerja kamu kayak gimana, maka dari itu hati-hati sobat, kamu akan ketahuan apakah kamu senang sendiri atau lebih asik banyak teman, Kompetitif atau Kooperatif, hati-hati pada saat menemukan pertanyaan ini saran mimin tetaplah menjadi diri kamu apa adanya tanpa membohongi Publik.

Apa yang Bisa Kamu Berikan Untuk Posisi / Perusahaan Ini


Biasanya pertanyaan ini umum ditanyakan pada saat melakukan Interview, jika bisa silahkan kamu kaitkan dengan pengalaman kerja dan ilmu yang kamu punya dengan harapan kamu bisa kerja ditempat baru tersebut. Misal kamu bisa lebih cepat kerjanya jika sudah punya ilmu itu

Berikan sesuatu penutup yang manis, misal jika kamu kerja disini apa yang akan diperoleh perusahaan juga di jelasin, pekerjaan menjadi cepat misalkan, mendapatkan hal-hal yang baru, dan sebagainya. asal jangan melebih lebihkan.

Kenapa Kamu Berhenti Dari Pekerjaan Sebelumnya


Memang pertanyaan ini adalah paling sulit bagi para pencari kerja. dijawab jujur , takut dianggap jelek, di jawab tidak jujur  kelihatan benget bohongnya. terus apa yang perlu kita lakukan untuk menghadapi pertanyaan Interview seperti ini.

Tipsnya adalah jelasin aja apa-adanya , tanpa menjelekkan pihak manapun. Misal karena habis kontrak. Ga lolos Probation, bisa juga karena simply lingkungan kerjanya tidak sehat untuk fisik dan mental.

Tidak apa- apa ketika mau menjelaskan dengan apa adanya seperti itu, HRD lebih memberikan apresiasi kepada kandidat yang jujur apa adanya.

Apa yang Kamu Lakukan Ketika Menghadapi Situasi Kerja yang Tidak Menyenangkan


Setiap orang punya cara masing-masing untuk menghandle stress atau ketika situasinya tidak menyenangkan di dunia kerja.Namun HRD ingin mengetahui sejauh mana kedewasaan kamu dalam menghadapi masalah ketika nanti bekerja di perusahaan ini, atau kamu termasuk orang yang melalaikan pekerjaan dan menunda pekerjaan itu, Intinya Kita harus jujur.

Lagi Proses di Tempat Lain, Gak


Nah pada proses ini HRD mastiin status kamu gimana. Apakah avaible bisa di hire cepat atau gimana? atau masih ada proses di tempat lain. Jika Pun ada proses Lamaran di tempat lain, silahkan sampaikan apa adanya sejauh apapun proses yang kau jalani. Bisa dibilang sesama HRD itu rebutan kandidat, apalagi jika kandidatnya bagus banget buat di pekerjakan.

Jadi jika kamu jujur sama HRD bisa jadi kamu akan di Hire lebih cepat kan ga mau di ambil Oleh HRD lainnya, enak banget kan jadi rebutan para HRD.

Gaji Kamu di Tempat Kemarin Berapa


Nah HRD biasanya akan nanya sekaligus mastiin juga harga yang pantes buat kamu berapa, ada juga HRD yang minta slip gaji kamu, buat benar-benar mastiin gajih kamu segitu, jawab aja sejujur-jujurnya biar HRD yang akan menilai kamu.

Apa ada Pertanyaan


Yap,,! jika mendengar sesi pertanyaan ini, yang artinya interview sudah berakhir, melakukan closing yang cantik dan berikan Motivasi untuk perusahan yang kamu lamar. Tunjukkan motivasi dan sisi Positif kamu disini, kesan Baik = Hasilnya baik.

Itulah beberapa tips menghadapi Hrd ketika kamu melakukan proses Interview di dalam dunia kerja, semoga lulus dan di terima kerja di tempat yang kamu inginkan. Tetap semangat kawan.

0 Response to "Tips Menjawab Pertanyaan Interview Kerja Dengan Sopan"

Post a Comment

Salam perkenalan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel