Tempat Wisata di Bangka Belitung Yang Harus Kamu Kunjungi

Bicara tentang wisata, tak lepas dari tempat apa saja yang cocok untuk dikunjungi di suatu daerah tersebut, apa saja destinasinya dan apa saja keunikan yang terdapat didalamnya.

Pulau bangka belitung merupakan sebuah kepulauan yang terletak di sebelah timur Sumatra, Indonesia dan termasuk dalam wilayah provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Populasinya pada 2004 berjumlah 789.809 jiwa. Luas pulau Bangka ialah 11.693.54 km² ditempat ini banyak sekali wisata yang terdapat di dalamnya, apalagi pulau bangka belitung pernah menjadi tempat syuting film laskar pelangi beberapa tahun silam.

Wisata ke pulau bangka belitung, memungkinkan kamu menjadikan pulau bangka belitung sebagai tujuan wisata favorite. Di pulau bangka belitung banyak sekali terdapat wisata yang menarik untuk dikunjungi.Berikut ini kami akan memaparkan beberapa destinasi wisata di pulau bangka belitung.

Tempat wisata alam di pulau bangka belitung

Tempat wisata alam yang ada di pulau bangka belitung sifatnya bermacam-macam.wisata alam di bangka belitung identik dengan sungai, danau, pegunungan dan pantai, apa saja wisata nya coba kita ulas satu-satu.


1.Pulau Ketawai

Pantai ketawai Bangka Belitung
Pulau ketawai adalah Pulau di bangka belitung yang terletak di Kura, Koba, kabupaten bangka Belitung, merupakan pulau kecil kebanggaan masyarakat bangka belitung dan pelestariannya sangat dijaga, pulau ini juga merupakan pulau yang banyak dikunjungi wisatawan.


2.Pulau Pelepas

Pulau pelepas Bangka tengah
Pulau pelepas merupakan Pulau yang ada di Bangka tengah, pulau pelepas kaya akan kekayaan alamnya pulau ini juga memberikan nuansa tersendiri bagi wisatawan daerah maupun luar daerah an merupakan salah satu wisata yang memiliki keindahan alam yang telah meneduhkan pemandangan, pulau ini terletak di desa yang berada di kecamatan sungai selan, kabupaten bangka tengah, sekitar 1,5 - 2 jam untuk menuju pulau ini mulai dari kepulauan bangka belitung.


3.Pantai Tanjung Pesona

Pantai tanjung pesona terletak di Desa Rambak, kecamatan Sungailiat, yang berjarak 9 Km dari pusat Kota sungailiat Kabupaten Bangka,Pantai ini berada ditengah tempat antara pantai teluk uber dan pantai tikus, pantai ini memiliki panorama laut lepas yang begitu indah ditambah dengan kebiruan airnya yang sangat memukau pemandangan, apabila kamu berjalan - jalan ke bangka belitung jangan lupa mampir ke pantai tanjung pesona yang menawan.


4.Pantai Pangana

Pantai pangana merupakan salah satu pantai yang terletak di kecamatan parittiga jebus kabupaten bangka barat, bangka, pantai ini memiliki keindahan tersendiri, disamping airnya yang sangat jernih pantainya pun sangat bersih.


5.Pantai Turun Aban

Pantai Turun aban dari atasPantai turun aban, memiliki alamat di Sinar Baru, Sungailiat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung,Pesona pantai di Bangka seakan tak ada habisnya. Di sisi timur pulau, ada Pantai Turun Aban yang cantik dan berhias batu granit berukuran kecil dan besar seakan menambah panorama cantiknya pantai di bangka belitung.


6.Pantai Batu Tambun

Pantai Batu Tambun asal muasalnya mungkin karena cukup banyak bebatuan granit yang berukuran besar, maka dinamakanlah Pantai Batu Tambun. Pantai yang cukup eksotis dan unik ini Memiliki akses jalan di sebuah alamat Jl. Pulau Belitung, Air Itam, Bukit Intan, Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung,bagi kalian yang suka berwisata ke pulau bangka belitung jangan lupa mampir ke pantai ini sekalian liat - liat indahnya alam di kepulauan bangka belitung.


7.Pantai Rambak

pantai rambak bangka belitung
Terletak di Sungailiat, kepulauan bangka belitung dan merupakan salah satu pantai yang memiliki akses keindahan alam yang mempesona juga, bahkan pantai ini sangat indah dan apabila kalian tidak mengunjunginya bakal rugi banget.


8.Pantai Pasir Padi

Pantai pasir padi yang terletak di bangka belitung memiliki keunikan tersendiri Pantai Pasir Padi merupakan salah satu pantai di Pulau Bangka. Pantai ini menghadap langsung ke Laut Natuna. Memiliki garis pantai sepanjang 100 hingga 300 meter dengan ombak yang tenang, warna pasirnya yang putih dan padat. Kawasan Pantai Pasir Padi merupakan kawasan pariwisata yang potensial di Kota Pangkalpinang.


9.Pantai Parai Tenggiri

pantai parai tenggiri
Pantai Parai Tenggiri adalah salah satu objek wisata yang terletak di Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. Tepatnya berada di Desa Sinar Baru yang kira-kira berjarak 30 kilometer di sebelah utara kota Pangkalpinang.Pantai ini menyajikan keindahan alam yang luar biasa kamu bisa bersantai di pantai ini sambil menikmati keindahan alam pulau bangka belitung.


10.Pantai Tapak Hantu

pantai tapak hantu
Pantai yang terletak di Batu Belubang, Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung, pantai yang memiliki keindahan alam dan air yang sangat jernih ini, mampu menyulap mata pengunjung untuk betah berkunjung ke pantai tapak hantu, namanya yang menyeramkan bukan alasan untuk tidak mengunjungi pantai ini.



Tempat Wisata Kuliner di Pulau Bangka Belitung

Disamping tempatnya yang indah -indah dan eksotis, terdapat pula wisata yang lain di pulau bangka belitung, salah satunya adalah wisata Kuliner, Adapun beberapa destinasi wisata Kuliner di pulau bangka belitung antara lain.


1.Lakso

lakso bangka belitung
Lakso, adalah salah satu makanan khas bangka belitung, Lakso atau Laksa merupakan makanan khas yang berasal dari Bangka Belitung. Makanan ini menyerupai mie yang terbuat dari tepung beras dan disajikan bersama dengan kuah santan yang gurih dengan campuran suwiran daging, ikan tenggiri. Memiliki cita rasa sedikit asam dan gurih dengan tekstur mie yang kenyal berwarna putih, makanan lakso ini banyak disukai oleh para penikmat kuliner nusantara maupun luar daerah.


2.Sup gangan

Sup gangan, adalah salah satu masakan khas bangka belitung,  memiliki warna kuning yang dominan dan rasa yang sedikit asam dan gurih. Ikan tenggiri segar hasil tangkapan nelayan yang sangat gurih, sup gangan memiliki banyak peminat, di samping kuahnya yang terasa sangat gurih, sup ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu bikin lidah penikmatnya menjadi ketagihan.


3.Sambal Lingkung

Sambal Lingkung, merupakan masakan khas bangka belitung, masakan khas Bangka yang berbahan dasar ikan dan diracik dengan bumbu pilihan dengan resep original khas Bangka menjadikan sambal lingkung begitu nikmat untuk menemani disetiap acara makan kamu, memang masakan ini terbilang sebagai masakan yang memiliki cita rasa yang sangat gurih dan sedap.


4.Mie Koba

Mie Koba adalah kuliner khas pulau Bangka atau tepatnya sebagai makanan khas Kota koba Ibukota Kabupaten Bangka Tengah. Yang membedakan Mie koba dengan mie lainnya adalah rasanya yang nikmat dan gurih dengan kuah ikan tenggiri Bangka yang sangat khas. Mie Koba terbuat dari kuah yang disiram kaldu daging tenggiri dipadu tauge, daun seledri dan bawang goreng.


5.Berego

Berego adalah salah satu menu yang melengkapi kuliner enak di Bangka Belitung. Makanan ini sangat populer dan mudah sekali  ditemukan setiap hari. Menu makanan  ini terbuat dari campuran tepung beras dengan sagu, kemudian dikukus dan digulung kemudian diiris-iris membentuk bulatan kemudian disiram dengan kuah kari ikan super nikmat.


Tempat Wisata Religi di Bangka Belitung


1.Masjid Raya tuatunu

mesjid raya tuatunu
Mesjid ini terletak di Jl. Tua Tunu Kel. Tua Tunu Indah Kec., Tua Tunu, Gerunggang, Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung 33173 Yang merupakan masjid terbesar di Pulau Bangka yang berada di pinggir jalan raya Kelurahan Tuatunu.


2.Klenteng Kwan Tie Miaw

Klenteng Kwan Tie Miaw, merupakan sebuah situs cagar budaya yang dilindungi di bangka belitung, Klenteng Kwan Tie Miau adalah salah satu klenteng tertua di Kota Pangkal Pinang.


3.Puri Tri Agung

Memiliki alamat di Pantai Tikus, Parit Padang, Sungai Liat, Bangka Regency, Pulau bangka belitung 33211,Pengunjungnya datang dari bebaerapa daeahah hanya untuk menikmati cagar budaya ini.

2 Responses to "Tempat Wisata di Bangka Belitung Yang Harus Kamu Kunjungi"

  1. Pantai turun aban, bagi saya kok lebih menarik. Bebatuan granitnya itu lo. Seksi sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pantai yang memiliki keindahan alam yang bikin betah, urusan batu granitnya emang bagus bnget

      Delete

Salam perkenalan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel