Cara Menjaga Kesehatan Mental agar Fisik Ikut Kuat

Kesehatan mental memang sangat penting untuk di perhatikan, mengingat mental berarti bagaimana keadaan jiwa kita, mental sehat fisik pun juga ikut kuat. Kesehatan mental memang menjadi sorotan penting manusia masa kini, banyak orang yang fisiknya kuat namun mentalnya sakit, perasaan berkecamuk dan pikiran pusing sering melanda hari-hari mereka.
Cara Menjaga Kesehatan Mental agar Fisik Ikut Kuat
Kesehatan mental bisa kamu jaga dengan berbagai macam cara, dan upaya, agar mental kamu tetap sehat dan pikiran yang di hasilkan pun akan cenderung Positif, sebaiknya mental yang jahat, selalu saja mengundang pemikiran yang jahat pula.

Biar kamu benar-benar menjadi sehat, berusahalah untuk menjaga kesehatan tubuh dan mental secara baik dan benar.kerena kesehatan mental kamu sama pentingnya dengan kesehatan fisik, semaksimal mungkin untuk berusaha memeliharanya.

Orang yang sudah sakit mentalnya dan rusak mentalnya akan sulit sekali disembuhkan, tidak dengan fisik yang cedera bisa di sembuhkan seketika dengan obat merah atau obat antiseptik lainnya, jika kesehatan mental perlu pendalaman yang panjang untuk bisa menganalisa, apa penyebab mentalnya menjadi rusak.

Mental kamu sering mengalami permasalahan seperti adanya rasa cemas, gelisah, stress, dan pikiran kotor. Dimulai dengan masalah mental yang kurang baik, maka kesehatan fisik pun juga bisa terkena dampaknya, sakit kepala mulai menyerang kalian serta perasaan tidak enak badan pun datang silih berganti. Bahkan ada orang yang mentalnya sakit, fisiknya pun terkena penyakit jantung.

Kita sering kali mencari cara agar mental kita menjadi kuat dan tidak terserang masalah yang serius, namun sepertinya cara itu tidak ada gunanya, masalah kesehatan mental sering kali menyerang kita dan tanpa kita duga, kita terlibat di dalamnya. Perasaan takut dan cemas sering menyelimuti kehidupan kita, apalagi ketika kita kesandung banyak masalah dalam kehidupan maka mental kita semakin terasa rapuh, tiada daya upaya.

Lalu bagaimanakah caranya agar menjaga mental tetap sehat , biar fisik kalian juga ikut kuat, mimin akan mengulasnya secara perlahan dan jika ada kesalahan mohon di maafkan.

Cara Memperkuat Mental Kamu

Demi mental Kamu sehat Tidurlah Yang cukup

tidur yang cukup
Terkadang orang jaman sekarang banyak yang suka tidur larut malam, tidur yang cukup bukan berarti jam tidur kamu banyak sekali, maksudnya adalah tidur yang cukup selama 8 jam pada malam hari, agar perasaan dan pikiran kamu menjadi dingin. Orang yang suka begadang terkadang pikirannya akan mudah sekali terserang penyakit mental berupa " Strees " dan akan berakibat pada Sakit Kepala. Seseorang yang memaksakan dirinya untuk begadang akan merasakan akibatnya. Tidur yang cukup dapat membuat tubuh kamu menjadi rileks, emosi menjadi stabil dan mendapatkan pikiran yang positif, cobalah untuk selalu menyempatkan tidur yang cukup di malam hari.

Atur Emosi kamu Biar Mental dan Hati  Menjadi Sehat

atur emosi kesehatan mental
Emosi, sering kita mendengar, kata emosi erat kaitannya dengan "Marah-marah" memang pada dasarnya emosi adalah awal mulanya kita menjadi marah-marah dan muka memerah. Emosi akan membuat mental kita menjadi berantakan serta dapat mempengaruhi suasana hati kita, hidup bergairahpun tidak akan bisa di dapatkan ketika mental kita terserang Emosi. Redakan emosi dengan cara memikirkan ulang   dampak yang akan di timbulkan apabila kamu emosi, orang yang emosi akan menaikkan tekanan darah, ada juga akibat mengedepankan Emosi, jeruji besi bayarannya.Redakan emosi kamu dengan bacaan-bacaan istigfar dan doa-doa khusus yang dapat mendamaikan hati dan jiwa. bawa meminum segelas air putih yang dingin agar emosi kamu juga berkurang.

Tingkatkan Mental Kamu dengan Travelling di Alam Bebas

Pergi ke alam bebas
Alam akan selalu memberikan suguhan pemandangan yang menarik untuk kamu jelajahi, ketika mentalmu sedang dalam keadaan jenuh dan sakit, yuk bersediakah kamu pergi menjelajah alam,pun apabila kamu itu memang ada Jiwa Traveller.Kalo ga ada jiwanya bepergian sejenak menikmati pemandangan derasnya arus sungai pun juga tak apa, sekedar menghapuskan jenuh di perasaan hati kamu. Perasaan jenuh akan mengakibatkan mental kamu menjadi kusam, kek banyak noda, setelah beberapa waktu tak mendapat perawatan.Mental kita juga perlu refreshing di alam biar tambah adem dan sejuk hatinya. Biasanya para treveller itu suka sekali berinteraksi di alam, an terbukti para traveller sejati itu jiwanya banyak yang positif, yang negatif berarti traveller abal-abal yang cuma numpang eksis duank.

Menyukai Hobi Buat Mental kamu Makin Sehat

Bagaimanapun setiap orang pasti memiliki Hobi yang berbeda beda, biar mental kamu menjadi sehat, lakukan hobimu yang positif, dan jangan coba sekali - kali menyukai hobi yang negatif, semisal menjadi seorang penulis maka yang kamu lakukan adalah berusaha semaksimal mungkin mengembangkan hobi kamu dalam dunia menulis. Hobi akan memberikan timbal balik yang positif bagi mental kamu, ketika kamu menyukai hobi kamu dan kamu mengembangkannya maka pikiran dan mental positifa akan terus berkembang.

Mungkin Sesekali Tertawalah Bersama Orang - Orang Terdekat Kamu

tertawa bersama sahabat
Tertawa mungkin akan membuat mental kamu menjadi makin sehat, mendengarkan candaan dari orang - orang terdekat, seperti sahabat, teman, pasangan hidup dan orang tua, dapat meningkatkan rasa kegembiraan dan kebersamaan yang cukup baik, perasaan itu akan selalu di pupuk lewat candaan dan sapaan hangat dari orang lain. mental kita akan spontan menerima perasaan bahagia ketika kita di sapa oleh orang-orang di sekeliling kita.Mental menjadi sehat pada saat kamu tertawa bersama orang - orang terdekat kalian. Mereka memberikan senyuman dan Goyonan yang membuat hati kamu bahagia, berbagagialah bersama orang - orang terdekat kamu.

Menyesali Perbuatan yang Merugikan dirimu Sendiri dan Orang Lain

menyesal
Penyesalan tidak ada yang datang di awal kejadian, mungkin ungkapan ini sangat pantas bagi kamu yang sudah merasakan pedihnya penyesalan. Menyesali perbuatan yang dapat merugikan dirimu sendiri dan orang lain dapat meningkatkan skill mental kamu menjadi lebih sehat, Penyesalan itu bukan berarti kamu tidak mau bangkit ke jalan yang benar, namun kamu menjadikan penyesalan itu sebagai motivasi diri kamu untuk menjadi lebih baik lagi, hatimu menjadi tegar dan jiwamu makin kokoh. Mental kamu menjadi mental baja dan tak gampang menjadi orang yang galau, inilah kamu yang sebenarnya, penyesalan mu kamu sikapi dengan penuh kejujuran tanpa mengulang permasalahan yang sama.

Terimalah apa Adanya Keadaan Dirimu Kuatkan Mentalmu

kuatkan mentalmu
Menerima keadaan dan segala kekurangan memang tugas kamu, agar kamu tidak menjadi orang yang sombong, terlebih kamu memang memiliki banyak sekali kekurangan, apalagi jika kamu adalah orang yang berada, jangan sekali - kali menjadi orang yang sombong, karena harta dan kamu adalah titipan Tuhan. Mental kamu terkadang hancur dan merasa terpuruk ketika kamu tidak percaya diri, merasa tidak mempunyai apa-apa dan selalu di Ejek teman. Hadapi masalah itu dan sadar akan kekurangan yang kamu miliki itu jauh lebih baik daripada, kamu harus memikirkan orang lain. mental kamu akan selalu terlatih dan menjadi orang yang kuat apabila kamu mampu menhiraukan segenap Ejekan dan celaan terhadap dirimu, biarkan saja dan Fokur pada pekerjaan yang kamu lakukan.

Kesehatan Mental akan Tambah Mantap Ketika Ada Keluarga di Sekitar Kamu

keluarga kecil ku
Keluarga sering menjadi sandaran bagi orang - orang yang memerlukan penyelesaian masalah. Kesehatan mental bisa di tingkatkan dengan mendekat kepada keluarga - keluarha di sekitar kita, mereka akan memberikan senyuman, sapaan dan candaan serta cerita keluarga yang sederhana. Kesehatan mental akan semakin nambah ketika kumpul bareng keluarga, rasa sosial yang tinggi bisa menjadi pemicu lahirnya pemikiran-pemikiran yang menyenangkan serta menyejukkan. Menjalin hubungan kekeluargaan sangat penting karena selain mental dan hati kita menjadi kuat, rasa kekeluargaan pun semakin erat.

Bersyukur Tiap Hari, Bagian dari Kekuatan Hati

Memperbanyak bersyukur memang menjadi kekuatan kokohnya pendirian kita dalam menjalani kehidupan, orang yang mau mensyukuri apapun keadaanya adalah orang yang memiliki hati yang bersih, mentalnya pun semakin sehat dan kuat, kekuatan hati orang yang selalu bersyukur lebih teruji dan terjamin.Beryukur memang harus di lakukan, mengingat dengan bersyukur maka mental kita menjadi tambah kuat dan sehat.Jika kamu tidak mau mensyukuri apa yang ada dan tidak mau bersyukur maka siap-siap akan sering terkena penyakit hati atau sakit hati.

Kenali dirimu Untuk Lebih Menguasai Mentalmu

Kadang ada sebagian orang yang tidak mengenali dirinya sendiri, kemampuannya apa dan kekuarangannya apa, bahkan ada orang yang tidak tau untuk apa dirinya hidup di dunia, sehingga banyak orang yang memilih untuk menghabisi dirinya dengan cara bunuh diri.Perlu di tekankan jika kamu ingin mentalmu menjadi sehat, yang kamu lakukan adalah berusaha mengenali kemampuan yang ada pada dirimu sendiri. Fatal akibatnya jika kamu tidak mengenali dirimu sendiri, orang yang mengenali dirinya sendiri jauh lebih baik daripada orang yang tidak kenal sama sekali siapa dirinya, mental kamu akan semakin terasah dan kuat ketika kamu mengetahui kemampuan dan kekurangan diri.Semoga dengan mengetahui ke adaan diri kamu, mental kamu semakin kuat dan sehat.

Dengarkan Naluri Hatimu

Mendengarkan perasaan dan merasakan perasaan hatimu akan membuat kamu semakin mengerti akan indahnya suara kedamaian hati, coba sesekali duduk di tempat yang tenang lalu dengarkan naluri hatimu dan rasakan mentalmu seakan berada pada titik kedamaian. Mencoba mengendalikan naluri hati akan mendapatkan ke sejukan hati.

Itulah beberapa Tips menjaga kesehatan mental, memang hubungannya dengan kesehatan fisik erat kaitannya apabila mental sehat maka fisik kemungkinan akan sehat juga, kerena hati itu berhubungan dengan seluruh anggota badan kita, apabila hatinya dan mentalnya bagus maka badan atau fisik kita pun bagus juga.

0 Response to "Cara Menjaga Kesehatan Mental agar Fisik Ikut Kuat"

Post a Comment

Salam perkenalan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel