Makanan yang membantu mencegah kanker

Manyasah ilmu -- Sriw_sw
Setiap tanggal 21 Februari, seluruh dunia memperingatinya sebagai hari kanker sedunia loh?  Perlu kalian ketahui hingga saat ini, terdapat 9,6 juta manusia meninggal akibat kanker setiap tahunnya. Untuk itulah mulai dari sekarang kita semua perlu melawan kanker, salah satunya dengan meneraapkan pola hidup sehat serta mengkonsumsi makanan kaya gizi.
Nah seperti yang dikutip nutrisibangsa, ada beberapa makanan superfood yang mengandung zat anti kanker seperti sulforafana, antosiasin, dan likopen. Makanan-makanan yang akan disebutkan dibawah ini rata-rata mudah ditemukan dimana-mana lho. nah kita simak yuk.

1. Bayam

via Beritagar
Bayam adalah salah satu sayuran yang mudah ditemukan karena harganya terjangkau. Sayur bayam juga lazimnya dijadikan bahan utama sayur bening. Padahal sebenarnya bayam bisa dikonsumsi dengan cara direbus sebentar di air panas selama beberapa detik agar kandungan gizinya tidak hilang.
Kandungan sayur bayam ini tidak main-main loh jika diolah dengn tepat. Bayam adalah sumber serat dan protein. Selain itu, bayam juga mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B6, vitamin C, vitamin E, vitamin K, asam folat, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, zat seng, tembaga, mangan, dan natrium.
Luar biasa bukan kandungannya?

2. Brokoli

via Sajadah.co
Dulunya, brokoli adalah jenis sayuran yang mahal. Namun dengan berkembangnya teknologi, membuat brokoli semakin mudah dibudidayakan. Ditambah, beberapa swalayan sudah mengemas brokoli dengan harga yang murah tergantung beratnya.

Brokoli memang dikenal karena mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Brokoli ini jika diolah dengan benar teksturnya berasa renyah dan lezat. Ditambah dengan warnanya yang cantik membuat
makanan yang dipadukan dengan brokoli akan terlihat lebih menarik mata.

Kandungan brokoli ini banyak sekali, brokoli mengandung protein, serat, vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin K, vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niacin), vitamin B5, vitamin B6, vitamin B9, vitamin B12, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kaloum, sodium, dan zinc.

Plus nya, brokoli juga mengandung Sulforaphane dan Indole-3-Carbinol yang berfungsi untuk menurunkan resiko penyakit kanker. Kemudian brokoli mengandung anti radanf (anti-inflammatory) Sulforaphane yang dapat mencegah bahkan memperbaiki beberapa kerusakan pada pembuluh darah yang disebabkan oleh peradangan akibat gula darah kronis.

Hayo yang kurang suka brokoli mulai belajar mengkonsumsinya ^^

3. Tomat

via Tomatoes
Nah, kalo tomat ini juga mudah ditemukan dan kadang sering jadi teman makan lalapan ataupun salad.  Tomat kaya akan lycopene yang membantu mencegah kanker, tomat juga mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin K, folat, kalium, thiamin, niacin, vitamin B6, magnesium, fosfor, dan zinc.
Dibalik tomat yang asam segar ini, tomat mempunyai empat jenis karotenoid utama yaitu
alpha betakaroten, lutein, dan lycopene. Kandungan tersebut memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang dapat membantu melindungi kita dari kanker.

4. Wortel

via Healthline
Kenapa kelinci itu kulitnya (eh bulunya kali) sama matanya fresh? karena dia doyan makan wortel :D
Tapi memang bener sih, wortel yang warnanya orange segar ini kaya akan vitamin A yang baik untuk mata dan kulit.

Wortel mengandung karetenoid, lutein, likopen, anthocyanin sebagai antioksidan yang bagus untuk mencegah kanker, ditambah dengan adanya kandungan poliasetilenes sebagai senyawa bioaktif yang melindungi tubuh dari sel kanker.

Duuh,, membayangkan salad sayur dengan serutan wortel dan potongan tomat bakal sehat dan segar sekali ^^

5. Serealia Utuh

via https://www.sahabatnestle.co.id/content/ragam/serba-serbi/mengenal-kandungan-gizi-gandum-utuh.html
Sering juga disebut dengan gandum utuh. Zaman sekarang orang sudah banyak yang mengkonsumsi gandum utuh ini. Selain karena sudah banyak yang sadar akan pentingnya menjaga pola makan, gandum utuh mengandung bekatul yang mengandung serat, protein, vitamin B dan antioksidan. Ada kandungan Endosperma yang mengandung protein dan karbohidrat untuk energi, dan beberapa vitamin B. Kemudian mengandung vitamin E, magnesium, dan omega 6.

via https://www.nestle-cereals.com/id/id/bahan/bahan-sereal-kami/gandum-utuh
Mudahnya, kalian bisa menemukan gandum utuh bisa ditemukan di oat giling, gandum durum, dan lain-lain. Kalian bisa mengkonsumsi sejenis oatmeal yang dikonsumsi dengan cara diseduh dengan air panas serta ditambah buah buahan agar rasanya makin enak.

7. Srawberry dan Raspberry

via The Splendid Table
Umumnya, strawberry bisa denga mudah ditemukan di toko buah, sedangkan raspberry masih dijual di tempat-tempat tertentu. Namun rasanya sama-sama asam manis menyegarkan yang kaya akan zat-zat yang berguna bagi tubuh.
Strawberry mengandung zat anthocyanidin yang menandakan bahkan buah strawberry memiliki antioksidan yang tinggi. Selain itu, strawberry juga mengandung vitamin C, vitamin K, serat, folat, magnesium dan kalium yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh yang pada akhirnya bisa membantu mencegah sel kanker.

Sedangkan Rapberry mengandung ellagic acid sebagai anti peradangan, mengandung omega 3 dan omega 6 untuk meningkatkan kadar kolagen di dalam tubuh, vitamin C yang tinggi sebagai antioksidan.

Kedua buah ini bisa dikonsumsi langsung atau dibuat jus yang pasti segar nan menyehatkan.

8. Bawang Putih

via MomJunction
Bawang putih lazimnya digunakan untuk bumbu dapur dan bahan masakan. Rasa bawang putih begitu khas. Nah bawang putih menyimpan kandungan dan manfaat yang menakjubkan loh. Salah satunya dijadikan terapi penyakit maag, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung.
Bawang putih mengandung serat, protein, vitamin a, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin K, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B9, kalsium, zat besi, magnesium, kalium, selemium, sodium, dan zinc.

Dengan kandungan sebanyak itu, bawang putih berperan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah penyakit kanker, mengotrol tekanan darah, merawat kecantikan, dan masih banyak lagi.

Itu tadi beberapa makanan yang bisa membantu mencegah kanker. Yuk sama-sama berjuang agar badan kita tetap sehat sehat ^^

12 Responses to "Makanan yang membantu mencegah kanker"

  1. yg mudah banget untuk dicari dan harganya tergolong murah, tapi kok berasa berat yak. Wkwkk kanapaz
    Yg bergizi itu rasanya kurang enak..mudah2’an kita selalu sehat wal afiat yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Segala sesuatu yg Baik pasti membuat malas dan terasa berat wkwk apalagi makanan yg bergizi kadang kurang enak tapi ya perlahan-lahan dibiasakan mba.. Semoga sehat selalu Aamiin

      Delete
  2. Alhamdulillah jadi tahu nih. Dan banyak yg disukai. Tambah semangat emak nyayur biar keluarha sehat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayo mba pelan pelan dibiasakan makan sayurnya hehe

      Delete
  3. Tulisannya bagus jadi reminder buat kita2 supaya hidup sehat dengan banyak makan serat... Tapi, kalo ngomongin sayur dan buah saya selalu kepikiran ttg pestisida dan pupuk pabriknya, belum lagi ditambah hormon pertumbuhan.. Kalo seperti itu bagaimana ya mba? Ini pemikiran baru aku sih sejak ikut kulwap ttg kesehatan jadi masih banyak question mark di sana sini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah begitu lah mba, pestisida jadi Masalah gitu, susah juga nyari sayur yg organik di sini, ga sebanyak yang di pulau Jawa. Tapi paling tidak sudah Ada pembersih sayur biar pestisidanya luntur

      Delete
  4. Alhamdulillah semua makanan diatas aku sukaa.. Hihi. Tp ya kalo tinggal di Banjarmasin ini harga brokoli emg mahal. Beda sm di pulau jawa sana. Padahal brokoli ini banyak banget manfaatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemaren tuh nemu di g*iant sayur brokoli nya udah dipilah kecil kecil sekitar 100gram lah dengan harga yang terjangkau. Sekitar 6 sampe 7k mba. Cuma ga puas makan brokoli nya dikit gedean batangnya rugi 😂 andai brokoli lebih murah usah tiap hari makan brokoli hhi

      Delete
  5. alhamdulillah ya ini bahannya gampang dicari kecuali brokoli yang agak mahal. pr-nya nih biar aku suka makannya terutama yang sayur-sayuran. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling tidak banyak varian sayuran yang harga nya lebih terjangkau dari brokoli hhe

      Delete
  6. Tulisan yang sanagt berguna mbak, secara sekarang banyak sekali racun yang membuat tubuh sakit.

    ReplyDelete

Salam perkenalan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel