Kesalahan Wanita yang Sering dilakukan saat Menstruasi

Manyasah Ilmu - via Depositphotos

1. Tidak Mencuci Tangan di saat yang Tepat


via requestreduce.org
Kebanyakan wanita akan mencuci tangannya setelah mengganti pembalut. Padahal, yang benar adalah cucilah tangan sebelum dan sesudah mengganti pembalut. Penting sekali untuk menjaga tanganmu tetap bersih selama kalian membersihkan area kewanitaanmu. Kamu memang akan mengganti pembalutmu, namun dengan tidak mencucui tanganmu, kalian hanya akan menempelkan banyak bakteri di vaginamu.

2. Tidak Mendapat Zat Besi yang Cukup

via Hello Sehat
Saat menstruasi, kalian kehilangan banyak darah yang kaya zat besi. Jadi otomatis kalian membutuhkan penggantinya melalui makanan. Zat besi bisa membawa oksigen ke seluruh tubuh dan membuat tubuhmu menjadi bertenaga.

Rasa lemas yang kalian rasakan selama menstruasi, itu bisa jadi karena kalian kekurangan zat besi. Konsumsilah makanan-makanan yang kaya zat besi seperti kacang merah, daging, bayam, atau tiram.

3. Terlalu Banyak Ngemil

via Delicious Meets Healthy

Hari-hari mendekati menstruasi, kalian pasti akan merasa sering lapar dan menyebabkan kalian makan makanan ringan dalam kurun waktu sering dan banyak. Padahal, saat menstruasi kalian harus mengurangi makan banyak garam alias makanan asin seperti keripik kentang.

Memakan makanan asin berarti menyimpan banyak air. Kalau kalian terlalu banyak mengkonsumsinya, kalian akan kembung saat periode menstruasimu berlangsung.

4. Tidak Berolahraga

via alodokter.com
Kebanyakan wanita saat menstruasi akan terlihat lemas dan tidak bertenaga. Padahal yang benar adalah kalian  justru harus berolahraga karena meningkatkan detak jantung itu baik untuk mengatur mood selama menstruasi. Keringat yang kamu keluarkan bisa membuatmu menjadi lebih baik.

5. Tidak Menghitung Masa Menstruasi

via I Heart Guts
Masih banyak saja wanita yang melakukan kesalahan ini. Kalian harus tetap melakukannya dan tahu kapan tanggal kalian menstruasi. Jika kalian tidak tahu, maka kalian tidak bisa mengontrol makanan apa saka yang seharusnya kalian makan dan tidak seperti makanan asin di poin nomor 3 tadi. Kalian juga tidak akan tahu apakah menstruasi kalian terjadi di tanggal yang normal atau tidak.
Jika kalian menghitungnya dan menemukan kejanggalan, kalian bisa langsung menghubungi dokter untuk memeriksamu lebih lanjut.

6. Tidak Cukup Istirahat

via The Pulse - Pregistry
Saat masa menstruasi, tubuhmu itu bekerja lembur. Oleh karena itu kalian membutuhkan istirahat yaitu tidur. Kalau kalian tidak cukup istirahat, maka kalian akan lebih mudah rewel, cemas, dan akhirnya menyiksa badanmu sendiri. Kamu membutuhkan pengalihan rasa sakitnya melalui istirahat. Jangan sok kuat dengan tidak tidur dengan waktu yang benar.

7. Tidak Melihat Warna pada Darah Menstruasi

via health-articles.info
Warna dan tekstur darah adalah sesuatu yang penting. Jika kalian tidak melihatnya, maka kalian tidak akan tahu aapakah menstruasi kalian itu normal atau tidak.

Perlu kalian ingat bahwa warna orange dengan garis-garis merah adalah warna yang tidak normal karena ada infeksi di dalamnya. Jika kalian menemukan warna seperti ini, maka sebaiknya kalian cepat berkonsultasi pada dokter.


credit by instagram waktunyasehat

0 Response to "Kesalahan Wanita yang Sering dilakukan saat Menstruasi"

Post a Comment

Salam perkenalan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel