Energi dan Perubahannya : Materi Kelas VI SD

Energi dan Perubahannya : Materi Kelas VI SD

A.Gaya dan gerak

Ketika kamu menghantam kerupuk dengan tangan kamu memberikan Gaya berupa dorongan, gaya yang kamu berikan akan membuat kerupuk hancur berkeping-keping. demikian pula ketika ibu sedeng memasak, ibu akan memberikan gaya ketika memotong, mencampur dan mengaduk sayuran.ketika menyobek kertas, kamu memberikan gaya berupa tarikan sehingga kertas berubah menjadi potongan - potongan kecil.

1. Pengaruh gaya terhadap gerak

Kita akan dapat mengatahui dengan menendang atau melempar Bola, Bola yang semula diam menjadi bergerak ketika di tendang.Bola yang datang ke arahmu akan berbalik arah ketika kalian tahan menggunakan kaki.Semua itu menunjukkan bahwa gaya membuat benda bergeraka atau berpindah tempat.

Pengaruh gaya terhadap gerak benda di manfaatkan dalam berbagai kegiatan.Tali busur dapat menggerakkan anak panah sehingga sampai ketempat yang jauh.Katapel dapat menggerakkan batu kerikil ketempat yang jauh, karet katapel di lepaskan sehingga batunya menuju ke atas.


2.faktor-faktor yang mempengaruhi gerak benda

Perhatikan kembali model ketapel yang kamu buat . Ketapel tersebut dapat di gunakan untuk berbagai keperluan. Ketapel dapat digunakan untuk mengusir hantu rumah yaitu kelelawar.dan tikus.Ketapel juga dapat di gunakan untuk menjatuhkan buah - buahan, misalnya buah mangga, jambu dan sawo.

Sebagai ilustrasi, berikut ; semakin kuat kita menarik kerikil pada ketapel, berarti makin besar gaya yang di lontarkan batu pada ketapel tadi.dengan demikian gaya yang di hasilkan oleh ketapel sama besar dengan, dengan gaya yang di hasilkan.

3.Alat-alat yang berhubungan dengan gaya dan Gerak

Alat alat yang berhubungan dengan gaya dan geraj antara lain; sepeda, mesin jahit, alat timba air, dan alat penggerek bendera. Sepeda di gerakkan dengan cara mengayuh pedal, gaya dorongan pada pedal menyebabkan roda sepeda berputar di depan.akibatnya, sepeda bergerak ke depan bukan ke belakang.Mesin jahit tradisional di gerakkan dengan cara menginjak papan kayuh.gaya dorongan pada papan membuat mesin jahit dapat berputar.

0 Response to "Energi dan Perubahannya : Materi Kelas VI SD"

Post a Comment

Salam perkenalan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel