Mengenal berbagai macam jenis keju yang lezat










Siapa sih yang tidak suka keju? Sepertinya sebagian besar semuanya menyukai keju. Keju mempunyai citarasa tersendiri yaitu rasa yang gurih nan creamy. Keju sendiri diolah dari susu yang dibuat dengan cara tertentu.

Pada zaman sekarang pun, hampir semua makanan dan minuman bisa cocok disandingkan dengan keju. Mau makanan yang manis, asin, maupun pedas, dari ayam geprek sama jus pun bisa ditambahkan keju. tapi tahukah kamu bahwa ragam keju tidak sesederhana itu? Keju bukan hanya keju cheddar semata, tapi masih banyak lagi jenis keju yang ada di dunia ini. Untuk itu, aku akan jelasin ragam jenis keju yang ada saat ini.

1. Keju Cheddar.

cheddar cheese via tribunnews

Keju yang paling dikenal dan paling mudah ditemukan dimana-mana adalah keju cheddar. keju cheddar juga mudah ditemukan mulai dari warung dekat rumah sampai supermarket. dengan harga yang terjangkau. Keju Cheddar dikenal dengan teksturnya yang keras dan sering digunakan sebagai bahan dasar utama dalam pembuatan kue maupun makanan.

Keju Cheddar mempunyai sejarah lho. Nama Keju cheddar sendiri diambil dari daerah asalnya di Inggris, tepatnya di desa Cheddar di Somerset. Untuk menentukan usia keju cheddar sendiri dapat dilihat dari warnanya. Jika keju cheddar berwarna putih gading dengan tekstur lunak, bisa dipastikan keju tersebut masih muda. Namun jika warna keju cheddar berwarna kuning dan teksturnya keras, usia keju cheddar tersebut sudah tua.

2. Keju Parmesan

keju parmesan via trubus

Keju Parmesan ini juga salah satu jenis keju yang cukup dikenal dan sering dipakai dalam campuran pembuatan kue atau taburan makanan. Keju parmesan ini berasal dari Italia, tepatnya di daerah Parma.  Proses pembiuatan keju parmesan sendiri bisa dari 3 bulan sampai 12 bulan tergantung pembuatannya. 

Bentuk keju parmesan ini berbentuk bundar bertekstur padat dengan kulit luar berwarna kuning pucat. namun banyak juga yang menjual keju parmesan dengan kemasan bubuk. aroma keju parmesan ini rasanya tidak terlalu tajam dengan aroma yang manis.

3. Keju Mozarella

mozarella via kuya hejo

Mustahil rasanya jika kalian tidak mengenal keju mozarella ini. Dari yang awalnya untuk topping dan campuran makanan mahal seperti pizza. Sekarang hampir semua makanan bisa dipadukan dengan keju mozarella ini, sampai ayam geprek, pisang goreng, cireng, bahkan bubur pun sah-sah saja diberi tambahan keju mozarella.

Keju mozarella ini berasal dari Italia, keju mozarella terbuat dari campuran susu sapi atau kerbau yang diproses sehingga menghasilan tekstur yang strech dan bisa ditarik saat dalam keadaan hangat. tekstur mozarella yang unik itu pula yang membuat keju ini memili banyak peminat.

4. Cream Cheese

cream cheese via wikipedia

Cream cheese ini sejenis keju bertekstur lunak yang mirip dengan mentega. Cream cheese ini diolah justru tidak dengan cara difrementasi, sehingga cream cheese mudah sekali lumer dan rasanya pun sedikit asam manis. Cream cheese bisa ditemukan dalam wadah berbentuk tube yang praktis digunakan, namun ada juga cream cheese yang berbentuk potongan segi empat seperti keju cheddar.

5. Cheese Spread

spread cheese via woolworths

Antara Cheese Spread dan Cream Cheese ini serupa karena sama-sama dioles, namun mereka berdua itu tidak sama. Cheese Spread ini sering dijadikan sebagai sandwich maupun roti bakar dikarenakan kandunga lemak pada Cheese Spread jauh lebih rendah dibandingkan dengan Cream Cheese.

Macam keju yang terakhir adalah Cheese Spread. Seperti namanya, jenis keju ini dihidangkan sebagai bahan olesan makanan. Kamu bisa menemukan Cheese Spread dalam bentuk jar serta kotak alumunium. Walaupun terlihat serupa dengan Cream Cheese karena sama-sama disajikan dengan cara dioles, kedua keju olahan ini tidaklah sama. Cheese Spread sering juga dijadikan sebagai bahan adonan cake, kue kering, dan adonan bakery.

6. Keju Emmental

emmental via dissolve

Kalo kalian melihat keju ini, pasti yang ada di bayangan kalian kalo keju ini kayak keju yang ada di film kartun Tom and Jerry kan? karena bentuknya unik berlubang-lubang gitu. Berbeda dari jenis keju-keju yang sebelumnya berasal dari Italia, Keju Emmental ini berasal dari Swiss. Keju ini biasanya rasanya tidak terlalu asin kok. Semakin besar lubang yang terbentuk pada keju ini, maka semakin matang pula keju tersebut. Biasanya, keju emmental ini dijadikan pelengkap cheese burger, atau sandwich.

7. Keju Edam

edam cheese via tokopedia

Keju Edam ini berasal dari Belanda. Bentuk Keju Edam ini unik karena bentuknya bulat kayak buah apel dengan kulit luar yang berwarna merah terang. kulit luarnya tersebut terbuat dari parafin atau malam. Keju Edam ini cenderum tidak berbau dengan rasa yang lembut di lidah. Biasanya juga keju Edam sering dipakai pada campuran pembuatan kue kering. Karena kandungan lemak pada keju ini jauh lebih rendah, keju ini cocok untuk kalian yang pengen berdiet.

8. Keju Gouda

gouda cheese via okezone

Untuk Keju Gouda sendiri, proses pembuatannya diawali dengan pemanasan susu sapi yang dipanaskan hingga membentuk dadih yang terpisah. Keju Gouda memiliki tekstur yang sedikit keras namun renyah apalagi jika dikonsumsi dalam keadaan panas. untuk fermentasi keju gouda sendiri berlangsung dari 4 minggu, bahkan hingga satu tahun lamanya. 


9. Blue Cheese

blue cheese via satujam

Keju ini dikenal karena memiliki corak yang kebiruan, Blue cheese yang juga dinamai dengan Danish Blue Cheese ini berasal dari negara Denmark. Bau Blue Cheese ini sendiri aromanya cukup tajam dengan tekstur yang sedikit lembab namun cukup lembut dengan warna putih gading hingga kuning, tidak lupa ada corak kebiruan yang cukup khas.

10. Keju Stilton


via murray's cheese

Keju Stilton ini sekilas mirip dengan Blue Cheese karena sama-sama memiliki corak yang kebiruan. Corak kebiruan tersebut dihasilkan dari proses pasteurisasi dengan penambahan jamur. Umumnya, keju stilton memiliki kulit yang tebal, padat, namun berkerut. dipermukaannya, terdapat lubang-lubang kecil untuk mengeluarkan udara. semakin lama umur kejunya, semakin kentara corak kebiruannya.

11. Keju Chevre


via czerwik.co.uk

Keju Chevre ini terbuat dari fermentasi susu sapi sehingga rasanya khas dengan sedikit asam dikarenakan proses fermentasinya berjalan cukup lama. Tekstur keju ini pun sedikit lembab dan lunak. keju ini biasanya sering digunakan untuk pelengkap sandwich maupun crumbled salad.

12. Keju Camembert


via The Veg Box Company
Keju Camembert termasuk keju yang istimewa dikarenakan produksi keju ini hanya bisa dilakukan di daerah Normandy, Prancis. Sepintas, keju ini memiliki kesamaan dengan keju lainnya, namun yang membedakan adalah dari segi rasa, dimana keju camembert ini rasanya seperti mentega asin yang sedikit lebih kuat. tekstur keju ini cukup lunak nan lembut sehingga sering dijadikan sebagai olesan.



Sebenarnya varietas keju tidak sebatas yang disebutkan diatas itu saja, namun masih banyak lagi ragam keju lainnya. so, dari ke 12 keju yang disebutkan, kalian sudah mencoba keju apa saja sobat manyasah ilmu? tulis di komentar ya :)

0 Response to "Mengenal berbagai macam jenis keju yang lezat"

Post a Comment

Salam perkenalan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel